PERAN DAN KONTRIBUSI MASYARAKAT PESANTREN DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.58Keywords:
Peran, Kontribusi, Pesantren.Abstract
Lembaga pendidikan pertama yang lahir dalam sejarah kehidupan bangsa Indonesia adalah pesantren. Awal mula pesantren muncul dan berkembang pada masa Walisongo di Jawa, ketika Sunan Ampel mendirikan sebuah padepokan di Ampel Surabaya dan menjadikannya sebagai pusat pendidikan. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional berbasis agama Islam yang dapat dijangkau oleh masyarakat Indonesia saat itu. Pesantren kemudian berkembang tidak hanya khusus untuk pendidikan agama, tetapi juga pendidikan umum, bahkan tokoh-tokoh dari pesantren pun turut serta memerangi penjajah guna mewujudkan nasionalisme. Pendidikan merupakan modal utama bagi setiap bangsa untuk membuka pintu ilmu pengetahuan guna meningkatkan kualitas hidup. Secara historis, pesantren tentunya telah memenuhi tugas luhur pendidikan yang melahirkan para intelektual Islam di Indonesia hingga saat ini. Pesantren juga dapat diharapkan menjadi lembaga yang mampu melahirkan santri sebagai pelaku utama pembangunan bangsa dengan memadukan beberapa muatan pembelajaran seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, nilai, dan lingkungan dalam proses pembangunan individu masyarakat. Peranan pesantren dalam pendidikan yakni pesantren harus memerankan diri sebagai pengawal dan pelestari nilai-nilai agama. Pesantren sebagai lembaga pendidikan, tentu juga dituntut untuk memerankan diri sebagai pembaru pemahaman keagamaan dan sebagai lembaga pendidikan keagamaan dan pendidikan sosial-kemasyarakatan, pesantren juga dapat mengemban peranan, tugas, misi, dan fungsinya sebagai inspiratory, motivator, dan dinamistor pelaksanaan pembangunan pada tingkat lokal dan regional di daerahnya masing-masing.
References
Alim, S., & Martini. (2016). Peran Pesantren dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Https://Medium.Com/, 2, 43–62. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Aufin, M. (2019). Kontribusi K.H Imam Zarkasyi dalam Pemikiran Pendidikan Islam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 131–147.
Bani, S. (2015). Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional. Kontribusi Pesantren Dalam Sistem Pendidikan Nasional, 2(36), 264–273.
Fauzi, Y. (2012). Peran pesantren dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia berbangsa dan bernegara. Jurnal Pendidikan UNIGA, 6(1), 1–8.
Fiqih, M. A. (2022). Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 42–65. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. In Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4117
Latief, J. A. (2021). Pesantren: Peran dan Kontribusi dalam Melahirkan Intektual Islam di Indonesia. Jurnal Kreatif Online, 9(1), 16–22. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko/article/view/767
Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218
Ningrum, D. A., & Sa’adah, R. T. (2020). Kontribusi Pendidikan Islam Modern di Indonesia. Jurnal Indo-Islamika, 10(2), 84–91. https://doi.org/10.15408/idi.v10i2.17525
RJ, I. N. (2008). Peran Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat.
Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.118
Sugandi, A., Tanjung, H. B., & Rusli, R. K. (2017). Peran Pondok Pesantren Modern dalam Pemberdayaan Masyarakat. Tadbir Muwahhid, 1(2), 99. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.950
Wadi, M. (2018). Potensi dan Peran Pesantren dalam Mengembangkan Masyarakat. Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 10(1), 30–67. https://doi.org/10.15642/maliyah.2020.10.1.30-67
Wahyuddin, W. (2016). Kontribusi Pondok Pesantren terhadap NKRI. Kajian Keislaman, 3–1(1), 42. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/90
Wicaksana, A. (2016). Peran Lembaga Pendidikan Islam Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Https://Medium.Com/, April 2014, 1–10. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf