Edukasi Cara Minum Obat Maag yang Benar (Antasida, Ranitidine & Omeprazole) pada Pasien Rawat Jalan Puskesmas Rawat Inap Cempaka
DOI:
https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i1.1550Keywords:
education, dyspepsia, leaflet, outpatient careAbstract
Dyspepsia (ulcer) is a collection of upper gastrointestinal symptoms including pain or discomfort in the gastro-duodenal area (epigastrium/tenati), burning, fullness, fullness, nausea or vomiting. The purpose of this health education activity is to increase the knowledge and understanding of the community, especially in the Inpatient Health Center environment regarding dyspepsia including signs and symptoms, how to use drugs, and prevention. The activity includes several stages, namely material presentation using lecture method and leaflet media, question and answer session, pretest, and post test. The percentage results of the average pretest value are 37.30% and the average post test is 67.70%. The conclusion of this study is that there is an increase in community knowledge in Puskesma Rawat Inap Cempaka after being given education and exposure to dyspepsia material.
References
Agustina, A., Purnama, A., & Koto, Y. (2024). Pengaruh edukasi berbasis media audiovisual terhadap kepatuhan minum obat pada pasien tuberkulosis. Journal of Management Nursing, 3, 376–384. https://doi.org/10.53801/jmn.v3i3.188
Amidos, J., Siringo-Ringo, L., Hulu, T., & Miranda, A. (2021). Edukasi kepatuhan minum obat untuk mencegah kekambuhan orang dengan skizofrenia. Ners Jurnal Keperawatan, 2, 1–5.
Azhimah, H., Syafhan, N., & Manurung, N. (2023). Efektifitas video edukasi dan kartu pengingat minum obat terhadap kepatuhan pengobatan dan kontrol tekanan darah pada pasien hipertensi. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 9, 291. https://doi.org/10.25077/jsfk.9.3.291-301.2022
Chang, D., Melia, S., & Ginting, M. (2023). Analisis faktor kepatuhan minum obat pada lansia dengan hipertensi di Puskesmas Katapang. Jurnal Ilmu Kesehatan Immanuel, 17. https://doi.org/10.36051/jiki.v17i1.210
Christiyani, N., Marlina, T., & Estri, A. (2023). Hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi di Yogyakarta. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 7, 18–27. https://doi.org/10.36474/caring.v7i1.277
Dehmi, M., Yusuf, A., & Juhanto, A. (2021). Analisis pengaruh metode penyuluhan (ceramah) dan pemberian edukasi minum obat pada penderita TB paru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10, 511–518. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.636
Erfiana, E., & Putri, D. (2022). Edukasi kepatuhan minum obat dalam meningkatkan pengetahuan skizofrenia untuk patuh minum obat. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 221–226. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i3.247
Fahrunnisa, F. (2024). Pengaruh edukasi penggunaan aplikasi Tobat (Tekun Minum Obat) terhadap kepatuhan minum obat dan kualitas hidup pasien TB paru di Rumkit Tk. II Prof. Dr. J.A. Latumeten. Jurnal Abdi Mahosada, 2, 70–79. https://doi.org/10.54107/abdimahosada.v2i1.265
Faisal, Rachmawaty, R., & Sjattar, E. (2021). Edukasi dan interactive nursing reminder dengan pendekatan self management untuk meningkatkan kepatuhan minum obat dan kualitas hidup pasien tuberculosis. Journal of Telenursing (JOTING), 3, 725–734. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2632
Khomaini, A., Setiati, S., Lydia, A., & Dewiasty, E. (2017). Pengaruh edukasi terstruktur dan kepatuhan minum obat antihipertensi terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi usia lanjut: Uji klinis acak tersamar ganda. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 4, 4. https://doi.org/10.7454/jpdi.v4i1.106
Kusuma, A., & Setiyaningrum, I. (2021). Edukasi suportif terstruktur meningkatkan kepatuhan minum obat pasien tuberkulosis paru. Jurnal Keperawatan, 13, 653–660. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i3.1288
Mawarti, H., Umaroh, S., & Mukhoirotin, M. (2023). Pengaruh telenursing terhadap kepatuhan minum obat pasien tuberculosis paru di wilayah kerja Puskesmas Dukuhklopo Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 10, 2253–2260. https://doi.org/10.33024/jikk.v10i7.10308
Prasetya, R., Thalib, F., & Yudanagara, B. (2023). Edukasi kesehatan mengenai penyakit dan kepatuhan minum obat hipertensi dan diabetes pada lansia di wilayah Manukan Lor Surabaya. Jurnal Abdi Insani, 10, 2274–2283. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1163
Tripena, T., Tini, T., & Bandar, B. (2023). Pengaruh edukasi berbasis kelompok terhadap kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Antutan Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2, 287–298. https://doi.org/10.55681/saintekes.v2i3.119
Utami, P., Octavia, D., Harmiardillah, S., & Ramadhani, N. (2023). Peningkatan layanan asuhan kefarmasian pada usia lanjut melalui interprofessional collaboration dan sistem kesehatan terintegrasi guna membentuk masyarakat patuh obat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7, 5551. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17758
Vidianti, N., Suryaningsih, N., & Dewi, D. (2024). Pengaruh edukasi terhadap tingkat kepatuhan pasien hipertensi di Puskesmas I Denpasar Timur. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 10, 3672–3680. https://doi.org/10.33024/jikk.v10i12.12998
Walanda, I., & Makiyah, S. N. N. (2020). Pengaruh edukasi terhadap kepatuhan minum obat pasien hipertensi: A literature review. Citra Delima: Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 4, 47–55. https://doi.org/10.33862/citradelima.v4i2.106
Winulang, W., Putra, F., & Puspitasari, I. (2023). Hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan minum obat pada pasien stroke berulang. PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 5, 341–348. https://doi.org/10.54832/phj.v5i1.642
Yusetyani, L., Inayah, A., & Asmiati, E. (2022). Pemberdayaan masyarakat dalam mencegah komplikasi hipertensi dengan metode DAGUSIBU obat-obat antihipertensi. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5, 145. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.9515
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.