Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Inovatif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sibolga

Authors

  • Ferawati Artauli Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Tetti Hasibuan SMA Negeri 3 Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.90

Keywords:

Metode, Project Based Learning, Kreatif, Inovatif.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode project based learning terhadap peningkatan kreativitas dan inovatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Sibolga pada pokok bahasan dinamika gerak. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dari hasil analalisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat kreativitas dan inovatif siswa antara kelas kntrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika memiliki kreativitas dan inovatif yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil observasi, tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui metode project based learning berada pada kategori baik dengan rata-rata skor di atas 70. Penerapan project based learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kreativitas dan inovatif siswa pokok bahasan dinamika gerak dimana ttabel < dari thitung yaitu 1,64 < 3,27.

References

Anggraini, Putri Dewi. 2020. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 9(2). 292-295.

Dahlia, L. 2017. Wawancara Dengan Guru Bidang Studi SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Lampung.

Fraenkel, Jack, R., dan Norman, e. Wallen. 2009. How To Design And Evaluate Research In Education Seventh Edition. New York. McGraw-Hill Companies.

Gunawan, G., Setiawan, A., & Widyantoro, D. H. 2014. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). Vol. 20, No. 1. Hal. 25-32.

Hamid, A. 2019. Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 1-16.

H Cecep, et al. 2021.dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Hayati, D., Zahara, R., & Nurhayati , Y. 2019. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Dengn Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran. Primaria Education Journal, 2(2), 115- 126.

Indrajati, R., dan Ngazizah, N. 2018. Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Siswa SD Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD. Vol. 8, No.2. Hal. 111-117.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:Alfabeta.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 2, No. 2. Hal. 73-79.

Tiara mustika wardani. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Materi Optika Geometris Kelas X MAN Darussalam, Skripsi. Banda Aceh: UIN-Arraniry.

Waras Kamdi, dkk. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Ferawati Artauli Hasibuan, & Tetti Hasibuan. (2023). Pengaruh Metode Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Dan Inovatif Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sibolga . Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 84–93. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.90