Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah (Di Toko Berkah Jl. Depati Parbo Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.59059/jupiekes.v1i4.418Keywords:
Pricing, Sharia Economic Perspective, Berkah ShopAbstract
Price fixing is a price fixation that has been determined by the party entitled to determine the price. In setting the price, an item must be agreed upon and generally applicable. However, there are still buying and selling that contain elements of injustice between one buyer and another. There are several things that motivate the author to conduct research on the selling price setting process at the Berkah shop because it is classified as unique, to find out whether the price setting at the Berkah shop is in accordance with the perspective of the Sharia Economy. The results of the study show that the Islamic economic review in pricing at the Berkah Shop is in accordance with Islamic law, the price set is still relatively fair. With this price setting, it can meet the needs of the community, meet the needs of households, and meet the needs of the community, especially those on Jl. Depati Parbo Jambi city in the long term. Pricing at Toko Berkah can also create a sense of mutual assistance, because pricing at Toko Berkah includes an element of mutual help.
References
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Surah An-Nisaa ayat 183
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Surah Al-Baqarah ayat 275
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Surah Asy-Syuraa ayat 183
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Surah Al-Fathir ayat 29
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, Surah Ash-Shaf ayat 10
Buku
Adiwarman Karim, Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan (Depok, PT RajaGrafindo, 2017)
Andri Sutrisno, Perspektif Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah, (Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah, Vol 13, No 1, 2021)
Dr. Didin Fatihudin, SE., M. S., Metode Penelitian (Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015) hlm 95
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi, 2015)
Harman Malau, Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global (Bandung: Alfabeta, 2017)
Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, (Jakarta: KENCANA, 2017)
Mahfud Sholihin dan Puspita Ghaniy Anggraini, Analisis Data Penelitian-Menggunakan Software STATA, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2020)
Mamik, D, Metodologi Kualitatif (Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015)
Ruslan Abdullah dan Faisha, Pengantar Islamic Ekonomic mengenal Konsep dan Praktek Ekonomi Islam (Makassar, Lampung Informasi Pendidikan, 2013)
Rozalinda, Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016)
Solimun, Armanu, A.A.R.F, Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian (Malang: UB Press, 2020)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019)
Jurnal dan Skripsi
Awaliah Agustuliani, Jamaludin Majid, Implementasi Nilai Itsar Membangun Konsep Harga Jual Pada Pasar Pannampu Makassar (Jurnal Ekonomi Peradaban, Vol. 1 No. 1 2016)
Batubara Azmiani dan Rahmat Hidayat, Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airliness, (Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 4 No. 1,2016)
Birusman Nuryadin, “Harga Dalam Perspektif Islam,” (Jurnal Pemikiran Hukum Islam, Vol 4 No 1 )
Doly Andri Fatwa Siregar, Perspektif Ekonomi Islam dakam Menganalisis Mekanisme Penetapan Harga Jual dan Jasa, (Jurnal Bonanza Fakultas Ekonomi Universitas Medan Vol 1 No 2 2021)
Fauzia Nurwahida, Strategi Penetapan Harga Jual dan Penawaran dalam Perspektif Syari’ah Toko Sinar Rahmat Kecamatan Sinjai Utara, (Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol 1 No 1 2019)
Kamariah, Ekonomi Mikro Prinsip-prinsip Penetapan Harga Menurut Ibnu Khaldun, (Jurnal Ekonomi Mikro, Vol 2 No. 1, 2022)
Mar’atun Shalihah, Nahriah Latuconsina, Khadapi Haupea, Praktek Penentuan Harga PAPALELE, Tinjauan Ekonomi Islam, (Jurnal Fikratuna, Vol 9 No 1 2018)
M. khoirul Rofiq, “ Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Taimiyah,” An-Nawa : Jurnal Hukum Islam no 1 (2018)
Sholikul Hadi, Strategi Penetapan Harga Komoditas Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis Syariah,Vol 1 No 2 2019)
Sovia Nur Aisyah, Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Prinsip-prinsip Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus di Toko Arafah Jl. Perjuangan Cirebon), (Skripsi Program Sarjana Muamalah Hukum Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2015)
Syamsul Hilal, “Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam (Telaah Pemikiran Ibn Taimiyah),” (Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah, Vol 6 No 2, 2014)
Syarial Dedi, Ekonomi dan Penguasa (Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Mekanisme Pasar), (Jurnal Of Islamic Economics Al-Falah, Vol 3 No 1 2018)
Wandy Zulkarnaen, Neneng Nurbaeti Amin, Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Rema Laundry dan Simple Fresh Laundry di Jl. Cikutra Bandung), (Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi Vol 2 No 1 2018