NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM MUNASABAH QUR’AN PADA SURAH AN-NAHL 125 DENGAN SURAH AL-ALAQ 1 SAMPAI 5

Authors

  • Jihan Hijrahani Azizah Brutu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Dedi Masri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muhammad Alfiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Anastasya Hasubuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rudi Rudi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i3.174

Keywords:

Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan, Munasabah Qur’an

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam Surah An-Nahl ayat 125 dan Surah Al-Alaq ayat 1-5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif melalui library research atau study pustaka dengan pendekatan terhadap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Surah An-Nahl ayat 125 dan Surah Al-Alaq ayat 1-5 terdapat nilai-nilai Pendidikan dan keterkaitan antara Surah An-Nahl 125 dengan Surah Al-Alaq ayat 1-5 adalah sama-sama membahas mengenai Pendidikan, hanya saja yang membedakannya adalah pada Surah An-Nahl ayat 125 membahas mengenai metode pengajaran yang efektif sedangkan dalam Surah Al-alaq ayat 1-5 lebih membahas kepada hal-hal yang harus dipelajari dalam pembelajaran.

References

Ahdar. (2014). Ilmu Peindidikan. 1–15.

Darmalaksana, W. (2020). Meitoidei Peineilitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Prei-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Fannani, Z. (2014). Tafsir Surah An-Nahl Ayat 125 (Kajian Teintang Meitoidei Peimbeilajaran). Univeirsitas Islam Neigeiri Syarif Hidayatullah.

Farnidah, R. (2022). Koinseip Munasabah dalam Al-Qur’an Peirspeiktif Wahbah Az-Zuhaili. 20(1), 39–50.

Fazrin, M. (2017). Meitoidei Peindidikan Dalam Qur’an Surah An-Nahl ayat 125 (Voil. 87, Noimoir 1,2).

Harahap, B. (2019). Meitoidei Peindidikan dalam Al-Qur’an (Teilaah Surah An-Nahl Ayat 125). Univeirsitas Islam Neigeiri Sumateira Utara.

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Peindidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.

Iqbal, M. (2018). Al-Qur’an Imamku (M. Jamil (eid.); 1 eid.). Azkiya Publishing.

Khatibah. (2011). Peineilitian Keipustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Miza Nina Adlini, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Oi. C., & Meirliyana, S. J. (2022). Meitoidei Peineilitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Jurnal Peindidikan Eidumaspul, 6(1), 974–980.

Mukarroimah, Oi. (2018). Ulumul qur’an (1 eid.). Kharisma Putra Utama.

Sakban Lubis, M. (2019). Nilai peindidikan pada surah al-alaq ayat 1-5 meinurut quraish shihab. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 4(2), 919–941.

Sarwat, A. (n.d.). Munasabah (Al-Fatih (eid.); 1 eid.). Rumah Fiqih Publisheir.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Mishbah Jilid 10. In Leinteira Hati.

Soileikhah, S. M. (2021). Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Alaq ayat 1-5 (Peirpeiktif Ilmu Peindidikan). Jurnal Studi Keiislaman, 2, 87.

Yantoi, Ei. (2016). Peintingnya Ilmu Munasabah Al-Qur’an. Al-Fathoinah: Jurnal Peindidikan dan Keiislaman, 2853, 493.

Yusuf, M. (n.d.). Peingantar ilmu peindidikan.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Jihan Hijrahani Azizah Brutu, Dedi Masri, Muhammad Alfiansyah, Anastasya Hasubuan, & Rudi Rudi. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM MUNASABAH QUR’AN PADA SURAH AN-NAHL 125 DENGAN SURAH AL-ALAQ 1 SAMPAI 5. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(3), 166–178. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i3.174