Smart Teaching: Pengembangan Potensi Guru Melalui Metode Quantum Learning Model SHINE (Spiritual, Humanis, Intelligence, Nasionalis, dan Emotional)

Authors

  • Yulifah Salistia Budi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Elita Endah Mawarni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Roudlotun Nurul Laili Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi
  • Muhammad Nashir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i1.79

Keywords:

Model SHINE, Potensi Guru, Quantum Learning, Smart Teaching.

Abstract

Tiga komponen utama yang saling berpengaruh dalam pembelajaran yaitu kondisi, metode, dan hasil pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus mengupayakan supaya kegiatan belajar mengajar bisa berjalan sesuai harapan, dan dapat mencapai hasil yang optimal. Beradsarkan hasil wawancara para guru masih mengalami kesulitan mengembangan model pembelajaran bagi peserta didik yang menyebabkan siswa bosan dan cenderung kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi guru melalui metode Quantum learning model SHINE (Spiritual, Humanis, Intelligence, Nasionalis, dan Emosional). Sasaran program ini adalah para guru TPQ, SD/MI, dan SMP/Mts se kabupaten Banyuwangi sejumlah 150 orang. Kegiatan workshop Smart Teaching ini menambah wawasan dan referensi bagi para guru untuk membuat model pembelajaran lebih bervariasi sehingga para siswa tidak bosan dan lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran.

 

 

References

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Azhari, S. (2021). Model Pembelajaran Quantum dalam Mengembangkan Potensi Otak Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 7(1), 82–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.7274

Handini, O., & Mustofa, M. (2017). Pelatihan Model Pembelajaran Quantum di Sekolah Dasar Pada Guru-Guru SD Muhammadiyah 3 Surakarta Training on Quantum Learning Model for the Teachers of Muhammadiyah 3 Surakarta Elementary School. Adi Widya; Jurnal Pengabdian Masyarakat, I(November), 56–67.

Juwita, P., & Sari, D. N. (2020). Pembinaan Guru SDIT Ash-Sholihin dalam Menerapkan Pembelajaran Quantum Learning Bermuatan Karakter di Desa Wonosari Dusun IV Kec.Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang Provinsi Sumatra Utara. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2020, 1, 244–248.

ZEYBEK1, G. (2017). An Investigation on Quantum Learning Model. IJONMES: International Journal of Modern Education Studies, 1(1), 16–27.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Yulifah Salistia Budi, Elita Endah Mawarni, Roudlotun Nurul Laili, & Muhammad Nashir. (2023). Smart Teaching: Pengembangan Potensi Guru Melalui Metode Quantum Learning Model SHINE (Spiritual, Humanis, Intelligence, Nasionalis, dan Emotional). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(1), 01–09. https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i1.79