Pendampingan Belajar Calistung Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Skill Bagi Anak Putus Sekolah

Authors

  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Musamus, Merauke
  • Syahfitriani Br Ginting Universitas Musamus, Merauke
  • Aprilita Ekasari Universitas Musamus, Merauke
  • Prima Lestari Situmorang Universitas Musamus, Merauke

DOI:

https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i4.75

Keywords:

Calistung, Literasi Skill, Putus Sekolah

Abstract

Kegiatan ini dimotivasi oleh keadaan anak-anak asli papua yang putus sekolah dan tidak sekolah, mendapatkan pembelajaran non formal dari unit PKBM. Metode yang digunakan adalah pendampingan pembelajaran calistung kepada anak-anak PKBM Jehova Jireh, tahapan yang dilakukan tim yakni, persiapan, dan pelaksanaan. Lokasi pengabdian berada di dalam kota Merauke, namun bila cuaca hujan, maka tim akan kesulitan untuk menuju lokasi karena kondisi tanah yang sangat berlumpur. Pelaksanaan berlangsung selama 7 kali pertemuan. Tim pengabdian menjadi pengajar dan pendamping anak-anak dalam kegiatan belajar mengajar. Kelas terdiri dari 3 kelompok belajar, dengan jumlah total anak-anak sebanyak 50 orang. Materi pendampingan yang diberikan adalah membaa, menulis, dan berhitung yang disesuaikan dengan kelompok belajar. Hasil yang diperoleh, bahwa terdapat 65 % anak usia 4-6 tahun yang mampu mengenal huruf, dan angka, 70% anak usia 7-9 tahun yang memiliki kemampuan calistung yang baik, dan 80% pada usia 10-13 tahun.

References

Herdian, Renie Tri. "DUKUNGAN PSIKOLOGI PADA ANAK PUTUS SEKOLAH." KHADIMUL UMMAH Journal of Social Dedication, 2020.

Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Munthe, Ashiong P. "PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat." Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2015, 2015.

Riyadiningsih, Hening. "KONDISI PSIKOLOGIS ANAK PUTUS SEKOLAH." JPFebUnsoed, n.d.

Yusuf, Muhammad. "PENDAMPINGAN ANAK DROP OUT DI DESA ANGKIPIH PARAMASAN KABUPATEN BANJAR MELALUI PENDEKATAN EDUKATIF DAN EKONOMI." Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2020: 54-68.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ika Trisni Simangunsong, Syahfitriani Br Ginting, Aprilita Ekasari, & Prima Lestari Situmorang. (2022). Pendampingan Belajar Calistung Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Skill Bagi Anak Putus Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1(4), 77–85. https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i4.75