Dampak Relatable Ustadz Hanan Attaki yang Menginspirasi Gen Z untuk Mendekatkan Diri dengan Islam
DOI:
https://doi.org/10.59059/tabsyir.v6i2.2210Keywords:
Digital Preaching, Generation Z, Ustadz Hanan AttakiAbstract
This study examines the impact of Ustadz Hanan Attaki's digital preaching on Generation Z in bringing them closer to Islamic teachings. Using a relatable approach and content relevant to daily life, Ustadz Hanan Attaki effectively engages young audiences through digital platforms such as Instagram, YouTube, and TikTok. His casual yet profound communication style, the use of language familiar to young people, and interactive preaching strategies are key factors in his success. The results reveal that Ustadz Hanan Attaki's emotional approach and relevant content are effective in enhancing religious awareness, strengthening spiritual values, and encouraging active participation in religious activities. This study provides insights into the importance of adaptive and relevant preaching strategies to effectively reach younger generations.
References
Alamin, Z., & Missouri, R. (2023). Penggunaan media sosial sebagai sarana pendukung pembelajaran Agama Islam di era digital. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 7(1), 84–91. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1769
Astutik, I. D., & Yaqin, H. (2024). Optimalisasi strategi kolaborasi influencer dalam dakwah digital: Studi kasus Ustadz Hanan Attaki dalam meningkatkan kesadaran keagamaan. Jurnal Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 20(2).
Daraini, N. S. (2024). Peran media sosial YouTube sebagai media edukasi dalam pendidikan generasi Z. MIND: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Budaya, 4(2), 81–87.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33
Fahrurrozi. (2019). Ilmu Dakwah (W. Junaidi, Ed.). Prenadamedia Group.
Faysa, A. M., Hanifah, M., Hibrizi, M. A., Qurrota, V., & Fadhil, A. (2024). Peran generasi Z Muslim dalam kemajuan Islam di era modern: Pandangan Ustadz Hanan Attaki. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2.
Habibi, M. (2018). Optimalisasi dakwah melalui media sosial pada era milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1085
Hasan, M. S., & Hamidah, F. (2024). Budaya tabligh di media sosial: Nilai spiritual terhadap tabligh Ustadz Hanan Attaki di media Instagram pada generasi Z di Indonesia. BATUTHAH: Jurnal Sejarah Peradaban Islam, 3(2), 95–114. https://doi.org/10.38073/batuthah.v3i2.1760
Ibnu Kasir, & Syahrol Awali. (2024). Peran dakwah digital dalam menyebarkan pesan Islam di era modern. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah dalam Mata Tinta, 11(1), 59–68.
Ismiati, I., Sofiatin, S., & Zuhriyah, L. F. (2024). Desain dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui media sosial Instagram @ayah_amanah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 24(1), 21–42. https://doi.org/10.15575/anida.v24i1.34626
Isytiyaaqul, M., Al, H., & Dariono, L. (2024). Eksplorasi pesan dakwah pada lirik lagu Interval karya band The Flins Tone. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 10(2).
Karmila. (2020). Metode dakwah di media sosial: Analisis efektivitas dakwah Ustadz Hanan Attaki di Instagram [Skripsi, Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai].
Mardiansyah, R. (2019). Efektivitas pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui media sosial YouTube di kalangan remaja (Studi pada Gg. Hj. Hayati IV Sukarame Bandar Lampung) (Vol. 44, Issue 8) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Marsus, A. (2020). Kajian fenomena masyarakat kritis melalui metode dakwah Qoulan Layyinan Nabi Musa A.S (Kajian tematik Surat Thaha ayat 43–44). Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 4(2), 82. https://doi.org/10.32832/komunika.v4i2.4992
Maulina, D. M. (2021). Dakwah sebagai media integrasi agama dan ilmu pengetahuan. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 4(1), 100–113. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/peurawi/article/view/8823
Mauludin, H. (2019). Strategi dakwah Ustadz Hanan Attaki dalam mensosialisasikan gerakan Pemuda Hijrah (Shift) melalui sosial media Instagram. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48037
Naufaldhi, M. R. (2024). Strategi kreatif komunikasi dakwah di media sosial untuk generasi Z: Studi kasus Realmasjid 2.0. Universitas Islam Indonesia, 15(1).
Ningsih, D. S. (2023). Konseptualisasi dakwah Hanan Attaki dan penguatan moderasi beragama di kalangan millenial. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2), 108–131.
Oktika, R. (2020). Implikasi dakwah Ustadz Hanan Attaki terhadap keberagamaan di kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta].
Parhan, M., Riezky, P., & Alifa, S. (2020). Analisis metode baru dakwah Hanan Attaki di era konvergensi media: (Studi deskriptif pada akun Instagram @Hanan_Attaki). Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 10, 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Qonita, F., et al. (2025). Strategi komunikasi dakwah kepada generasi milenial: Penerapan prinsip At-Targhib Qabla Tarhib dalam konten YouTube (Ustadz Hanan Attaki). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi, 10(1), 175–187.
Rani, S. (2023). Transformasi komunikasi dakwah dalam era digital: Peluang dan tantangan dalam pendidikan Islam kontemporer. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 207–216. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3513
Safira, M. Y. (2023). Sosial media sebagai media kampanye partai politik. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3, 1196–1208. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.5480
Salam, A. M. K. (2020). Dakwah melalui YouTube: Analisis pesan dakwah Ustadz Hanan Attaki. Jurnal Washiyah, 1(3), 653–665. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/washiyah/article/view/16233
Setyaningsih, R. (2023). The phenomenon of e-dakwah in the new normal era: Digital literacy of virtual da’i in da’wah activities. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 2(1), 65–75. https://doi.org/10.54298/ijith.v2i1.60
Siregar, H. L., Rismawany, P., Pulungan, L. S., & Harahap, F. A. (2024). Analisis pengaruh media sosial terhadap nilai keislaman mahasiswa Universitas Negeri Medan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(6), 2246–6111.
Usela, S., Trisesa, R., & Yulianingsih, Y. (2024). Keseimbangan antara tradisi dan modernitas dalam pemikiran pendidikan Islam. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 847–856. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2860
Wahyuni, C. S. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam pandangan Islam sebagai media dakwah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 4522–4528.
Wali’ulhaq, A. H. (2024). Pendekatan dakwah dalam mencegah kenakalan remaja di Kota Yogyakarta Adwin. Jurnal Al-Qolamuna: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(3), 103–128.
Zaman, M., Robith Ilman, M., & Maulidi, I. (2023). Transformasi gaya dakwah Islam di era digital. Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.19105/meyarsa.v4i2.9343
Zulaecha, N. N., Hafidz, Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai dakwah digital dalam penyiaraan agama kalangan kaum milenial di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534–547. https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.