Implementasi Teknik Arsir Dalam Mengembangkan Kreativitas Menggambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA ZU Tsaqif
Keywords:
Creativity, Shading Techniques, Early ChildhoodAbstract
This study aims to see the implementation of shading techniques in developing drawing creativity in children aged 5-6 years at RA Zu Tsaqif. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The population in this study is 15 children. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The instrument used is an observation sheet. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion. The result of this study is that the creativity of drawing AUD in RA Zu Tsaqif began to develop as expected, but not as much as possible because many children are busy with their own activities, some are lazy, and some say tired. The implementation of shading techniques in developing children's drawing creativity requires many facilities and infrastructure that must be equipped to improve the teaching and learning process.
References
Aisyah, A. (2014). Kemampuan mengarsir dalam menggambar bentuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep (Doctoral dissertation, FSD).
Asrofi, I. (2020). Implementasi teknik menggambar arsir sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa-siswi SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode pembelajaran loose part. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 61–73.
Husnu, U. (2020). Analisis kreativitas kegiatan menggambar pada anak usia dini. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 383–401.
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Lutfia, A., Karimah, P., Sinaga, D. A. A., & Arrasy, M. M. (2022, October). Kegiatan menggambar sebagai media dalam mengasah kreativitas siswa-siswi SDN 07 Kreo, Tangerang, Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo untuk meningkatkan sosial anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2a), 36–45.
Ni'mah, R., & Hidayatno, N. W. (2012). Teknik arsir dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kreativitas hasil karya menggambar bentuk di sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Nopiani, A. I. (2017, December). Peningkatan kreativitas menggambar anak usia 5-6 tahun melalui teknik arsir (Penelitian tindakan di TK Negeri Pembina Kota Serang 2016). In Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019 (pp. 1–10).
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Lubis, H. Z. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini (Teori dan praktik). Perdana Publishing.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Widyokusumo, L. (2014). Teknik arsir dan proses menggambar dengan media pena. Humaniora, 5(2), 909–918.
Winda, E., Apriana, N., & Suryani, S. (2023). Tujuan dan materi pendidikan anak usia dini dalam perspektif hadis. Manthiq, 7(2), 230–244.
Yulianti, T. R. (2014). Peranan orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 11–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.