MODEL PENGELOLAAN INSTAGRAM @diskominfodharmasraya SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG KABUPATEN DHARMASRAYA (DITINJAU DARI PERSFEKTIF KOMUNIKASI MASSA)

Authors

  • Yuni Kartika Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tomi Hendra Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i4.76

Keywords:

Dinas Kominfo, Informasi, Instagram

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Salah satu bukti kemajuan teknologi yaitu munculnya media informasi populer seperti Instagram. kehadiran Instagram sangat membantu penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan.tentunya hal ini di manfaatkan oleh Dinas Kominfo Dharmasraya dalam Memberikan informasi kepada masyarakat.Namun peneliti melihat adanya permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu pengelolaan Instagram dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat Dharmasraya. semenjak Instagram dinas kominfo dibuat pada tahun 2018, Instagram mengalami fakum/ mati suri pada tahun tersebut sampai akhir  tahun 2019,non aktif nya instagram dinas kominfo  cukup lama kemudian aktif  kembali pada awal tahun 2020 dengan dikelola oleh admin Instagram baru. Dikelola nya  Instagram oleh admin baru yang sesuai dengan bidangnya Instagram dinas kominfo mengalami kemajuan yang cukup pesat dilihat dari naiknya jumlah followers Instagram, postingan setiap hari update, tampilan postingan yang menarik, serta pengambilan gambar dan caption yang tepat dan jelas. Hal ini lah yang membuat ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji bagaimana model pengelolaan yang diterapkan oleh dinas kominfo melalui instagram untuk menyebarkan informasi seputar Dharmasraya kepada masyarakat untuk mencuri perhatian masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Dharmasraya. Model penelitian yang digunakan adalah  penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa model pengelolaan yang dilakukan oleh bidang informasi dan komunikasi publik melalui Instagram @diskominfodharmasraya, ada tiga model diantaranya, model komunikasi Harold Laswell,dimana asumsi dasar teori ini Who(siapa), says what ( berkata apa ), in which channel(melalui saluran apa), to whom(kepada siapa), dan with what effect(dengan efek apa ).  model satu tahap yaitu pesan yang disampaikan melalui media, langsung ditujukan tanpa perantara dan model Komunikasi DeFleur menggambarkan proses komunikasi melalui media massa. Admin Instagram dinas kominfo serta tim pengelolaan Instagram lainnya memberikan informasi yang baik dan teliti kepada masyarakat agar mendapatkan respond citra yang positif.

References

Al- Qur’an terjemahan agama RI. Bandung 2020

Buku

Annar, Saipul . (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Rafah Press

Ardianto, Elvinaro . ( 2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Berkowski, George . (2016). How to Build a Billion Dollar App : temukan rahasia dari para Pengusaha aplikasi paling sukses di dunia. Tanggerang: Gemilang

Best, Jhon W. ( 1987). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Cangara, Hafied . (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Dailey.(2009). peculiarietes of social media integration into marketing communications, Dubuque, IA Brown & Bencmark

Dwi Atmoko, Bambang. ( 2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Fachrul Nurhadi, Zikri . ( 2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana

Fitrah, Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas & Studi Kasus . Jawa Barat: CV Jejak

Firdaus, Fakhry Zamzam. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian,. Yogyakarta: Deepublish

Ghazali, Miliza. ( 2016). buat duit dengan Facebook dan Instagram : panduan menjana pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: Publshing House

Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : teori dan praktik .Jakarta: PT Bumi Aksara

Hendroyono , Handoko. (2012). Brand Gardener. Tanggerang : Literati

Handayaningrat, Soewarno . (1998). pengantar studi dan Administrasi. Jakarta: Haji Masagung

Heryana, Ade . (2018). informan dan pemilihan informan dalam oenelitian kualitatif, Modul Pembelajaran Prodi kesehatan Masyarakat, Universitas Esa Unggul

Karlinah, Siti. (2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Komala, Lukiati. (2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Lexy J, Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Persfektif Kualitatif.Yogyakarta: Deepublish

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Mogot, Yuni . ( 2003). Manajemen Surat Kabar. Jakarta:Prenada Media group

Mc Quail, Denis. (2011). teori Komunikasi Massa, (Jakarta : Salemba Humanika

Nursih Wahyuni, Isti. (2014). Komunikasi Massa. Yogykarta: Graha Ilmu

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan riset media Siber ( Cybermedia). Jakarta: Prenamedia Grop

Romli, Khomsahrial . (2016). Komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo

Rukajat, Ajat. (2018). Buku Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish

Saebani, Ahmad & Beni. (2008). Metodologi Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia

Sayidah, Nur . (2018. Metode Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya Dalam Peneltian. Taman Sidoarjo: Zifatama Jawara

