Menggugah Realitas Sosial: Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Laskar Pelangi Sebagai Representasi Ketidakmerataan Pendidikan Indonesia

Authors

  • Rifqi Nandana Mahardika Universitas Negeri Semarang
  • Hanuun Dhiyaa Putri Ari Universitas Negeri Semarang
  • Amanda Ivani Universitas Negeri Semarang
  • Fora Shaffilia Hakik Universitas Negeri Semarang
  • Qurrota Ayu Neina Universitas Negeri Semarang
  • Tommi Yuniawan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i2.2456

Keywords:

Educational inequality, Equality of education, Laskar Pelangi novel, Social representation, Sociology of literature

Abstract

The persistence of educational inequality in Indonesia remains evident today. This situation parallels the depiction in Andrea Hirata’s 2005 novel Laskar Pelangi, indicating that the social critique offered by the work has yet to effect widespread change. This study uses a sociological-literary approach to analyze representations of educational inequity in Indonesia as portrayed in Laskar Pelangi. The research uses a descriptive qualitative method, treating novel excerpts as primary and reports as secondary data. Thematic analysis is applied, and data validity is ensured through triangulation within a cross-sectional timeframe. Based on eight data points presented in the results table, the discussion details how the novel illustrates disparities in educational access across six dimensions: infrastructure, teacher availability, facility provision, student distribution, assessment processes, and talent development. These findings reveal the social function of literature as a form of social criticism that can raise public awareness and inform policy initiatives aimed at achieving more equitable education in Indonesia.

References

Abdullah, M. (2018). Pengaruh fasilitas sekolah dan motivasi guru terhadap efektivitas proses mengajar di Madrasah Aliyah di Bontang. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 165–175. http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i2.1704

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Adekamisti, R., Handayani, T., Novianty, E., Harmi, H., & Sarwoedi. (2025). Implementasi manajemen sistem pendidikan pada tingkat dasar dan menengah: Tantangan dan solusi. Dirasah, 8(1), 211–225. https://doi.org/10.58401/dirasah.v8i1.1606

Ansam, H. (2025, Maret 23). Sekolah hampir ambruk di Inhu jadi lokasi perdana program makan bergizi gratis. GoRiau.com. https://www.goriau.com/ragam/sekolah-hampir-ambruk-di-inhu-jadi-lokasi-perdana-program-makan-bergizi-gratis.html

Arianto, B. (2024). Triangulasi metoda penelitian kualitatif. Balikpapan: Borneo Novelty Publishing.

Astini, P. D., Puspitasari, D., Marfah, R. A., Yuniawan, T., Neina, Q. A., & Utomo, A. P. Y. (2023). Kajian sosiologi sastra dalam cerpen “Tungku di Tubuh Ibu,” “Kejadian di Tambang Pasir,” dan “Layang-Layang Manusia” pada laman Kompas.com edisi bulan Maret 2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 230–242. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.224

Caniago, A. F. Z. R., Kurnia, F. I., & Maulidio, M. A. (2024). Memahami ketidakmerataan pendidikan di Desa Kasomalang: Faktor penyebab dan dampaknya. Proceedings: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5(7), 1–11.

Dawis, A., Sunarta, D. A., Alamsyah, Mukhtar, M. S., & Mardia. (2023). Pengantar metodologi penelitian. Makassar: Tohar Media.

Endriani, Y., & Karneli, Y. (2020). Peran konselor dalam mengembangkan bakat siswa melalui layanan penempatan dan penyaluran. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5, 88–95. http://dx.doi.org/10.23916/08790011

Eventus. (2024, Oktober 21). Ketimpangan fasilitas pendidikan di pelosok: SD Mboeng bertahan dengan dinding bambu sejak 2008. ExposeTimur.com. https://exposetimur.com/2024/10/21/ketimpangan-fasilitas-pendidikan-di-pelosok-sd-mboeng-bertahan-dengan-dinding-bambu-sejak-2008/

