Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Hesti Mayasari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Larasati Larasati Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Najwa Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1825

Keywords:

the use of rewards, Habituation of discipline in early childhood

Abstract

The current challenge is the absence of proper attitudes and behaviors in children when it comes to developing discipline in their activities. This issue is influenced by methods or developmental aspects that have not been fully optimized. Some children still struggle to show disciplined behavior, such as not queuing when using the toilet or fighting over toys with others. The goal of this article is to explore how rewards can improve children's discipline habituation. Using rewards as a strategy to foster discipline in children is an effective way to help them develop disciplined behavior. The research approach used in this study is a descriptive quantitative method with a literature review. The data collection involves analyzing primary sources, such as relevant books and journals, and then drawing connections between the issues and the applicable theories. The results from various sources suggest that reward-based strategies to improve children's discipline are highly effective and should be implemented. This method positively affects several developmental aspects, such as promoting responsibility, encouraging self-control, motivating children to improve their activities, and shaping their character for the future.

References

Asparida. (2015). Bahasa Guru dalam Mengekspresikan Penghargaan (Reward) Dan Hukuman (Punishment) Kepada Siswaditaman Kanak-Kanak (Tk) Aisyiyahivkota Bengkulu. Diksa Vol. 1, No. 1, Juni 2015.

Balimulia Sophia Oktavia. (2017). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Volume 18, Nomor 1 Juni 2017.

Bestari Seftia (2017). Ektifitas Pemberian Rewardterhadap Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelompok A Di TK Muslimat Diponegoro Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. FKIP. Skripsi

Erawati Ermi. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Jumal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (2).

Farihah Himmatul. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak usia Dini Melalui Pemberian reward. Jurnal teladan, Volume 5no. 1, Mei202019p-Issn: 2527-3191; E-Issn: 2622-9927

Hapsari Rian Putri (2013) Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Rewarddalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A Di Tk Islam Al-Azhar 35surabaya. Jurnal Bk. Unesa. Volume 04nomor 01 Tahun 2013. 274-284

Hidayat Toni. (2019). Efektivitas Token Ekonomy (Bintang) Yang Diberikan Oleh Guru Untuk Menanamkan kedisiplinan Pada Anak Usia Dini (Paud Citra Mandiri Boak B) Tahun Ajaran 2019. Universitas Teknologi Sumbawa, Skripsi.

Ismawati Putri, Siti Julaikhah. (2018). Efektifitas Pemberian Reward Melalui Metode Token ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dinipada Kelompok A Di Ra Al-Akbarsukoanyar Kabupatenmojokerto. Jumal Annu Al Internation Al Confere Nce O N Islamic Edu Cation 24-25 FeBruari STITNU AI Hikmah Mojokerto.

Kawulur Tresia Karli. (2018). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan Di Pt. Columbia Perdana Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. vol. 6 No. 2 Tahun 2018.

Khodijah Siti. (2015). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Dengan Menggunakan Reward Sticker Pictured: Studi Terhadap Kelas Ii Sdn Pisangan 03 Legoso Ciputat Timur Tangerang Selatan. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Skrips.

Khoerunnisa Eka Yulia. (2019). Penerapan Reward Dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. P Issn 2548-6284e Issn 2615-0360http://Jurnal.Upmk. Ac. Id/Index. Php/Pelitapaud. Stkip Muhammadiyah. Kuninganunder The License Cc By-Sa 4.0

Kompri, M.Pd.I (2016). Motivasi Belajar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kumiawan. (2017). Efektifitas Pembinaan Moral Anak Kelompok B Melalui Pemberian Rewarddan Punishment. Jumal Ilmiah Pendidikan. Vol. 1. No. 1. tahun 2016, 1-17.

Mabruri Rizky Ardi. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-5 2016.

Machfiroh Lailatul, Dkk. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jumal Pendidikan Nonformal Volume Xiv, No. 1, Maret 2019

Madiyanah Ayuk Nur (2020). Meningkatkan Disiplin Anakusia Dini Melalui Pemberian reward. Jurnal teladan, Volume 5no. 1, Mei 202019 p-Issn: 2527-3191; E-Issn: 2622-9927

Nadar Wahyuni Dkk (2019). Penerapanan Metode Pembiasaan Token Economy untuk Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, Volume 1, Nomor1, Oktober 2019.

Nafisah Umi Latifatun. 2020. Penerapan Rewarduntuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Studi Kasus Siswa Min 1 Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Skripsi.

Purwanto M. Ngalim. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rofiah, CH. (2013). Metode Reward Dan punishment Dalam Mengembangkan kemampuan Emosional Anak Usia Dini (Studi kasus Di Tk Nurul Hidayah Brebes Dan Tk Kemala Bhayangkari 27 brebes Tahun 2012). Universitas Negeri Semarang. 2013. Skripsi.

Rosyid & Abdullah (2018) Reward & Punhisment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Sabartiningsih Mila (2018). Implementasi Pemberian Rewarddan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia. Jumal Pendidikan Anak. Vol. 4, No.1, Maret2018. P-Issn: 2541-4658e-Issn: 2528-7427

Santy Eva. (2018). Peningkatan Disiplin Melalui Papan Reward Di Tk Budi Mulia Dua Bintaro Kota Tangerang Selatan. Jurnal Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 Issn: 2528-5564.

Sari Anisa Yunita. (2017). Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Terhada Panak Usia Dini. Volume 3 Nomor 3c Desember 2017 P-Issn: 2599-0438; E- Issn: 2599-042x

Suismanto, Isnaenti Fat Rochimi, (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Kedisplinanpada Anak Usia Dini. Golden Age Jumal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3no. 4 Desember 2018. E-Issn: 2502-3519 Pemberian Reward

Sukmawati Dewi Elik. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Melalui Pada Anak Kelompok A Di Tk Bakti Iv Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Supriyadi. (2016). Solusi Alternatif Berbagai Pengetahuan Antar Pustakawan. Jurnal Lentera Pustaka.. 2 (2). (Issn: 2302-4666)

Susanto Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Suyadi, Maulidya Ulfa. (2015). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Vinayastri Amelia, Dkk. (2019). Analisis Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Pemberian Reward Terhadap perkembangan Anak Usia Dini. Jpp Paud Fkip Untirta, Volume 6 Nomor 1 Mei 2019. P-Issn: 2355-830xe-Issn: 2614-1604

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Hesti Mayasari, Larasati Larasati, & Najwa Lubis. (2024). Penggunaan Reward untuk Meningkatkan Pembiasaan Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), 34–46. https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1825

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.