Internalisasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Polisi Taruna (POLTAR)

Authors

  • Eneng Martini Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pengetahuan Pasundan
  • Aji Noor Nugraha Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pengetahuan Pasundan
  • Poppy Aprilio Beladona Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pengetahuan Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.38

Keywords:

Karakter, Disiplin, Ekstrakulikuler Polisi Taruna.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, serta memahami penerapan karakter disiplin bagi peserta didik melalui peran dari ekstrakurikuler polisi taruna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Taruna Nusantara Jaya desa Cisomang, Data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) kondisi kedisiplinan peserta didik mengalami perkembangan yang lebih baik, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang melakukan tindak indisipliner (ringan) diantaranya indisiplner dalam waktu masuk sekolah, rambut panjang, tidak membawa atribut, dan tidak membawa helm saat berkendara. 2) pandangan peserta didik mengenai ekstrakurikuler polisi taruna bahwasannya adalah ekstrakurikuler yang baik terutama dalam hal penekanan kedisiplinan diantaranya kedisiplinan waktu dan tanggung jawab. 3) Peran ekskul POLTAR terhadap kedisiplinan peserta didik yaitu dengan melakukan kegiatan pelaksanaan kedisiplinan diantaranya mengawasi, mencatat, memperingatkan, memberi pengarahan dan menindak sesuai intruksi dari pembina dan kesiswaan.

References

Anzalena, R., Yusuf, S., & Lukman, L. (2019). Faktor Penyebab Indisipliner Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 12(2), 123–132. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.123- 132

Bagus Mahadi, I. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Islam Al-Azhar Kediri).

Bali, M. M. E. I., & Naim, A. (2020). Tipologi Interaksi Sosial dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 47–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/e dureligia.v4i1.1157

Belladonna, A. P. (2018). Strengthening Citizenship Education as Legal Education in Higher Education. Ournal of National Awareness Civil Society, 4(2), 104–122.

Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). PENGUATAN PENGETAHUAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC KNOWLEDGE) DALAM MENINGKATKAN KESADARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3, 196–210.

Belladonna, A. P., & Firdianty, I. D. R. (2020). Peningkatan nasionalisme mahasiswa melalui resimen mahasiswa. Jurnal Pendidikan Hukum, 1(1), 95–108.

Belladonna, A. P., & Rohmat, E. (2018). Studies on Indigenous Ceremony Values in Strengthening the Character of the Nation. Education and Humanities Research, 251(Acec), 433–440. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.99

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6 912

Handriyani, R., & Somantri, M. (2019). Pembinaan Disiplin Siswa. Manajer Pendidikan, 13, 342–350. https://doi.org/10.31227/osf.io/qc3a4

Hermawan, D. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja ( STUDI SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i1.136

Hidayah, N. (2015). Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Islam. In Al-Izzah.

Hidayatullah, R., T. Pido, S. A., & Yasin, Z. (2020). Efektivitas Manajemen Boarding School Dalam Peningkatan disiplin Taruna Berbasis Semi Militer SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 178–187.

https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1740 Hinggiranja, H. H., Sumantri, E., & Sundawa,

D. (2017). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah ( Polisi Taruna ) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Anggota Polisi Taruna ( Studi Deskriptif Analitis Ekstrakurikuler Polisi Taruna di SMKN 12 Bandung ) Mahasiswa Departemen Pendidikan K. 1–21.

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, VII, 71–102. https://www.google.com/amp/s/m.liputan 6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran- bocah-sd-

Idrus, M. (2020). Upaya Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Program Tayangan Indonesia Lawyers Club.

Janah, R. (2018). Model Internalisasi Karakter Disiplin Peserta Didik (Studi Multisitus Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Dan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 04 – Kota Batu Jawa Timur) Roikhatul. As-Sibyan, 1(1), 31–48.

Kuntari, Y. (2017). Pengaruh Teman Sebaya Dan Peran Guru Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Di Dalam Kelas Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 10 Semarang 2016/2017 Skr (Vol. 396, Issue 2).

Lestari, B., & Susilowati, I. E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Internalisasi Karakter Disiplin. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2), 129–140. https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35148

Lestari, R. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887 Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru

Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 109–123. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitaif Konsep dan Prosedurnya (Vol. 11, Issue 1).

Rosesti, W. (2014). Pembinaan Disiplin Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP, 2, 772–780.

Saputra, R. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Satuan Polisi Taruna Terhadap Pembentukan Karakter Islami di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan.

Saul, & Arifin, Z. (2019). Kepatuhan Peserta Didik dalam Melaksanakan Tata Tertib di SMA Negeri 1 Makasar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 6(2), 90–95. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/vie w/2376

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In M. A. Dr.Anwar Muhajidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Pertama, Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/ 1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Utari, N. D., & Ulfah, M. (2017). Analisis Faktor Penyebab KetidakdisipliNn Siswa di SMA Santun UNTAN Pontianak. 1–10.

Wafi, A. (2017). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik di madrasah aliyah manaratul islam cilandak jakarta selatan.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2),286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Eneng Martini, Aji Noor Nugraha, & Poppy Aprilio Beladona. (2022). Internalisasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Polisi Taruna (POLTAR). Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(4), 80–95. https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.38