Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi di Jakarta

Authors

  • Rahmalika Putri Anjani Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Dewi Utari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1940

Keywords:

Consumer Behavior, Social Conformity, Jakarta Female Students

Abstract

Consumer behavior is a common phenomenon in urban communities, including among female students. This behavior is characterized by excessive purchases of goods without considering rational needs. One of the main factors influencing consumer behavior is social conformity, especially peer pressure. Female students often follow a consumer lifestyle to gain recognition from their social group. In addition, external factors such as culture, social class, family influence, and situations also play a role in shaping consumer behavior. This study aims to examine the relationship between conformity and consumer behavior in female students in Jakarta, by exploring the role of various social factors, including family influence. This study is expected to provide deeper insight into the social dynamics that influence consumer behavior and become the basis for more effective interventions in reducing consumer behavior in this age group.

 

References

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1), 34-36.

Aqila, V. (2020). Hubungan konformitas dengan perilaku konsumtif pada kelompok arisan Cafe Uma 84. [Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Medan Area].

Aryani, G. (2006). Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja di SMA Negeri I Semarang tahun ajaran 2005/2006. Universitas Negeri Semarang.

Destisya, J., Ria, S., Yoyok, H., & Yusnaini. (2019). Peran peer group dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 126-139.

Fardhani, P. R., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada remaja (Studi pada siswa kelas XI SMA Trimurti Surabaya). Character, 1(2), Surabaya: Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya.

Fitriyani, N., Presetyo, B. W., & Nailul, F. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Pendidikan Undip, 12(1), 55-68.

Hijrianti, U. R., & Andi, M. F. (2020). Peran konformitas sebagai mediator hubungan harga diri dan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Mediapsi, 6(1).

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 73-75.

Kusnandar, B. V. (2022). 10 wilayah konsumen terbesar di RI, Jakarta Timur juara. Databoks.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., & Harlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET), 2(2), 1-6.

Malau, R. S. S. (2021). Perilaku konsumtif penggemar NCT. [Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia].

Mustika, M. (2017). Hubungan self-awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian korelasional bidang BK pribadi). [Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung].

Putri, A. N. (2016). Pengaruh konformitas kelompok teman sebaya, konsep diri, dan faktor demografi terhadap gaya hidup konsumtif pada remaja. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rohman, A. A., & Sri, U. M. W. (2018). Analisis perilaku konsumtif dan perilaku menabung mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 107-117.

Solichah, N. (2019). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif terhadap produk fashion pada mahasiswa. Jurnal Ekonomi, 6(2), 1-8.

Tabran, M. T., Alma, Wahyuddin, & Sirajuddin. (2023). Perilaku konsumtif perspektif ekonomi Islam di masa pandemi Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 24–32. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i2.2855

Thohiroh. (2015). Perilaku konsumtif melalui online shopping fashion pada mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta: Naskah publikasi. [Online] Dari: http://eprints.ums.ac.id/35607/1/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf

Wulandari, E. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA RIAU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Rahmalika Putri Anjani, Marsofiyati Marsofiyati, & Eka Dewi Utari. (2024). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi di Jakarta. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(1), 01–15. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1940