Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Penggunaan Teknologi di Pondok Pesantren Al Amien pada Materi Pythagoras
DOI:
https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i5.2802Keywords:
Desmos, Islamic boarding schools, Learning outcomes, Mathematics, TechnologyAbstract
This study aims to determine the differences in mathematics learning outcomes between boarding and non-boarding students using the Desmos application at Pondok Pesantren Al Amien. This research uses a comparative quantitative method with a posttest-only design. The subjects consisted of 20 eighth-grade students divided into two groups: 10 boarding and 10 non-boarding students. The instruments used were learning outcome tests and student perception questionnaires. Data were analyzed using the Independent Sample T-Test via SPSS. The results showed a significant difference between the two groups, with non-boarding students scoring higher. This is supported by a significance value of 0.010 (< 0.05). Learning with the Desmos application is proven effective in improving mathematics achievement, especially for students with better access to technology.
References
Adhari, A., & Sitabuana, T. H. (2021). Kebijakan pembatasan internet di Indonesia: Perspektif negara hukum, hak asasi manusia, dan kajian perbandingan Internet restriction policies in rights, and comparative legal studies. Jurnal Konstitusi, 18(1), 262–293. https://doi.org/10.31078/jk1821
Adittyanto, Putra, F. A., Alim, F. N., Suseno, M. T., Yudha, S., & Thohir, I. A. (2021). Dampak perkembangan teknologi internet dalam pembelajaran jarak jauh bagi siswa pada masa pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 1(2), 93–103.
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467
Arifin, M., & Dewi, S. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi matematika interaktif terhadap kemampuan problem solving siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123–135.
Ayubi, S. A. (2023a). Analisis pemahaman konsep matematis peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 29–40. https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.265
Ayubi, S. A. (2023b). Lesson study untuk peningkatan kompetensi pembelajaran. Jurnal Axioma, 156–167. https://doi.org/10.56013/axi.v8i2.2058
Crystallography, X. D. (2016). Matematika sekolah (pp. 1–23).
Dan, D., Dalam, S., Pendidikan, K., & Muchasan, A. (2024). Pemanfaatan teknologi di pesantren. Inovatif, 10(1), 16–33. https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i1.849
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
Fadillah, R. (2020). Pembelajaran matematika berbasis teknologi di pondok pesantren: Studi kasus di pesantren XYZ. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 45–60.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren di Indonesia: Lembaga pembentukan karakter. Al Urwatul Wutsqa, 42–54.
Hakim, A., & Lestari, D. (2021). Perbandingan pembelajaran matematika konvensional dan digital di sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(3), 67–80.
Hasbiyallah, M., & Fikry Al-Ghifary, D. (2023). Manajemen belajar dan pembelajaran pada pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 22.
Iskandar, T. (2020). Pembelajaran berbasis teknologi di pondok pesantren: Tantangan dan peluang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(4), 98–112.
Jainap. (2018). Metode ceramah dalam belajar dan pembelajaran.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Lailan, A. (2024). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.
Mahmudah, M. (2018). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir analisis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Jurnal Kadikma, 1–11.
Mahmudah, M. (2019). Kolaborasi model pembelajaran SFE dengan talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Educazione, 18–25.
Mahmudah, M. (2021). Model snowball drilling untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Educazione, 10–22.
Mahmudah, M. (2023). Penerapan problem based learning berbantuan Animaker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan statistika. Jurnal Sigma, 9–16. https://doi.org/10.53712/sigma.v9i1.1792
Mahmudah, M. (2024). Penerapan media Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perbandingan di SMP 01 Islam Jember. Jurnal JRGL, 133–138. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i2.452
Maruf. (2019). Pondok pesantren lembaga pendidikan pembentuk karakter. Jurnal Mubtadi’in, 93–104.
Meslita, R. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Desmos pada materi program linear. Jurnal Cendekia, 1857–1868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1409
Nadila. (2024). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial, 37–46. https://doi.org/10.62238/jupsijurnalpendidikansosialindonesia.v2i1.72
Nugroho, P., & Azizah, M. (2022). Pengaruh penggunaan Geogebra terhadap pemahaman konsep Pythagoras pada siswa sekolah menengah. Jurnal Matematika dan Sains, 17(2), 210–225.
Nurillahwaty, E. (2021). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Putra, B. (2019). Implementasi e-learning dalam pembelajaran matematika di pesantren. Jurnal Pendidikan Pesantren, 5(1), 32–45.
Rahmawati, N., & Hidayat, R. (2021). Efektivitas pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 89–105.
Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(3).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suhirman, S. (2016). Eksistensi teknologi pendidikan dalam inovasi pembelajaran. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 9(2), 145–153. https://doi.org/10.29300/nuansa.v9i2.382
Suryani, L. (2020). Pengaruh penggunaan media digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 56–70.
Susanto, D. (2022). Efek penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Media Pembelajaran, 9(2), 120–135. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1332
Susanto, D., Kurniawan, T., Sihombing, S. K., Salim, E., Radjawane, M. M., Salmah, U., & Wardani, A. K. (2021). Buku matematika SMA/SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utomo, S. B., Iriani, A., & Satyawati, S. T. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8289
Verdinandus Lelu Ngongo, & Taufik Hidayat, W. (2019). Pendidikan di era digital. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan (September Issue).
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru MI/SD.
Wijaya, T. (2023). Efektivitas LMS (Learning Management System) dalam pembelajaran matematika di lingkungan pesantren. Jurnal Sistem Pembelajaran, 13(1), 75–90.
Zulham. (2017). Penerapan teknologi informasi menentukan keberhasilan dunia perusahaan industri. Jurnal Warta, 53(9), 1689–1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