Setiansah, Mite. (2012). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Siyoto, Sandu . (2015). dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono. ( 2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutopo, H.B. (2006). Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudirman, Acai. (2020). Sistem Informasi Manajemen. Medan :Yayasan kita menulis

Sugiarto, Mathew. (2018). instagram marketing. Jakarta selatan : PT pengembang lintas pengetahuan

Sunu Punjul Tyoso, Jaluanto. ( 2016). Sistem Informasi . Yogyakarta: Deepublish Group Penerbitan Budi Utama

Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: Cv Pustaka Setia

Umri, Hengki Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Vivian, John . ( 2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenamedia Group

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: Rajawali Press

Yog Kunandar, Alip . (2019). memahami Teori-Teori Komunikasi,. Yogyakarta: Galuh Patria

Yunaeti Anggraeni, Elisabet & Rita Irviani. ( 2019). Pengantar System Informasi. Yogyakarta : CV andi offset

Zain, Sutan Mohammad. (1996). kamus umum bahasa Indonesi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Zareella, Dan. ( 2010). the social marketing book. Jakarta : PT Serambi Ilmu Semesta

Jurnal

Desreumaux, Geoff. “ the complete history of instagram” https://wersm.com /the-complete-history-of-instagram/prettyphoto diakses 12 januari 2022 pukul 10.00 WIB.

Disadurberdasarkanarticle

Gonzales, Phil. ( 2011). Instagram 6.0 (English): How To Use Hastags In Instagram, Instagramers, 31 Januari

Nurhasna Ayutiani, Difa & Berlian Primadani Satria Putri. (2018). ”penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner”, Profesi Humas. 3(1)

Website

Asmara, Rini. (2016). jurnal j-click. 3 (2), desember

Burch, information Systems: teory and practice

Dwi Atmoko, Bambang . Instagram handbook

(http://blog.ub.ac.id/alifiainformatika/2013/09/23/perkembangan-aolikasi-social-photo-sharing-instagram/diakses 22 februari 2022 pukul 20.30 WIB.)

https:// dharmasrayakab.go.id/profil/6/geografis.html

https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/1587/ sejarah-kabupaten-dharmasraya.html

http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/11683/8570 diakses 22 Februari 2022 pukul 09.00 WIB.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/instagram diakses 22 februari 2022 pukul 09.30 WIB.

Nurul Fahmi, Muhammad, (2019). Endorse Dan Paid Promote Instagram Dalam Perspektif Hokum Islam, Jurnal Studi Islam. 1.(1), Hal. 5

Saputri, Yulia . Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. jurnal inovasi penelitian ilmiah. 1.(8). Januari 2021, hal. 1703

Syahreza, M. Fachri & Irwan Syari Tanjung. (2018).“ Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Interaksi Dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed”. Jurnal Interaksi, 1 ( Januari ), hal. 72-73

Syahreza, M. Fachri & Irwan Syari Tanjung. (2018). “ Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Interaksi Dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed”, Jurnal Interaksi, 1 Januari 2018, hal. 72-73

widayanti, Riya. (2015). “ pemanfaatan media sosial untuk penyebaran informasi kegiatan sekolah menengah kejuruan pasundan tenggerang”. jurnal : abdimas. Vol.1 no 2

Wawancara

Fergiyandi.(2022, Januari 17). Personal interview

Kharsananda, Boffin.(2022, April 25). Personal interview

Dokumentasi Yang Peneliti Dapatkan Dari Instagram Dinas Kominfo

Khilkhair.Misbah.(2022, April 26). Personal interview

Khulkhair, Misbah.(2022,Mei 04). Personal interview

Rian.(2022,Mei 04). Personal interview

Supadi, Ahmad. (2022, Mei 17). Personal interview

Kharsananda, Boffin. (2022,April 26). Personal interview

Fergiyandi.(2022, April 20). Personal interview

Fergiyandi.(2022,Maret 21). Personal interview

Supadi, Ahmad. (2022,Maret 31). Personal interview

Rian.(2022,Maret 31). Personal Interview

Kharsananda, Boffin.(2022, April 04). Personal interview

Observasi

Hasil Observasi Peneliti Yang Dilakukan Pada Jumat 27 Mei 2022

Hasil Observasi Yang Dilakukan Pada 19 April 2022

Hasil Observasi Yang Peneliti Lakukan Pada Senin, 02 Mei 2022

Hasil Observasi Yang Dilakukan Kamis, 07 April 2022

Hasil Observasi Yang Dilakukan Peneliti Pada Kamis, 12 Mei 2022

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Yuni Kartika, & Tomi Hendra. (2023). MODEL PENGELOLAAN INSTAGRAM @diskominfodharmasraya SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG KABUPATEN DHARMASRAYA (DITINJAU DARI PERSFEKTIF KOMUNIKASI MASSA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 1(4), 86–108. https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i4.76