Integrasi Nilai Qur’ani dan Hadits dalam Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo

Authors

  • Fina Magfirah Zaini Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1915

Keywords:

Integration, Qur’anic Values, Hadith, Leadership

Abstract

This study aims to examine the integration of Qur’anic and Hadith values in the leadership of the headmaster at Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. In the context of Islamic education, leadership based on Qur’anic and Hadith values is crucial for shaping character and improving the quality of education. The research method used in this study is a qualitative approach with techniques such as interviews, observations, and documentation to collect data. The findings show that the headmaster applies Qur’anic and Hadith values in various aspects of leadership, such as decision-making, teacher and student development, and management of madrasah activities. Values such as justice, trustworthiness, wisdom, and compassion, which are found in the Qur'an and Hadith, serve as the main guidelines in carrying out leadership at the madrasah. Moreover, the implementation of these values also positively impacts the motivation and academic achievements of students, as well as strengthens ukhuwah islamiyah (Islamic brotherhood) among the madrasah community. This study concludes that the integration of Qur’anic and Hadith values in the leadership of the headmaster significantly improves the quality of education at Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo.

References

Agustini, A., & Sofa, A. R. (2024). Analisis perspektif Ismail Raji Al-Faruqi dan Seyyed Hossein Nasr tentang Islam dan sains. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 363–370.

Efriani, E., Ahyani, N., & Fattah, A. H. (2021). Implementasi manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pamator Journal, 14(2), 117–121. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11533

Fahmi, M. (2022). Kepemimpinan transformasional di madrasah berbasis Al-Qur’an. Institut PTIQ Jakarta.

Fauzi, A. (2023). Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan sumber daya pendidik: Studi kasus pada Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Teluk Tiram Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(1), 6–12.

Habibah, W., Sofa, A. R., Aziz, A., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2025). Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan untuk membangun tanggung jawab konservasi alam di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Islam Pakuniran. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 36–52.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode penelitian kualitatif panduan praktis untuk penelitian administrasi pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Harryansyah, S. U. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan Shalahuddin Al-Ayyubi dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. UIN Raden Intan Lampung.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Strategi, implementasi, dan peran pengasuh dalam pengembangan pendidikan agama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 152–172.

Ikhtya, F. H. (2024). Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan budaya Islami di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 OKU Timur. UIN Raden Intan Lampung.

Mubaror, N. K., & Astutik, A. P. (2024). Peran pengasuh pesantren dalam membentuk karakter profesional berlandaskan nilai-nilai religius. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 7(2), 314–333.

Mulyadi, D., & Firdaus, M. Y. (2023). Revitalisasi kriteria pemimpin Qur’ani bagi bangsa Indonesia (Studi penafsiran pada ayat kisah Nabi Sulaiman AS). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 3(3), 319–331.

Mundir, G., Lc, A., & Nafi’ah, S. A. (2022). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Iman Bulus Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. As-Sibyan, 5(1), 40–55.

Mustaqim, M. A., Safroni, A., Fatimah, S., & Ali, M. M. (2024). Konsep kepemimpinan dalam pendidikan Islam: Implementasi dan relevansinya. Al-Munadzomah, 4(1), 8–15.

Nurhaedah, A., & Kadir, S. (2024). Motivasi kepala sekolah dalam menciptakan iklim kerja di Madrasah Aliyah DDI Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL), 4(01), 1–15.

Nurjamil, E., & Supriyoso, P. (2024). Meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIS Abdurrahman Kota Bandung. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 493–511.

Nurjannah, N., & Isra, I. H. (2024). Analisis gaya kepemimpinan Islami kepala sekolah pada Sekolah Satit Phatnawitya School Yala Thailand. Berajah Journal, 4(1), 73–82.

Prayanti, I., Maulida, H., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi pendidikan karakter untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa di sekolah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(9), 61–70.

Roja, A., & Salim, H. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan mutu peserta didik: Analisis model dan strategi pencapaian. Hikmah, 20(2), 261–271.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.

Sari, M. (2023). Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter dan etika siswa di tingkat sekolah dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.

Setyaningsih, R., Farwati, S., & Sujayono, A. (n.d.). Peran iklim kerja dalam pembentukan iklim madrasah Islami (Studi di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, Riau). An-Nida’, 43(2), 219–239.

Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi nilai-nilai Islami dalam praktik kepemimpinan pendidikan: Membangun lingkungan pembelajaran yang berdaya saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77.

Sholeh, M. I., Tanzeh, A., & Fuadi, I. (2023). Kepemimpinan profetik (Studi proses peningkatan lembaga pendidikan Islam di Indonesia). JMPI: Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 27–44.

Sholeha, S., & Sofa, A. R. (2025). Konsep etika keutamaan dalam tasawuf Abdul Qadir Al-Jailani dan pengaruhnya terhadap terbentuknya akhlak manusia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 176–186.

Sofa, A. R., & Sugianto, M. (n.d.). بيئة اللغة العربية جمعية العصر 5.0 من استخدام شبكات التواصل الاجتماعي للطلاب. Insya: Journal of Arabic Studies, 1(1), 25–38.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kualitatif. Rake Sarasin.

Sujarwo, A. (2024). Implementasi manajemen pendidikan Islam berbasis karakter: Strategi pembangunan karakter siswa di madrasah. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2059–2070.

Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam keberagaman: Toleransi dan kerukunan antar umat beragama berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.

Sukarsih, S., Zulkarnain, Z., Alamsyah, G., & Asha, L. (2024). Model pengembangan kepemimpinan Islami siswa di sekolah: Analisis interaksi antara kurikulum, motivasi belajar, dan kinerja guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 301–320.

Sukatin, M., Pd, I., Nur Amalia, D. N. A., & Irwan Ribowo, D. (2021). Upaya menjadikan pemimpin karismatik guna meningkatkan kepercayaan diri serta wawasan dalam pendidikan. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 155–167.

Suraji, R. (2023). Nilai-nilai religius dalam kepemimpinan dan praktik manajemen: Perspektif multibudaya. Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Logistik (JUMATI), 1(4), 620–628.

Suryani, I., & Dewi, E. (2024). Menguatkan arah pendidikan Islam era globalisasi: Menginternalisasi nilai pendidikan Islam masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 123–139.

Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan transformasional dalam pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.

Yanto, A., Yanto, M., & Kholilah Harahap, E. (2024). Strategi kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejang Lebong dalam meningkatkan jumlah siswa di era globalisasi pendidikan. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Zenaida, Y. C. (2022). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun tahun ajaran 2021/2022. IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Fina Magfirah Zaini, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Integrasi Nilai Qur’ani dan Hadits dalam Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1915