Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Rumah Makan Purnama Raya H. Salsabila Lebak Bandung Jelutung
DOI:
https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i1.690Keywords:
Strategy, Business Development, Purnama Raya H. Salsabila RestaurantAbstract
The purpose of this study was conducted to examine three issues, namely: (1) Business development strategy for Purnama Raya H. Salsabila Restaurant Lebak Bandung Jelutung,(2) Obstacles faced by Purnama Raya H. Salsabila Lebak Restaurant Bandung Jelutung, (3) Islamic economic view towards the business development strategy of Purnama Raya H. Salsabila Restaurant, Lebak Bandung Jelutung. To reveal these three issues in depth and comprehensively, the authors used a field research method with a qualitative approach with primary and secondary data sources by interviewing 10 people, namely the restaurant and consumers. From the results of this study it can be concluded that: Padang Surya Restaurant in the city of Mukomuko has implemented a business development strategy, namely the strategy includes: product strategy, price strategy and sales strategy. Islamic Economic Review of the business of Purnama Raya H. Salsabila Restaurant, Lebak Bandung Jelutung, is appropriate with Islamic principles.
References
A. Al – Qur’an
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Jakarta: Pt Hidakarya Agung, 2003)
B. Buku
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ayu, Kartika. 2018. Jadi Kaya Hanya Dengan Modal 5 Juta. Yogyakarta:Genesis. Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Kanisius
Burhan, Bungin. 2005. Rancangan Metodologis: Analisis Data Penetlitian Kualitatif dalam Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Eko, dkk. 2021. Manajemen Stratergi Kontemporer. Jakarta : Yayasan Kita Menulis. Fauzia, Ika Yunia. 2013. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta:Kencana.
Frinces, Z. Hefflin.2011. Persaingan Dan Daya Saing Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi.
Jogjakarta: Mida Pustaka
Haryadi, Teddy. 2020. Menjadi Jutawan Dari Bisnis Makanan Dan Minuman. Jakarta : Hikam Pustaka.
Nasrun, M. Ali. 2020. Kekuatan Dasar Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. ISBN: 978-602-53460-5-7.
Nisa, Siti Maemanatun & Muhammad Alif. 2020. Pengembangan Ekonomi Syariah Melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Desa Tanjung Anom Kecamatan Mauk. Jakarta:3M Media Karya Serang.
Purwadinata, Subhan & Ridolof Wenan Batilmurik. 2020. Pengantar Ilmu Ekonomi (Kajian Teoritis Dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian. Malang:Literasi Nusantara.
Putong, Iskandar. 2010. Economics : Pengantar Mikro dan Makro Edisi 4. Jakarta:Mitra Wacana Media.
Qordhowi,Yusuf. 2001. Peran Nilai Dan Moral Dalam Perekonomian Islam, Jakarta: Robbani Pers
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Riel, Al & Jack Trout. 2004. Positioning:The Battle For Your Mind. Jakarta:Salemba Empat. Sami’ Al-Mishri, Abdul.2006. Pilar-Pilar Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sule, Ernie Tisnawati dan Kurniawan saefullah. 2013. Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia,Yogyakarta: C.V Andi Offset Umar, Husein. 2005. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Wijoyo, Hadion dkk. 2021. Pengantar Bisnis. Sumbar:Insan Cendekia Mandiri.
C. Skripsi Dan Jurnal
Hafis, Abdul Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Prospek Pengembangan Usaha Kerupuk dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, (Jurnal, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Mataram, Mataram, 2017)
Irvan, “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Perspektif Ekonomi Islam (Studi atas Pengembangan Usaha Warung Bu’de di Dasan Agung Baru Kota Mataram)”, (Jurnal, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Mataram, Mataram, 2018).
Karo, Pelliyezer Karo & Samuel Hamonangan. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Restoran Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Pagar Alam. Jurnal Sains Sosio Humaniora. Vol.5 No.1 ISSN:2580-1244/25802305
Malinda, Helen “Analisis Strategi Pengemabangan Bisnis UKM guna Meningkatkan Pendapatam Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan)”, (Jurnal, Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Raden Intan Lampung, Lampung, 2017).
Rohman, Lulu Lutfia & Roos Kities Andadari. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Rumah Tangga & Stratergi Bertahan. E-Jounal Penelitian & Pengembangan Sains & HUmaniora Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. Vol.5 hlm.82-90
Seruni, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Kue Kering Nutsafir Gomong Kota Mataram”, (Jurnal¸ Jurusan Ekonomi Syariah, UIN Mataram, Mataram, 2019)
Novia Sridewi, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Rumah Makan Sukma Rasa Labuapi Kabupaten Lombok Barat”, (Jurnal, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram 2020)