Manajemen Program Pengembangan dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTS Al Azhar Guluk Manjung Kecamatan Bluto Sumenep

Authors

  • Sulaiha Sulaiha Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto
  • Hasyim Asy’ari Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto
  • Ashari Ashari Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i3.500

Keywords:

Development Program Management, Teacher Competence

Abstract

Based on the research findings, the pedagogical competence of teachers at MTs Al Azhar Guluk Manjung Bluto Sub-district Sumenep is relatively good. This is evident through pre-teaching planning, understanding students' characteristics and psychology, mastering teaching materials, utilizing Information and Communication Technology (ICT), and updating teaching materials. Teachers also participate in various specialized training related to teacher competence development, adapt their educational backgrounds to their subjects, present tutorials with student-friendly teaching methods, consult literature related to specific subjects, review test questions before administering them to students, and apply teaching methods suitable for each subject, such as lectures, question-and-answer sessions, and discussions. Regular meetings are held at the beginning of the semester, and evaluations are conducted every three to six months. The implementation of Pedagogical Competence of Teachers at MTs Al Azhar Guluk Manjung Bluto Sub-district Sumenep is at a relatively good level but requires refinement. Challenges faced in implementing pedagogical competence include limited facilities, resources, and limited operational education budget. The solutions to overcome these challenges include utilizing available facilities.

 

 

 

References

Alma, Buchari dkk. 2009. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Kompetensi Guru dan Menyenangkan dan Professional. Yogjakarta: Powerbooks.

Asmani. Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva press.

Asmara, H. U. Husna. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Auliawati, Siti. 2017. “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 12 Banda Aceh”. Skripsi, UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, Banda Aceh.

Dewi, Rista Sumaryaning. 2016. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Timatik Tema Sehat Itu Penting Kelas V di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.” Skripsi,UIN Walisongo, Semarang.

Duhou, btisam Abu. 2002. School -Based Management (Manajemen Berbasis Sekolah), Jakarta: PT. Logos WacanaIlmu.

E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru Cetakan Pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan, Ali dan Mukti Ali. 2003 Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003.

Idris Fernando. 2023. “Implementasi Kompetensi Pedagogik Dan Professionalisme Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surakarta.”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Indra, Syukri. 2016. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Farmako Medika Plus Caringin-Bogor.” Tesis, Program Pascasarjana, IAIN Surakarta, Surakarta.

Kemendiknas. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kosim, Abdul. 2016. “Kompetensi Pedagogik Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Pemalang”, Jurnal Madaniyah, Volume 2 Edisi XI Agustus, ISSN 2086-3462.

Kunandar. 2007. Guru Professional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Angga Putra. 2015. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Blitar.” Skripsi, UIN Malik Ibrahim Malang, Malang.

Kusumawardani, Dwi Arnita. 2015. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Professional Guru Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Wijayakusuma Jatilawang.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Malayu S.P. Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. Ke- 16.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan . Jakarta: Kencana.

Neni Irnawati. 2016. “Kompetensi Pedagogik Guru Di MI Muhammadiyah Beji Kedungbenteng Kabupaten Banyumas”, Skripsi, IAIN Purwokerto, Purwokerto.

Nur Soraya. 2016. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kupang Kota Bandar Lampung.” Skripsi,Uniiversitas Lampung, Lampung.

Pendis Kemenag RI.

Permadi, Dadi dan Daeng Arifin. 2013. Penduan Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Nuansa Aulia.

Rahmat, Muhtadi. 2012. “Kompetensi Pedagogik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Ma’arif Ngablak II, Srumbung, Magelang” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Rochaerty, Ety Dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sallis,Edward. 2020. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terj. Ahmad Ali Riyadi & Fahrurrozi. Jogjakarta: IRCiSoD.

Saudagar, Fahrudin dan Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryana, Asep dan Suryadi. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Dirjen

Suwarno. 2002.Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

UU RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Victy Vidaya Viqraizin, 2015. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta”, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wahab. 2011. Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi. Semarang: CV. Robar Bersama.

Watie, Lussyan. 2016. “Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak MIN 6 Lampung Selatan Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.” Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung, Lampung.

Wilson Bangun. 2012.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Yunitasari. 2016. “Studi Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penguasaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Selogiri.”. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Yunus, Abu bakar. 2009. Profesi Keguruan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

WAWANCARA

Informan 1.3, Waka Kesiswaan, MTs Al Azhar, Wawancara, 8 Juli 2023.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sulaiha Sulaiha, Hasyim Asy’ari, & Ashari Ashari. (2023). Manajemen Program Pengembangan dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTS Al Azhar Guluk Manjung Kecamatan Bluto Sumenep. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(3), 173–197. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i3.500

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.