Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Dunia Fantasi Ancol

Studi Kasus Pada Masyarakat Dki Jakarta

Authors

  • Dian Ashari Universitas Negeri Jakarta
  • Andi Muhammad Sadat Universitas Negeri Jakarta
  • Rahmi Rahmi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i3.1518

Keywords:

Tourist Attractions, Price Perception, Service Quality, Revisit Intention, Dufan Ancol

Abstract

This study aims to examine the effect of tourist attractions, price perceptions, and service quality on revisit intentions. The data collection method uses a survey with an instrument in the form of a questionnaire distributed online. The population used is visitors to Dufan Ancol with the criteria of being residents of DKI Jakarta; aged 17 years and over; and have visited Dufan Ancol twice in the past year. This study involved 220 respondents, and the data was analyzed using SPSS Version 29 to manage data and analyze the results of the study using multiple linear regression equations. The results of the study indicate that 1) tourist attractions do not have a positive and significant effect on revisit intentions, 2) price perceptions have a positive and significant effect on revisit intentions, 3) service quality has a positive and significant effect on revisit intentions, 4) tourist attractions, price perceptions, and service quality simultaneously affect revisit intentions.

 

References

Agustina, M. (2023). Pengaruh Perceived Value dan Destination Image terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Desa Wisata Nglanggeran). Universitas Negeri Jakarta.

Basuki, R., Wulandari, V. C., & Apreziyanti, D. (2023). Statistik Obyek Daya Tarik Wisata 2022 (Vol. 6).

Fatra, N. I., & Budiono, A. (2022). Kepuasan Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol yang dipengaruhi Daya Tarik Wisata, Life Style dengan Persepsi Harga sebagai Variabel Mediasi. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 319–333. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.683

Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas, dan Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228

I’tishom, M. F., Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Harga terhadap Sikap serta Keputusan Konsumen untuk Menggunakan GO-PAY. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. AGORA, 7(2).

Nugraha, R. N., & Virgiawan, F. (2022). Pengembangan Daya Tarik Wisata di Objek Wisata Telaga Arwana Cibubur. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6).

Pujiyati, H., & Sukaatmadja, I. P. G. (2020). Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual di Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(1), 21. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i01.p02

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4

Putri, C. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Revisit Intention pada Destinasi Wisata Floating Market Lembang. Universitas Negeri Jakarta.

Rengganis, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Berkunjung Kembali Wisata The Lodge Maribaya.

Sabrina, S., Sakti, D. P. B., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Pengaruh Pengalaman Wisatawan dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Kembali di Pantai Tanjung Bias. KHIDMATUNA Journal of Research and Community Service. https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/khidmatuna

Saputra, B. A., Widyarthara, A., & Fathony, B. (2022). Taman Hiburan Regional di Sawojajar Kota Malang Tema: Arsitektur Hijau. Jurnal Arsitektur, 6(02).

Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6

Wijayanti, H., & Hidayatullah, T. (2022). 47 Tahun 2012 dalam Pelaksanaan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan pada PT. Pembangunan Jaya Ancol, 7(2).

Yakup, A. P. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

Zikra, H., & Artati, Y. W. (2023). Perkembangan Pariwisata Jakarta November 2023.

Published

2024-07-22

How to Cite

Dian Ashari, Andi Muhammad Sadat, & Rahmi Rahmi. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Dunia Fantasi Ancol : Studi Kasus Pada Masyarakat Dki Jakarta. Maslahah : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(3), 213–226. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i3.1518