MODEL PENGELOLAAN INSTAGRAM @diskominfodharmasraya SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG KABUPATEN DHARMASRAYA (DITINJAU DARI PERSFEKTIF KOMUNIKASI MASSA)
DOI:
https://doi.org/10.59059/jpmis.v1i4.76Keywords:
Dinas Kominfo, Informasi, InstagramAbstract
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Salah satu bukti kemajuan teknologi yaitu munculnya media informasi populer seperti Instagram. kehadiran Instagram sangat membantu penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan.tentunya hal ini di manfaatkan oleh Dinas Kominfo Dharmasraya dalam Memberikan informasi kepada masyarakat.Namun peneliti melihat adanya permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu pengelolaan Instagram dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat Dharmasraya. semenjak Instagram dinas kominfo dibuat pada tahun 2018, Instagram mengalami fakum/ mati suri pada tahun tersebut sampai akhir tahun 2019,non aktif nya instagram dinas kominfo cukup lama kemudian aktif kembali pada awal tahun 2020 dengan dikelola oleh admin Instagram baru. Dikelola nya Instagram oleh admin baru yang sesuai dengan bidangnya Instagram dinas kominfo mengalami kemajuan yang cukup pesat dilihat dari naiknya jumlah followers Instagram, postingan setiap hari update, tampilan postingan yang menarik, serta pengambilan gambar dan caption yang tepat dan jelas. Hal ini lah yang membuat ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk mengkaji bagaimana model pengelolaan yang diterapkan oleh dinas kominfo melalui instagram untuk menyebarkan informasi seputar Dharmasraya kepada masyarakat untuk mencuri perhatian masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Dharmasraya. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa model pengelolaan yang dilakukan oleh bidang informasi dan komunikasi publik melalui Instagram @diskominfodharmasraya, ada tiga model diantaranya, model komunikasi Harold Laswell,dimana asumsi dasar teori ini Who(siapa), says what ( berkata apa ), in which channel(melalui saluran apa), to whom(kepada siapa), dan with what effect(dengan efek apa ). model satu tahap yaitu pesan yang disampaikan melalui media, langsung ditujukan tanpa perantara dan model Komunikasi DeFleur menggambarkan proses komunikasi melalui media massa. Admin Instagram dinas kominfo serta tim pengelolaan Instagram lainnya memberikan informasi yang baik dan teliti kepada masyarakat agar mendapatkan respond citra yang positif.
References
Al- Qur’an terjemahan agama RI. Bandung 2020
Buku
Annar, Saipul . (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang: Rafah Press
Ardianto, Elvinaro . ( 2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Berkowski, George . (2016). How to Build a Billion Dollar App : temukan rahasia dari para Pengusaha aplikasi paling sukses di dunia. Tanggerang: Gemilang
Best, Jhon W. ( 1987). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Cangara, Hafied . (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Dailey.(2009). peculiarietes of social media integration into marketing communications, Dubuque, IA Brown & Bencmark
Dwi Atmoko, Bambang. ( 2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Fachrul Nurhadi, Zikri . ( 2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana
Fitrah, Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas & Studi Kasus . Jawa Barat: CV Jejak
Firdaus, Fakhry Zamzam. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian,. Yogyakarta: Deepublish
Ghazali, Miliza. ( 2016). buat duit dengan Facebook dan Instagram : panduan menjana pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: Publshing House
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif : teori dan praktik .Jakarta: PT Bumi Aksara
Hendroyono , Handoko. (2012). Brand Gardener. Tanggerang : Literati
Handayaningrat, Soewarno . (1998). pengantar studi dan Administrasi. Jakarta: Haji Masagung
Heryana, Ade . (2018). informan dan pemilihan informan dalam oenelitian kualitatif, Modul Pembelajaran Prodi kesehatan Masyarakat, Universitas Esa Unggul
Karlinah, Siti. (2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Komala, Lukiati. (2014). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Lexy J, Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Persfektif Kualitatif.Yogyakarta: Deepublish
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher
Mogot, Yuni . ( 2003). Manajemen Surat Kabar. Jakarta:Prenada Media group
Mc Quail, Denis. (2011). teori Komunikasi Massa, (Jakarta : Salemba Humanika
Nursih Wahyuni, Isti. (2014). Komunikasi Massa. Yogykarta: Graha Ilmu
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan riset media Siber ( Cybermedia). Jakarta: Prenamedia Grop
Romli, Khomsahrial . (2016). Komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo
