Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Ria Rahayu UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ida Rianty UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Yennizar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.70

Abstract

Kartu kata bergambar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mendongkrak minat belajar anak usia dini, dengan kartu kata bergambar akan melahirkan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pra siklus, siklus I, siklus II, persentase prasiklus 70% BB, 30% MB, dan pada siklus I 40% BB, 20% MB, 20% BSH, 20% BSB, dan siklus II 0 % BB,  10% MB, 10% BSH, 80% BSB, hasil siklus tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pra siklus anak BB 7 orang anak pada siklus I BB menjadi 4 orang anak, artinya meningkat 50% dan pada siklus II anak BB menjadi 0 yang menunjukkan kemampuan berbahasa anak meningkat 100% pada siklus II. Kesimpulan bahwa dengan penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini

Author Biographies

Ria Rahayu, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Mahasiswa

Ida Rianty, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen

Yennizar, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Dosen

References

Ali, M., & Evi, F. R. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif, dari Teori ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada.

Ani, C. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar; Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

B, E., & Hurlock. (2014). Perkembangan Anak. Erlangga.

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Luxima.

Hasnul, F., & Ade, S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

I Made, H. (2018). Pengaruh Media Flashchard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di TK Nurus Sa’adah 03 Kecamatan Ledekombo Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 3.

Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.

Shoffan, S. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Cv. Agrapana Media.

Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

W, J., & Santrock. (2017). Perkembangan Anak. Erlangga.

Yanto, M. (2017). Bahasa Mencerdaskan Bangsa. Yayasan Batutis.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Rahayu, R., Rianty, I., & Yennizar. (2023). Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini . Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.70