Analisis Pustaka Tentang Hubungan Metode Penilaian Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Rabbiatul Alawiyah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1934

Keywords:

Creative Assessment, Learning Interest, Islamic Cultural History

Abstract

This study discusses the relationship between creative assessment and students' interest in learning Islamic Cultural History (SKI). Creative assessments, such as projects, portfolios, and simulations, offer a more engaging approach and encourage active student engagement than conventional methods. Through literature analysis, this study examines the concept of creative assessment, indicators of learning interest, and its application in SKI learning. The results of the study show that creative assessment is able to increase students' interest in learning by creating a dynamic and relevant learning atmosphere. In the context of SKI, methods such as historical dramas and visual projects help students understand Islamic values in depth while also increasing enthusiasm for the material. The conclusion of this study reveals a positive relationship between creative assessment and students' interest in learning, which contributes to the effectiveness of SKI learning.

References

Apriani, W. (2017). Penilaian kreativitas siswa SMA menggunakan tugas portofolio online melalui jejaring Facebook pada konsep sistem gerak manusia. Jurnal Pendidikan, 68, 1–10.

Awiria, A., Prawira, A. Y., Dariyanto, D., & Pujayanah, I. S. (2022). Pelatihan mengembangkan evaluasi pembelajaran inovatif menggunakan Google Form, Kahoot, dan Quizziz di sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 112–119.

Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan inisiatif siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10.

Goli, N. H., & Achadi, M. W. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) pada kelas 10 di MA 1 Yogyakarta. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(3), 2503–3506.

Halif, M., Bahana, A., Studi, P., Al-Qur, I., & Ushuluddin, F. (2024). Relevansi tafsir kontekstual dalam menjawab masalah sosial-kemasyarakatan di abad ke-21. Jurnal Tafsir dan Studi Islam, 1(4), 135–142.

Kartikasari, M., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain media pembelajaran interaktif “Tekat Baja” untuk memperkaya kosakata bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5052–5062.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2008). Penilaian hasil belajar. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum.

Mustafa, P. S. (2021). Problematika rancangan penilaian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195.

Noviana, R. (2015). Pengaruh inteligensi, tipe kepribadian, dan iklim kreatif terhadap kreativitas. Jurnal Psikologi Kreatif, 3(2), 23–32.

Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). Menggunakan teknik gamifikasi untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa di kelas. Educare: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 1(1), 30–35.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk membantu siswa berpikir kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.

Rofi, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis YouTube pada mata kuliah SKI di PGMI UNHASY. Seminar Nasional SAINSTEKNOPAK Ke-4 LPPM UNHASY Tebuireng Jombang, 1, 33–39.

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi model dan strategi pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617.

Ruhaena, R. (2017). Perilaku digital native dalam memanfaatkan perpustakaan digital. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang, 1, 136–141.

Sakhi, R. G., & Najicha, F. U. (2023). Memperkuat integrasi nasional dengan memanfaatkan generasi muda dan teknologi pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(3), 529–537.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian hasil belajar dengan teknik nontes. Universitas Sanata Dharma.

Supriatna, N. (2019). Pengembangan kreativitas imajinatif abad ke-21 dalam pembelajaran sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73–85.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan kreativitas dan inovatif guru dalam mengajar di kelas terhadap peningkatan motivasi dan minat belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Rabbiatul Alawiyah. (2024). Analisis Pustaka Tentang Hubungan Metode Penilaian Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Sejarah Kebudayaan Islam. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 245–254. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i6.1934

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.