Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 101788 Marindal I T.A. 2024/2025

Authors

  • Ester Linawati Manurung Universitas Negeri Medan
  • Dody F. Pandimun Ambarita Universitas Negeri Medan
  • Robenhart Tamba Universitas Negeri Medan
  • Faisal Faisal Universitas Negeri Medan
  • Husna P. Tambunan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i3.2642

Keywords:

Learning-Media, Lectora-Inspire, Student-Learning-Outcomes, Mathematics, Elementary-School

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of Lectora Inspire-based learning media on student learning outcomes in Mathematics for 2nd grade students at SD Negeri 101788 Marindal I during the 2024/2025 academic year. This research adopts an experimental study with the True Experimental Design using a Pretest-Posttest Control Group Design. The population consists of all 2nd grade students at SD Negeri 101788 Marindal I, while the sample consisted of Class II A as the experimental group and Class II B as the control group. The research instruments were tested through validity testing, reliability testing, item discrimination analysis, and item difficulty analysis. Data analysis techniques used in this research is the normality test, homogeneity test, and hypothesis testing. The results of the hypothesis test on the pretest and posttest of the experimental class showed that tcount > ttable  is 41,223 > 1,713. While the results of the hypothesis test on the pretest and posttest in the control class showed that tcount >  ttable is 12,901 > 1,724. These results indicate that Ha is accepted, meaning there is a significant effect of Lectora Inspire-based learning media on student learning outcomes Mathematics for 2nd grade at SD Negeri 101788 Marindal I during the 2024/2025 academic year.

References

Abdurahman, K., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal X, 2(1), 46–55.

Agistiningsih, R., Astuti, E., & Styaningrum, F. (2023). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap hasil belajar dengan minat belajar dan motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal X, 8(1), 61–77.

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic literature review: Model problem based learning pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal X, 8(2), 404–417.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk penelitian dan skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Danuari, & Maisaroh, S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Dewi, L., Susilawati, & Kurniawan, W. (2020). Pengaruh media Lectora Inspire terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi difraksi dan interferensi gelombang mekanik kelas XI SMA. Jurnal X, 1(1), 20–26.

Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Press.

Dimyati, & Mudjiono. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djauhari, A. Y. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis Lectora terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo [Skripsi, IAIN Ponorogo].

Fanani, A. A., Mashuri, I., & Wajdi, M. B. N. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X TKJ di SMK 17 Agustus 1945 Genteng. Jurnal X, 1(1), 12–21.

Fathoni, A. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar interaksi manusia dan komputer di Universitas Hamzanwadi. Jurnal X, 1(1), 29–34.

Firmansyah, G. M. R. (2019). Efektivitas media pembelajaran Lectora Inspire dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Pedagogia, 1(17), 80–92.

Gaol, Y. M. L., & Darmana, A. (2022). Pengaruh multimedia Lectora Inspire pada pembelajaran model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar termokimia. Jurnal Sains Riset, 12(1), 38–43.

Hamdani, & Sa’adiyah, H. (2025). Konsep dasar penyusunan hipotesis dan kajian teori dalam penelitian. Jurnal X, 2(2), 64–73.

Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal X, 3(4), 1594–1601.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Komariah, S., Chalid, S., & Bahri, H. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar pengetahuan bahan tekstil siswa kelas X tata busana SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Jurnal X, 2(1), 13–17.

Mas’ud, M. (2020). Membuat multimedia pembelajaran dengan Lectora Inspire. Bantul: Pustaka Shonif.

Ngubaidillah, A., & Kartadie, R. (2018). Pengaruh media visual menggunakan aplikasi Lectora Inspire terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal X, 2(35), 95–102.

Niara, K., & Hotimah, L. H. (2024). Metode eksperimen dalam penelitian pendidikan sejarah. Jurnal X, 6(1), 57–84.

Nursidik, H., Resti, I., & Suri, A. (2018). Media pembelajaran interaktif berbantu software Lectora Inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237–244. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal X, 2(1), 146–167.

Putri, A. S., & Jumadi. (2021). Media IPA interaktif berbasis Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan analisis. Jurnal X, 2(2), 93–102.

Retnani, O. A., & Zuldi, U. (2019). Pengaruh media berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung. Jurnal X, 7(1), 2591–2600.

Rosi, N. V. A., Sholih, & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas pengembangan media interaktif program Lectora Inspire berbasis Android pada materi pemanasan global di SMA Negeri 1 Wanasalam. Jurnal X, 1(9), 1608–1619.

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2019). Ragam media pembelajaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, D. P. (2020). Pengaruh media pembelajaran menggunakan aplikasi Zenius terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 16 Kota Bekasi [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta].

Sari, N. S. A., Hamengkubuwono, & Pratama, M. I. L. (2021). Pengaruh penggunaan media interaktif Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal X, 6(4), 594–602.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media pembelajaran interaktif Lectora Inspire sebagai inovasi pembelajaran. Jurnal X, 20(1), 9–16.

Shoffan, S., Subroto, D. E., Nasution, F. S., dkk. (2023). Media pembelajaran. Pasaman Barat: Afasa Pustaka.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2018). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Supawidhiasih, N. P., Suharta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2025). Pengembangan e-modul berorientasi Undagi Bali untuk meningkatkan pemahaman konsep pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP. Jurnal X, 14(1), 1–11.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan pembelajaran. Lombok: Holistica.

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin. (2019). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal X, 3(2), 372–380.

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, H. B. (2017). Model pembelajaran: Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiastuti, A., Muhammad, D., & Wangid, N. (2015). Pengembangan multimedia Lectora pada pembelajaran tematik-integratif berbasis character building bagi siswa kelas IV SD. Jurnal X, 5(2), 229–247.

Wigati, P., dkk. (2023). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar matematika (pendekatan meta-analisis). Jurnal X, 10(2), 106–119.

Wijaya, A. H., Slamet, L., & Said, D. L. (2014). Pengaruh aplikasi Lectora Inspire berbasis ICT sebagai media pembelajaran interaktif pada mata diklat SOD terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan teknik komputer jaringan SMKN 1 Tanjuang Baru. Jurnal X, 2(2), 7–12.

Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pengelolaan LKP pada masa pandemik Covid-19. Jurnal X, 4(1), 15–22.

Zuhriya, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Lectora Inspire untuk melatihkan kemandirian belajar matematika siswa

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Ester Linawati Manurung, Dody F. Pandimun Ambarita, Robenhart Tamba, Faisal Faisal, & Husna P. Tambunan. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 101788 Marindal I T.A. 2024/2025. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 3(3), 119–132. https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i3.2642

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.