Strategi Komunikasi Staff Humas Perumda PSM Dalam Mempertahankan Eksistensi Pantai Air Manis Kota Padang

Authors

  • Dilandra Karimatun Nisa Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tomi Hendra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.72

Keywords:

Strategi Komunikasi, Esksistensi, Instagram.

Abstract

Adapun latar belakang penulis ini ialah objek wisata Pantai Air Manis merupakan destinasi wisata alam yang terkenal dengan sejarah batu Malin Kundang. Banyak sekali spot foto kekinian yang dikombinasikan dengan keindahan alam yang membuat wisatawan baik di dalam negeri maupun dari mancanegara berkunjung ke Pantai tersebut. Padahal destinasi wisata Pantai Air Manis tidak menyediakan pemandu wisata. Hal inilah menjadi menarik peneliti untuk meneliti bagaimana Strategi yang digunakan oleh PSM dalam mempertahankan eksistensinya serta bagaimana hambatannya?. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui tahap penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data. sehingga dapat mengetahui bagaimana strategi komunikasi PSM, faktor penghambat dalam menerapkan strategi komunikasi dalam mempertahankan eksistensi objek wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Hasil penelitian yang penulis temukan menunjukan bahwa Strategi komunikasi Staff Humas PERUMDA PSM dalam mempertahankan eksistensi Pantai Air Manis Kota Padang yaitu menggunakan strategi komunikasi tidak lansung dengan pemanfaatan instagram seperti (postingan foto dan video, hashtag,waktu postingan dan angelshoot foto/video) dan juga Layanan Pengaduan Pengunjung. Selain itu, sarana kegiatan promosi yang digunakan oleh staff humas PERUMDA PSM Pantai Air Manis Kota Padang yaitu memasang spanduk di area yang strategis dan mudah di lihat, kegiatan promosi dari mulut ke mulut dan melaksanakan event-event.  Adapun faktor penghambat terdapat dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

References

Al-Qur’an

Departemen Agama. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.

Buku

Anwar, Arifin.1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Amrico.

Bagus, Lorens. 2005. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Belch, G.E. & Belch, M.A. (2015). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. 10th ed. New York: McGraw-Hill

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

David, Freed R. 2000. Managemen Strategi dan Konsep. Jakarta: Perhalindo.

Effendi, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. CitraAditya Bakti.

Effendi, Onong Uchjana. 2008. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.. Bandung: Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Dinamika komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasim, Frida. 2009. Hukum Dagang. Jakarta: Sinar Grafika

Kensil dan Christine. 2008. Pokok-pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kennedy, Soemanagara. 2006. “Marketing Communication Taktik dan Strategi”. Jakarta:PT Buana Populer kelompok Gramedia.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakata: Kencana.

Manuturi, Sophar Simanjuntak Ompu. 2015. Fuklor Batak Toba. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Moriarty, Sandra, dkk.(2009). Advertising Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada Group

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, Rulli. 2010. Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siberia. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Narbuko. Cholid, dan Abdu Acmhmad. Metodologi Penelitian. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nasution. Metodologi Research Penelitian Ilmia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurudin. 2016. Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaludin. 1986. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salusu. 1996. Strategi Organisasi Public. Jakarta: Gramedia Widia Sarana.

Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus IPS. Cet. I; Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Sudaryono. metodologi penelitian, Kuantitatif, Kualitatid dan Mix Method. Depok: PT Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.

Spille, James J. 1991.. Ekonomi Pariwisata sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kasinus

Tjiptono, Fandy. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Winardi. 1989. Strategi Pemasaran. Bandung: Mandar Maju

Yoeti, Oka A. (1996). Pemasaran Pariwisata. Bandung : ANGKASA

Jurnal

Abdillah,Akhmad Bories Yasin.“Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kehidupan Mayarakat Lokal Di Kawasan Wisata (Studi Pada Masyarakat Sekitar Wisata Wendit, Kabupaten Malang)” Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 30 No.1 Januari 2016,

Andriani, nika dan mohammad mukhti ali. 2013.”kajian eksistensi pasar tradisional kota Surakarta”,jurnal teknik pwk vol.2 no.2.

Antariksa, Basuki. “Peluang dan Tantangan Pengembangan Kepariwisataan di Indonesia, Pusat Penelitian dan Pengambangan”, Jurnal: Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Besra, Eri. Potensi Wisata Kuliner dalam Mendukung Pariwisata di Kota Padang, Jurnal: Riset dan Akutansi Bisnis, vol.12, No.1 2012

Melisa, Veni Fitra. 2018. Strategi Komunikasi Dnas Pariwisata , Kepemudaan, dan Olahraga dan Kebudayaan Indragiri Hilir dalam Menarik Minat Pengunjung Objek Wisata Pantai Solop. Jurnal Fisip Vol.5(1).

Skripsi

Abdillah. S, Divo. Skripsi: Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru Dalam Mempromosikan Tugu Titik Nol Di Kota Pekanbaru, Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2020.

Wahyuni,Vina. Skripsi: Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Air Manis Di Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Program Studi Pendidikan Geografi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Pgri Sumatera Barat Padang 2016.

Wawancara

Wawancara Bersama Om Rus (pedagang) pada kamis 17 Februari 2022

Wawancara Feri (Mitra PSM dari Agen Brizzi), pada senin, 14 Juli 2022

Wawancara bersama Rian (Operator PSM di Pantai Air Manis), pada senin, 14 Juli 2022

Wawancara bersama bapak Varize Yudhistira (Staf Humas Perumda PSM), pada senin, 4 Juli 2022

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Dilandra Karimatun Nisa, & Tomi Hendra. (2023). Strategi Komunikasi Staff Humas Perumda PSM Dalam Mempertahankan Eksistensi Pantai Air Manis Kota Padang. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(1), 118–139. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.72