Ghefira. (2024, September 29). Kesenjangan pendidikan di Kalimantan Timur, berbagai faktor jadi penyebab. Kumparan. https://kumparan.com/shofasyaira/kesenjangan-pendidikan-di-kalimantan-timur-berbagai-faktor-jadi-penyebab-23cKSuUkyN2/2

Haekal, M. (2022). Tantangan distribusi guru di daerah terpencil Indonesia: Antara manajemen, isu personal, dan faktor geografi. TA’DIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 16–22. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.100

Handayani, Y., & Sukari. (2025). Problematika sistem pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 168–179. http://dx.doi.org/10.54066/jupendis.v3i1.2851

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu pendidikan: Konsep, teori, dan aplikasinya. Medan: Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi.

Hirata, A. (2005). Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Ibrani, M. A., Pandiangan, A. H. T., Reswara, T. A., Noer, M. Y. I., Ilahiyah, H. I., Utomo, A. P. Y., & Neina, Q. A. (2024). Pola fungsi kalimat pada novel Pulang karya Tere Liye dan kelayakannya sebagai materi pengayaan siswa kelas XII SMA. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(6), 41–57. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1074

Indah Purwandari, R., Nurhalizah, S., & Bahtiar, A. (2024). Perbedaan kelas sosial dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Jurnal Nusantara Raya, 2(3), 133–138. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10434

Jumanah, J., & Rosita, H. (2022). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam upaya pemerataan pendidikan. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 8(2), 72–84. https://doi.org/10.52447/ijpa.v8i2.6042

Juventia, D., & Yuan, S. A. (2024). Ketimpangan sosial dalam bidang pendidikan dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat. Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur, 2(1), 418–427. https://doi.org/10.57235/motekar.v2i1.2335

Maharani, F., Tambunan, N. F. A., Bintang, T. K., Nasution, Y. A., & Yusmaini, Y. (2024). Analysis of Marxist theory in the novel Laskar Pelangi. Lumbung Aksara, 4(2), 19–27. https://doi.org/10.47662/lumra.v4i2.849

Meidyana, A. (2024, Juli 21). Minim siswa, 5 sekolah di Lampung Tengah terancam ditutup. Metro TV. (Diakses tanggal 23 Maret 2025).

Najmah, Adelliani, N., S., C. A., & Z., A. R. (2023). Analisis tematik pada penelitian kualitatif. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Nanggala, A. (2020). Analisis wacana pembaharuan kebijakan zonasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebagai solusi pemerataan pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 46–56. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24758l

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Yuani, A. K., Guru, P., Dasar, S., Bogor, U. D., Ibn, U., & Bogor, K. (2021). Implementasi metode home visit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Abdibas, 2(1), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Putri, R. A. (2024). Pendidikan di wilayah terpencil: Tantangan pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Indonesia. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. https://setneg.go.id/baca/index/pendidikan_di_wilayah_terpencil_tantangan_pemerintah_dalam_pemerataan_pendidikan_di_indonesia_1

Ridwan, U. (2019). Kajian sosiologi sastra berorientasi pendidikan karakter pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Wistara, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2287

Riyannie, D. (2024). Manajemen sumber daya sistem pendidikan (peningkatan partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu sekolah di daerah 3T). International Journal of Advanced Research (IJAR), 12(9), 1039–1051. https://doi.org/10.21474/IJAR01/19538

Rofi’ah, F. A., Nihayatuzzain, B., Fathoni, H. D., & Zuhriyah, I. A. (2024). Komparasi sistematika dan budaya evaluasi pembelajaran pada lembaga pendidikan secara komprehensif di negara Finlandia dan Indonesia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 337–363. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2423

Sugiyono, Prof. Dr. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (27th ed.). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Rifqi Nandana Mahardika, Hanuun Dhiyaa Putri Ari, Amanda Ivani, Fora Shaffilia Hakik, Qurrota Ayu Neina, & Tommi Yuniawan. (2025). Menggugah Realitas Sosial: Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Laskar Pelangi Sebagai Representasi Ketidakmerataan Pendidikan Indonesia. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 3(2), 239–256. https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i2.2456

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.