Pemanfaatan Shopee sebagai Toko Online untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk UMKM di Desa Plelen

Authors

  • Aria Mulyapradana Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Ary Dwi Anjarini Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Aghus Jamaludin Kharis Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Muhammad Nur Furqon Hidayat Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • M. Saadil Imtiyas Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i3.1580

Keywords:

MSMEs, Business Actors, Market Share, Online Stores, Shopee

Abstract

The minimal use of technology in marketing products from small business actors in Plelen Village has an impact on the branding of the product which is less well known and the sales turnover is not optimal. The purpose of this activity is to increase the understanding and skills of small business actors about online marketing strategies, increase the reach of marketing areas, and increase sales turnover. The methods used were interviews, observations, lectures, discussions, practices and evaluation of activities and involved 34 MSME business actors in Plelen Village. The results of this activity show that MSME business actors are very enthusiastic about participating in the training because they have just received training to develop their business for the first time and have begun to switch to online media in marketing their products. This activity ran well and smoothly, it is hoped that after participating in this activity participants can increase sales turnover and market their products more widely.

References

Arifin, Z. (2021). Konsep dasar dan ruang lingkup pemasaran. Dalam GCAINDO (Ed.), Marketing 5.0 (Konsep, strategi dan aplikasi) (Edisi 1). GCAINDO.

Ashlihah, S., M., & Ramadhani, D. (2021). Pelatihan e-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang. Jurnal Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–43. https://file:///C:/Users/HP/Downloads/1141-Article%20Text-2315-1-10-20210428.pdf

Dhiyaul Fadly, H., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2).

Hastono, T., Widyastuti, T. M., & Harjana, R. (2022). Pendampingan dan pelatihan pemanfaatan e-commerce bagi guru TK Surya Marta sebagai media pemasaran produk rumahan. Jurnal Widya Laksmi, 2(2).

Marentek, M. R. (2021). Konsep dan strategi pemasaran di era digital. Dalam GCAINDO (Ed.), Marketing 5.0 (Konsep, strategi dan aplikasi) (Edisi 1). GCAINDO.

Monografi Desa Plelen. (2022).

Munawarah, S., Sujono, Ghozali, M. Al., Hakim, A. K., & Mufarrohah, L. (2023). Pengoptimalan digital marketing untuk meningkatkan penjualan UMKM Desa Sumberagung melalui platform Shopee. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 19–23.

Mustofa, D., Atmaja, S., & Azhar, N. Al. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi marketplace pada pelaku UMKM Desa Melung sebagai media pemasaran online. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(1), 7–12.

Nikmah, F. (2017). Kajian tentang pemasaran online untuk meningkatkan peluang bisnis. Adbi: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56.

Rosyida, D. A., Zubaidah, R. V., Permana, I. R., & Adiyanto, I. N. (2022). Usaha pemberdayaan masyarakat melalui digital marketing berbasis perekonomian di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/Al-khidma/article/view/1434/632

Sarastuti, D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim Queennova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 71–90.

Satriawan, D. G. (2020). Manajemen pemasaran dalam bisnis. Dalam GCAINDO (Ed.), Manajemen Bisnis Kontemporer (Edisi 1). GCAINDO.

Sunyoto, D. (2013). Dasar-dasar manajemen pemasaran (T. R. CAPS, Ed.). CAPS.

Tumiwa, R. A. F. (2021). Konsep dan ruang lingkup pemasaran digital. Dalam GCAINDO (Ed.), Fundamental of Digital Marketing (Edisi 1). GCAINDO.

Warcito. (2021). Konsep dan strategi digital marketing di era disruptif. Dalam GCAINDO (Ed.), Fundamental of Digital Marketing (Edisi 1). GCAINDO.

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan e-commerce Shopee sebagai upaya peningkatan ekonomi ibu-ibu PKK pelaku bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Published

2024-08-15

How to Cite

Aria Mulyapradana, Ary Dwi Anjarini, Aghus Jamaludin Kharis, Muhammad Nur Furqon Hidayat, & M. Saadil Imtiyas. (2024). Pemanfaatan Shopee sebagai Toko Online untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk UMKM di Desa Plelen . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 3(3), 20–30. https://doi.org/10.59059/jpmis.v3i3.1580