Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Kuliner Kecamatan Baros, Kabupaten Serang - Banten
DOI:
https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i2.1031Keywords:
Brand Image, Product Quality, Purchasing DecisionsAbstract
This research aims to analyze the influence of brand image and product quality on the purchasing decisions of culinary SMEs in the Baros District, Serang, Banten. The focus is to provide in-depth insights into key factors that can enhance the attractiveness and sustainability of culinary SMEs at the local level. The research method employed is a quantitative approach, with the population encompassing all consumers in the Baros District who have shopped at culinary SMEs. The sample consists of 60 respondents, selected using non-probability purposive sampling. Data were collected through questionnaires and analyzed using t-tests and F-tests with the assistance of SPSS software version 29.0. Based on the partial test results, both brand image (regression coefficient 0.790, t-value 9.310) and product quality (regression coefficient 0.794, t-value 9.592) significantly influence purchasing decisions (both p < 0.05). Regression analysis indicates that simultaneously, brand image and product quality also have a significant impact on purchasing decisions (F-value 51.517 > F-table 3.16, p < 0.05).
References
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan itra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176-188.
Amin, M. A., & dkk. (2020). Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonoika dan Bisnis Islam, 151-164.
Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHA Dequity jurnal Manajemen, 1(2).
Cahyani, N. M., & dkk (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen, 11(11)
Susbiyantoro dan Ofeser, Fajri. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Produk terhadap Keputusan Pembelian Online Generasi Milenial Pada Marketplace Dengan Motivasi Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. JMM Online, 5(6)
Putri, N. A., & dkk. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Dettol pada Masa Pandemi Covid-19 di Luwes Gentan, 22(1)
Wildan Aziz Rifai, W. A., & dkk (2022). Pengaruh Citra Merek, Sikap Konsumen, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dengan Harga sebagai Variabel Intervening (Pertimbangan Mahasiswa yang Berkuliah di Yogyakarta dalam Membeli iPhone). Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen., 1(4), 15-29.
Fera, & dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi di Kota Palembang. 3(1)
Wijaya, Evelyn., & dkk. (2021). Gaya Hidup, Inovasi Produk, Harga, dan Citra Merek: Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3)
Adiawaty, Susi., & dkk. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. 3(2)
Mukarromah, Ustadriatul., & dkk. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan. 2(1)
Alam, D. R., & dkk (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mahasiswa UPG Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis. 2(1)