Pembiasaan Nilai Keislaman dalam Kegiatan Pembiasaan di TKIT Baitul Izzah Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v6i3.2829Keywords:
Holistic Morals-Based Curriculum, Integrated Islamic Education, Mosque Prosperity, Noble Character Generation, PAUD IT Baitul IzzahAbstract
Integrated Islamic Early Childhood Education (PAUD IT) Baitul Izzah Bengkulu is an Islamic-based educational institution that integrates a holistic curriculum grounded in Islamic morals with the national curriculum to shape superior, creative, independent, and noble-charactered generations from an early age. Located within the Great Mosque Baitul Izzah complex in Bengkulu City, the institution aims to prosper the mosque as a center for religious learning, introduce children to the mosque environment, and provide high-quality Islamic education amid the growing public demand for Islamic schools. This institution emphasizes the development of religious character, social skills, and cognitive abilities in a balanced manner. Through five core missions fostering love for Allah SWT and Prophet Muhammad SAW in daily learning activities, educating children intelligently and creatively, facilitating children’s potential and talent development, implementing enjoyable and child-centered learning methods, and continuously enhancing the quality of human resources PAUD IT Baitul Izzah actively supports early character building that is consistently aligned with Islamic values and educational goals.
References
Alifah, L., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Implementasi metode pembiasaan berkata tolong, maaf, dan terima kasih untuk pembentukan karakter pada anak usia 5–6 tahun di TK Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 4(3), 390–403.
Buahana, B. N. (2023). Menanamkan nilai agama dan moral melalui pembiasaan kegiatan salat dhuha di TK Melati Aikmel, NTB. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.657
Cusmawati, E., Ihlas, I., Anhar, A. S., & Salam, A. (2025). Pengembangan karakter Islami anak usia dini melalui pembiasaan budaya sekolah di TK IT Al Hilmi Dompu. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(2), 11–24. https://doi.org/10.61227/arji.v7i2.314
Dhaifi, I., & Mudrika, M. (2021). Penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di RA Al-Maa’un Kecicang Islam Karangasem Bali. Atthufulah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v1i2.1368
Fajriati, R., & Prastiani, Y. (2022). Implementasi nilai-nilai karakter anak usia dini melalui keteladanan dan pembiasaan. Al Abyadh, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.466
Hasibuan, R. A. (2025). Implementasi pendidikan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan harian pada anak usia dini di Yayasan Taman Pendidikan TPQ/RA Wahyu. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 42–53. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i4.1287
Ikhwanuddin, M. (2023). Penanaman nilai-nilai multikultural: Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mentradisikan literasi baca tulis bagi siswa di SD Negeri 16 Bumi Ayu Kota Bengkulu (Skripsi). UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Ilmi, I., Kurniasih, I., & Abidin, J. (2021). Penanaman sikap toleransi pada anak usia dini melalui pola pembiasaan (studi kasus di TK Meraih Bintang Pangandaran, Jawa Barat). Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 1(2), 158–167. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i1.26
Nursah, N., Ihlas, I., Lukman, L., & Retnoningsih, R. (2024). Implementasi nilai agama dalam penanaman nilai moral melalui metode pembiasaan di TK Pembina Lambu. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 43–56. https://doi.org/10.52266/pelangi.v6i1.2651
Paradila, A. U. M. I. (2024). Upaya menanamkan nilai agama dan moral anak melalui pembiasaan salat dhuha. I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(1), 42–50.
Paujiah, P., Fitrianor, F., Hamdani, R., Mutmainah, A. S., Subandi, S. A., & Ramli, A. (2022). Pembiasaan salat dhuha sebagai implementasi visi sikap religius anak di taman kanak-kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2), 183–193. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122
Pulungan, N. H., & Hayati, N. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan anak usia dini perspektif hadis. Jurnal TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 4(2), 528–538. https://doi.org/10.56874/tila.v4i2.2011
Qurrotul’Ayni, G. (n.d.). Manajemen pengasuhan berbasis pembiasaan untuk membangun kemandirian anak usia dini di TPA IT Ummat Mandiri Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 8(3).
Ripisantri, R. (n.d.). Implementasi nilai-nilai akhlak pada anak usia dini di PAUD Nurul Iman Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu (Skripsi). IAIN Bengkulu.
Syaikhon, M., & Saleh, N. R. (2023). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui metode pembiasaan pada anak usia dini di RA Taam Adinda Kepatihan Menganti Gresik. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 13(1), 26–33. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.797
Wahendra, W., & Parmadi, B. (2022). Fenomena internalisasi nilai karakter religius dan nasionalis melalui metode pembiasaan keteladanan berbasis budaya sekolah oleh guru di SDN 17 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i2.23326
Wardani, R. A. D., Hermanto, B., & Rusdiani, N. I. (2025). Penerapan nilai agama dan moral pada anak usia 4–5 tahun melalui metode pembiasaan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(12), 13164–13169. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i12.9157
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





