ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN USAHA MIKRO DI KOTA MEDAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Sonia Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.57

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, Penawaran, Permintaan, Usaha Mikro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan usaha mikro di kota medan dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis data kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwafaktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ada tiga faktor, yaitu faktor penawaran, faktor permintaan dan faktor non ekonomi. Faktor penawaran meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, kewirausahaan dan ilmu pengetahuan. Faktor permintaan disebabkan oleh permintaan terhadap penawaran. Sedangkan faktor non ekonomi meliputi kebudayaan suatu bangsa dalam menjalankan pertumbuhan ekonomi. Ekonomi dalam pandangan islam perlunya kerjasama setara dengan Ta’awun dan umat Islam diminta untuk saling bekerja sama dalam hubungannya dengan perbuatan baik dan memenuhi Ridho Allah

References

Anwar. (2017). “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Upah terhadap Tingkat Pengangguran di Kabupaten Gowa”. Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Ikhsan, Arfan, Muhyarsyah, Hasrudy Tanjung, A. O. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: Ciptapustaka Media.

Moleong, Lexy J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roikan, S. Aminah. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta: Kencana.

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2009. Bisnis: Perencanaan dan Pengembangan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiarto. (2000). Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, anggota IKAPI.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wahyudi, Setyo Tri. (2017). Statistika Ekonomi Konsep Teori Dan Penerapan. Malang : UB Press.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Sonia Purba, & Zuhrinal M Nawawi. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN USAHA MIKRO DI KOTA MEDAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.57