Retorika Dakwah Ustadz Handy Bonny Pada Channel Youtube Handy Bonny

Authors

  • Pira Suswita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.89

Keywords:

Retorika, Dakwah dan Ustadz Handy Bonny

Abstract

Retorika dakwah merupakan suatu seni berbicara yang dapat mengajak seseorang kepada jalan Allah sesuai kaidah-kaidah Islam. Dalam beretorika seorang komunikator tidak hanya memperhatikan gaya bahasa, akan tetapi juga memerlukan bahasa tubuh untuk membujuk audien, karena gaya bahasa dan bahasa tubuh yang indah merupakan akar dalam beretorika. Penelitian ini terfokus untuk menjawab Bagaimana Retorika Dakwah Ustadz Handy Bonny Pada Channel Youtube Handy Bonny. Untuk mengindikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analisis), dan proses pengumpulan data di lakukan melalui observasi, dokumentasi, dan teknik kepustakaan. Penelitian ini mengambil tiga judul video ceramah ustadz Handy Bonny pada channel youtube Handy Bonny. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahawa gaya bahasa yang digunakan ustadz Handy Bonny adalah gaya bahasa percakapan dengan menggunakan lansung dan tidaknya pencapaian makna berupa retoris yang mana memiliki unsur asonansi, eufemismus, hiperbola dan litotes. Pada unsur asonansi ustadz Handy Bonny melakukan pengulangan kata diantaranya seperti pada kata-kata “gagal dalam percintaan”. Pada unsur eufemismus ustadz Handy Bonny memberikan ungkapan-ungkapan yang dapat menyinggung perasaan mad‟u nya, diantaranya seperti padaa kalimat “Kata Allah, hei sayang. Akutu sayang sama kamu kata Allah, Akutu slalu mencintai kamu, aku tau kamu sudah melampoi batas, tapi please jangan pernah berputus asa dari rahmatku, aku masih menerima kamu. Balikannya sama Allah aja”. Kata hiperbola dalam ceramah usatadz Handy Bonny diantaranya seperti kata “Mabuk dan Termuntahkan”. Unsur litotes dalam video dakwah Ustadz Handy Bonny diantaranya seperti pada kalimat “Bukan berarti ustadz itu slalu baik, ada buruknya juga. Handy Bonny pasti ada buruknya juga, Donkems ada buruknya juga. Bukan berarti Hndy Bonny lebih baik dari Donkems, atau Domkems lebih buruk dari pada Handy Bonnya. Nggak ada yang tau”. Untuk menunjang beretorika agar saat penyampaian pesan, pesan dapat tersampaikan dengan baik, ustadz Handy Bonny menampilkan gerakan tubuh dengan sikap badan yang tidak kaku, penampilan dan pakaian yang sesuai dengan tren anak muda, ekspresi dan gerak tangan serta kontak mata yang mampu menarik perhatian mad‟u.

References

Al-Qur‟an dan Terjemah. 2007. Kementrian Republik Indonesia. Bogor: Cordova

Cahyono Guntur. 2019. Pemanfaatan Media Youtube Dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Pengembangan Materi Fiqih Madrasah Ibtidaiyah. At-tarbawi, Vol. 4 No.1

Choliq. Abdul 2015. Dakwah Melalui Media Sosial Facebook. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.16 No.2

Fischer Frank. 2021. Retorika dalam pembuatan kebijakan. Nusamedia

Jajuli Sulaeman. 2012. Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama

Muinah Amatul. 2018. Peran kegiatan Muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri santri pondok pesantren modern bina insani putri kecamatan susukan kabupaten semarang. Salatiga: IAIN Salatiga

Rohman Dudung Abdul. 2019. Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial Tatar Pasundan. Jurnal Diklat Keagamaan Vol. Xiii No. 2

Steviasari Puspa Chika. 2020. Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad ( Analisis Wacana Terhadap Youtube Ustadz Abdul Somad). Bandar Lampung: UIN Raden intan Lampung

Usman Fadly. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh) Vol.1 No.01,

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Pira Suswita, & Darul Ilmi. (2023). Retorika Dakwah Ustadz Handy Bonny Pada Channel Youtube Handy Bonny. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(1), 173–181. https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i1.89