Rukajat, Ajat. (2018). Buku Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish
Saebani, Ahmad & Beni. (2008). Metodologi Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia
Sayidah, Nur . (2018. Metode Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya Dalam Peneltian. Taman Sidoarjo: Zifatama Jawara
Setiansah, Mite. (2012). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Siyoto, Sandu . (2015). dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sugiyono. ( 2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutopo, H.B. (2006). Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Syaodih Sukmadinata, Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudirman, Acai. (2020). Sistem Informasi Manajemen. Medan :Yayasan kita menulis
Sugiarto, Mathew. (2018). instagram marketing. Jakarta selatan : PT pengembang lintas pengetahuan
Sunu Punjul Tyoso, Jaluanto. ( 2016). Sistem Informasi . Yogyakarta: Deepublish Group Penerbitan Budi Utama
Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: Cv Pustaka Setia
Umri, Hengki Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan, Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Vivian, John . ( 2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenamedia Group
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: Rajawali Press
Yog Kunandar, Alip . (2019). memahami Teori-Teori Komunikasi,. Yogyakarta: Galuh Patria
Yunaeti Anggraeni, Elisabet & Rita Irviani. ( 2019). Pengantar System Informasi. Yogyakarta : CV andi offset
Zain, Sutan Mohammad. (1996). kamus umum bahasa Indonesi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Zareella, Dan. ( 2010). the social marketing book. Jakarta : PT Serambi Ilmu Semesta
Jurnal
Desreumaux, Geoff. “ the complete history of instagram” https://wersm.com /the-complete-history-of-instagram/prettyphoto diakses 12 januari 2022 pukul 10.00 WIB.
Disadurberdasarkanarticle
Gonzales, Phil. ( 2011). Instagram 6.0 (English): How To Use Hastags In Instagram, Instagramers, 31 Januari
Nurhasna Ayutiani, Difa & Berlian Primadani Satria Putri. (2018). ”penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner”, Profesi Humas. 3(1)
Website
Asmara, Rini. (2016). jurnal j-click. 3 (2), desember
Burch, information Systems: teory and practice
Dwi Atmoko, Bambang . Instagram handbook
(http://blog.ub.ac.id/alifiainformatika/2013/09/23/perkembangan-aolikasi-social-photo-sharing-instagram/diakses 22 februari 2022 pukul 20.30 WIB.)
https:// dharmasrayakab.go.id/profil/6/geografis.html
https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/1587/ sejarah-kabupaten-dharmasraya.html
http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/11683/8570 diakses 22 Februari 2022 pukul 09.00 WIB.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/instagram diakses 22 februari 2022 pukul 09.30 WIB.
Nurul Fahmi, Muhammad, (2019). Endorse Dan Paid Promote Instagram Dalam Perspektif Hokum Islam, Jurnal Studi Islam. 1.(1), Hal. 5
Saputri, Yulia . Optimasi Gadget Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. jurnal inovasi penelitian ilmiah. 1.(8). Januari 2021, hal. 1703
Syahreza, M. Fachri & Irwan Syari Tanjung. (2018).“ Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Interaksi Dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed”. Jurnal Interaksi, 1 ( Januari ), hal. 72-73
Syahreza, M. Fachri & Irwan Syari Tanjung. (2018). “ Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Interaksi Dikalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed”, Jurnal Interaksi, 1 Januari 2018, hal. 72-73
widayanti, Riya. (2015). “ pemanfaatan media sosial untuk penyebaran informasi kegiatan sekolah menengah kejuruan pasundan tenggerang”. jurnal : abdimas. Vol.1 no 2
Wawancara
Fergiyandi.(2022, Januari 17). Personal interview
Kharsananda, Boffin.(2022, April 25). Personal interview
Dokumentasi Yang Peneliti Dapatkan Dari Instagram Dinas Kominfo
Khilkhair.Misbah.(2022, April 26). Personal interview
Khulkhair, Misbah.(2022,Mei 04). Personal interview
Rian.(2022,Mei 04). Personal interview
Supadi, Ahmad. (2022, Mei 17). Personal interview
Kharsananda, Boffin. (2022,April 26). Personal interview
Fergiyandi.(2022, April 20). Personal interview
Fergiyandi.(2022,Maret 21). Personal interview
Supadi, Ahmad. (2022,Maret 31). Personal interview
Rian.(2022,Maret 31). Personal Interview
Kharsananda, Boffin.(2022, April 04). Personal interview
Observasi
Hasil Observasi Peneliti Yang Dilakukan Pada Jumat 27 Mei 2022
Hasil Observasi Yang Dilakukan Pada 19 April 2022
Hasil Observasi Yang Peneliti Lakukan Pada Senin, 02 Mei 2022
Hasil Observasi Yang Dilakukan Kamis, 07 April 2022
Hasil Observasi Yang Dilakukan Peneliti Pada Kamis, 12 Mei 2022