Pentingnya Kepemimpinan dalam Kesuksesan Bisnis Kewirausahaan

Authors

  • Hepni Putri Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Presi Nila Sari Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Yosia Belo Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1802

Keywords:

Leadership, Entrepreneurship, Innovation, Team

Abstract

Leadership plays a very important role in determining the success of an entrepreneurial business. Not only focusing on making the right decisions, a leader is also required to create an environment that supports innovation, build a solid team, and be able to manage the uncertainty that arises in the dynamics of the business world. An effective leader can provide a clear vision, inspire the team, and develop a positive and productive company culture. The ability to adapt to market and technological changes and make wise decisions are also key factors in achieving long-term goals. Therefore, strong leadership can optimize team potential, increase motivation, and ensure the continuity and growth of a sustainable business.

References

Apriyanti, M. E. (2020). Pentingnya manajemen diri dalam berwirausaha. Usaha, 1(1).

Dunan, H., Rahmawati, D., & Redaputri, A. P. (2020). Pengaruh budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT Angkasa Pura I (Persero). Perilaku dan Strategi Bisnis, 8(2).

Kusni, M. (2020). Jiwa entrepreneurship pemimpin dalam penatalayanan gereja. Jurnal Teologi Kependetaan, 10(2).

Mahfud, T. (2012). Praksis pembelajaran kewirausahaan pada unit produksi jasa boga. Pendidikan Vokasi, 2(1).

Mufarrohah, K. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, disiplin kerja, terhadap komitmen organisasi dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2).

Purnamasari, I. (2021). Budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Manajemen dan Bisnis, 7(1).

Rahmawati, N. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan dan perilaku pembisnis atau wirausaha muslim dalam menjalankan asas transaksi syariah. Research in Accounting Journal, 2(2).

Rai, I. B. (2022). Kepemimpinan wirausaha sinkretisme kepemimpinan Pancasila dan kepemimpinan Barat. Pendidikan dan Konseling, 4(5).

Riyadi, I. (2015). Integrasi nilai-nilai kecerdasan emosional dalam kurikulum pendidikan agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 12(1).

Sabdono, E. (2015). Biblical entrepreneurship (5th ed.). Jakarta: Rehebot Literatur.

Sholikhah, L. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran berbasis media sosial lini bisnis Ternak Mart pada startup Ternaknesia di masa pandemi COVID-19. Commercium, 4, 132–145. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41803/35965

Sri, N. (2023). Kewirausahaan (1st ed.). Kupang, NTT: Insight Mediatama.

Sudrajat, A. (2008). Teori-teori motivasi. Tersedia juga dalam http://akhmadsudrajat.

Yunita, L. A. (2023). Peran pembina remaja dalam pembentukan karakter remaja di HKBP Immanuel Kandang Roda. Universitas Kristen Indonesia.

Zahra, A. A., & Husna, A. N. (2019). Dinamika pengambilan keputusan dan perkembangan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1).

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Hepni Putri, Presi Nila Sari, & Yosia Belo. (2024). Pentingnya Kepemimpinan dalam Kesuksesan Bisnis Kewirausahaan. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 99–113. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1802

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.