Upaya Peningkatan Hasil Belajar Speaking Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Mekatronika 1 SMKN 6 Pekanbaru Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Maikhel Rusmana Ibrahim Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khairul Anshari Seirumpun Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i1.1129

Keywords:

demonstration method, student speaking learning

Abstract

This study aims to determine whether the Demonstration Method can improve Student Speaking Learning Outcomes, determine whether the use of the Demonstration Method can increase Student Learning Interest, find out how learning activities during learning activities using the Demonstration Method. The research method used is the Classroom Action Research method, which is a research conducted in the classroom, where researchers study and reflect collaboratively on a learning approach with the aim of improving the process and results of teaching in the classroom through improvement. The results of the research and discussion concluded that the application of the demonstration method can increase students' interest in learning.

References

Buddin, Nata. (2016). Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Hariyadi & Darmuki. (2019). Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Missouri Mathematics Project (MMP). Skripsi: UMS (tidak diterbitkan).

Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38-49.

Iffah Budiningsih, Riduan. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Tindakan Keperawatan (Studi Experimen Pada Siswa Kelas X SMK Kesehatan Nusa Husada Kota Tangerang). AKADEMIKA Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.01 No. 2

Kusuma, C. S. D. (2018). Integrasi bahasa inggris dalam proses pembelajaran. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43-50.

Novianti, E., & Sos, S. (2021). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya. Jakarta : Penerbit Andi . Rofiah, N. H., & Rofiana, I. (2017). Penerapan metode pembelajaran peserta didik slow learner. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 94-107.

Sutrisna, G. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Widya Accarya, 12(1), 117-127.

Yulianti, M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Keterampilan bermain Bola Voli Siswa di SMPN 1 Batu Bersurat. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Yuwono, (2011). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Maikhel Rusmana Ibrahim, & Khairul Anshari Seirumpun. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Speaking Dan Minat Belajar Siswa Kelas X Mekatronika 1 SMKN 6 Pekanbaru Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(1), 38–48. https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i1.1129