Peranan (Tokopedia) Sebagai Mediapromosi dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ikan Hias Air Laut di PT Indotama Putra Wahana Bekasi, Jawa Barat

Authors

  • Sumarni Sumarni Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Sulkifli Sulkifli Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Ridwan Ridwan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i4.2721

Keywords:

Buying Interest, Marine Ornamental Fish, Tokopedia

Abstract

This study aims to determine the role of Tokopedia as a promotional media in increasing consumer purchase interest of saltwater ornamental fish at PT Indotama Putra Wahana, Bekasi. The background of this study is the rapid development of information technology which also influences marketing strategies, including through e-commerce platforms such as Tokopedia. The research method used is a qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation of consumers and the company. The results of the study indicate that promotional features available on Tokopedia such as TopAds, shop vouchers, cashback, and broadcast chat play an important role in increasing product visibility and encouraging consumer purchases. In addition, product reviews and ratings from previous buyers are also determining factors in making purchasing decisions.

References

A Chinty dewi (2021). Pengaruh globalisasi terhadap perkembangan teknologi dan dunia bisnis.

Abdullah, A., Natsir, A.B.A., & Sumarni. (2022). Epic Model : Efektivitas Sistem Pemasaran Melalui Sosial Media Pada Umkm Produk Olahan Ikan. Jurnal Sains Agribisnis, 2(2), 47-56

Akmal Abdullah & dkk. 2023. “Social Media on Consumer Purchase Intention in Shopee Marketplace.” International Journal of Economics and Management Research 2(2): 01–10.

American Marketing Association. (2019). Definisi Pemasaran.

American Marketing Association. (2024). Definition of Marketing. Retrieved

Anderson, M., Laporan Tren Media Sosial, 2023

Arvanitha, Siti. "Peranan Akun Instagram Sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner di Kompleks Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar (Studi Kasus Usaha yang Terdaftar pada Go Food)." Universitas Muhammadiyah Makassar (2019).

As’ad, H. A. R., & Alhadid, A. Y. (2014). Dampak pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek: Studi empiris pada penyedia layanan seluler di Yordania. Tinjauan Penelitian Bisnis dan Ekonomi Integratif,

Bass, David. 2016. “BAB III Metode Penelitian.” (May): 1–23.

Berry, L. L. (2019). Relationship Marketing of Services—Perspectives from 1983 and 2000.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Pemasaran Digital: Strategi, Implementasi, dan Praktik (Edisi ke-7). Pearson Education.

DARMANTO, Aji. Pengaruh kualitas website dan promosi penjualan terhadap minat beli di bukalapak. com. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2021, 2.1: 20-33.

Deloitte. (2021). Tren Pemasaran Global 2021: Temukan Fokus Anda. Deloitte Insights.

DR. Sri Rochani Mulyani SE., M.SI. 2008. Metode Penelitian.

Froese, R., & Pauly, D. (2022). FishBase. Retrieved

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).

Hastuti, S. (2020). Pengawasan mutu hasil perikanan. Yogyakarta: CV. Media Ilmu.

Hendarsyah, Decky. "Pemasaran digital dalam kewirausahaan." IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 9.1 (2020): 25-43.

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Abdullah, Akmal, and M auli Kasmi. "Aplikasi Teknologi Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD); Produksi Ikan Hias Karang Lestari di Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan." Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 4 (2020): 708-714.

Indika, Deru R., and Cindy Jovita. "Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen." Jurnal Bisnis Terapan 1, no. 01 (2017): 25-32.

Jobber, D., & Ellis-Chadwick, F. (2020). Prinsip dan Praktik Pemasaran (Edisi ke-9). McGraw-Hill Education.

JULIKA, R. (2022). Analisis Promosi Melalui Food Blogger Pada Media Sosial Instagram Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kuliner Di Way Halim Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Khoironi, A., & Saskara, I. G. N. (2017). Potensi dan kebijakan pengembangan budidaya ikan hias laut dan karang hias di Indonesia. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 22(1), 45-59

Kotler, P. (2024). Marketing Management (summary). Retrieved

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-16). Pearson Education.

Kusumah, R. V., & Parsetio, A. B. (2017). Status dan potensi bisnis ikan hias Indonesia. Jurnal Ilmu Perikanan, 8(2), 101-115.

Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2019). Memahami Pengalaman Pelanggan Sepanjang Perjalanan Konsumen.

Lestiana, D. (2016). Pemanfaatan media sosial dalam strategi promosi produk UMKM di era digital. Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Bisnis, 4(1), 35-44

Maisaroh, S., & Wibisono, T. (2022). Pengaruh media sosial, kepercayaan, dan persepsi manfaat terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 16–29.

McKinsey & Company. (2023). Laporan Next in Personalization 2023.

Pantjolo et al. (2022), yang menyatakan bahwa penawaran cashback secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian.

Pranata, R. (2022). Tren Ikan Hias di Era Digital. Jakarta: Nusantara Media

Retnasary, M., & Fitriawati, D. (2018). Peran Instagram Sebagai Media Promosi. Syntax Literate, 3(4), 61-67.

Rifaldi, W. (2020). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media promosi pemasaran makanan di banjarbaru (studi pada akun instagram@ burgerberkahbersama) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Riski Amaliah Fitri, (2018). Pengaruh Akun Instagram Kuliner Lampung Sebagai Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner di Bandar Lampung. Lampung.

Saputra, H., Wijaya, A. T., & Rahayu, D. (2021). Peran Marketplace sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Era Digital.

Smith, J. & Lee, K., Jurnal Komunikasi Digital, 2023

Solomon, M. R. (2020). Perilaku Konsumen: Membeli, Memiliki, dan Menjadi (Edisi ke-13).

Sulastri. (2020). Budidaya Ikan Hias Air Tawar. Jakarta

Tokopedia. (n.d.). Didirikan oleh William Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009; resmi diluncurkan 17 Agustus 200

Tokopedia. (n.d.). Wikipedia English. Marketplace C2C & B2C terbesar di Indonesia

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2021). Pemasaran Media Sosial (Edisi ke-4). Sage Publications.

Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi instagram sebagai sarana promosi bisnis online: Sebuah studi pada akun warung mamak. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Sumarni, S., Sulkifli , S., & Ridwan, R. (2025). Peranan (Tokopedia) Sebagai Mediapromosi dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Ikan Hias Air Laut di PT Indotama Putra Wahana Bekasi, Jawa Barat. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 3(4), 344–359. https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i4.2721

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.