Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i3.1461Keywords:
development, portfolio assessmentAbstract
Assessment is very necessary in evaluating student performance. Portfolio assessment is useful for measuring students' ability to formulate and reflect on an assignment by collecting material related to predetermined goals and desires. This research aims to identify, explain and summarize. Forms of developing portfolio assessment instruments in Indonesian language learning. The research method used is the literature review research method. The research results show that in portfolio assessment, the implications of portfolio assessment that refer to criteria can influence students, teachers and parents.
References
Alwi, T. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio Elektronik (APE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Arifin, Zainal.2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, A., Sabdaningtyas, L., & Surbakti, A. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Pada Pembelajaran Terpdu Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Karang Pusat. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(16).
Hartati, Y. S. (2023). PEMBUATAN PORTOFOLIO DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ASPEK MENULIS DI SMA PERTIWI 1 PADANG. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15-27.
Hidayati, N. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3).
Ichwan, M. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Bahasaindonesia pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP Kelas Viisemester Ganjil (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Indriani, N., Putri, R., Zulkarnai, F., & Syafruddin, S. (2024). PENGEMBANGAN PORTOFOLIO BERBASIS KRITERIA UNTUK MENGEVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4190-4204.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Lutfi, M., & Sukenti, D. (2024). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio untuk Menulis Teks Eksplanasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMAN 1 Pekanbaru. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 3(1), 185-190.
Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 4(1), 33-46.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mujadilah, S., Rahmawati, S., & Makruf, I. (2024). Pengembangan Penilaian Keterampilan Produk dan Portofolio Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas XI SMA Al Wafi IBS Bogor. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(1), 22-38.
Popham, W. J. (2009). Instruction that up measures up. Virginia: ASCD.
Riduwan. 2009. Skala Pengukur Variabel-Variabel Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Risca, Y., Sunyono, S., & Munaris, M. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio untuk Mengukur Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 4(3), 4713-4720.
Saifudin, M. F. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Portofolio: Alternatif Bahan Ajar Mata Kuliah Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 7(2), 121-131.
Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 20, No 2, Desember 2016 (166-178). ISSN 1410-4725 (Print) 2338-6061 (Online).
Suprapti, S. PENGEMBANGAN STRATEGI PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TUNJUNGAN BLORA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2), 130-137.
Surapranata, Sumarna, dan M. Hatta. 2004. Penialain Portofolio implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syahrani, B., & Sukenti, D. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Menulis Teks Eksplanasi. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 79-90.
Yumithasari, R. (2022). Pengembangan instrumen asesmen portofolio untuk mengukur kemampuan berbahasa indonesia tulis peserta didik kelas IV sekolah dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Perspektif : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.