Pentingnya Kepemimpinan dalam Kesuksesan Bisnis Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1802Keywords:
Leadership, Entrepreneurship, Innovation, TeamAbstract
Leadership plays a very important role in determining the success of an entrepreneurial business. Not only focusing on making the right decisions, a leader is also required to create an environment that supports innovation, build a solid team, and be able to manage the uncertainty that arises in the dynamics of the business world. An effective leader can provide a clear vision, inspire the team, and develop a positive and productive company culture. The ability to adapt to market and technological changes and make wise decisions are also key factors in achieving long-term goals. Therefore, strong leadership can optimize team potential, increase motivation, and ensure the continuity and growth of a sustainable business.
References
Apriyanti, M. E. (2020). Pentingnya manajemen diri dalam berwirausaha. Usaha, 1(1).
Dunan, H., Rahmawati, D., & Redaputri, A. P. (2020). Pengaruh budaya organisasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT Angkasa Pura I (Persero). Perilaku dan Strategi Bisnis, 8(2).
Kusni, M. (2020). Jiwa entrepreneurship pemimpin dalam penatalayanan gereja. Jurnal Teologi Kependetaan, 10(2).
Mahfud, T. (2012). Praksis pembelajaran kewirausahaan pada unit produksi jasa boga. Pendidikan Vokasi, 2(1).
Mufarrohah, K. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi, disiplin kerja, terhadap komitmen organisasi dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2).
Purnamasari, I. (2021). Budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel mediasi. Manajemen dan Bisnis, 7(1).
Rahmawati, N. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan dan perilaku pembisnis atau wirausaha muslim dalam menjalankan asas transaksi syariah. Research in Accounting Journal, 2(2).
Rai, I. B. (2022). Kepemimpinan wirausaha sinkretisme kepemimpinan Pancasila dan kepemimpinan Barat. Pendidikan dan Konseling, 4(5).
Riyadi, I. (2015). Integrasi nilai-nilai kecerdasan emosional dalam kurikulum pendidikan agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 12(1).
Sabdono, E. (2015). Biblical entrepreneurship (5th ed.). Jakarta: Rehebot Literatur.
Sholikhah, L. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran berbasis media sosial lini bisnis Ternak Mart pada startup Ternaknesia di masa pandemi COVID-19. Commercium, 4, 132–145. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/41803/35965
Sri, N. (2023). Kewirausahaan (1st ed.). Kupang, NTT: Insight Mediatama.
Sudrajat, A. (2008). Teori-teori motivasi. Tersedia juga dalam http://akhmadsudrajat.
Yunita, L. A. (2023). Peran pembina remaja dalam pembentukan karakter remaja di HKBP Immanuel Kandang Roda. Universitas Kristen Indonesia.
Zahra, A. A., & Husna, A. N. (2019). Dinamika pengambilan keputusan dan perkembangan jiwa wirausaha pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutiara : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.