Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Melalui Minat Beli Pada Mahasiswa di Kota Padang

Authors

  • Muhammad Agung Zamzam Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Vicky Brama Kumbara Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Della Asmaria Putri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.59059/maslahah.v3i4.2713

Keywords:

Brand Image, Product Quality, Purchase Decision, Purchase Intention

Abstract

This study aims to determine the effect of product quality and brand image on purchasing decisions through purchase intention as an intervening variable. The independent variables in this study are product quality and brand image, while the dependent variable is purchasing decision. There were 100 respondents as the research sample. Data were obtained from iPhone users among students in Padang City, with data analysis using SmartPLS 4.0. The results of this study indicate that product quality has a positive and significant effect on purchase intention, brand image has a positive and significant effect on purchase intention, product quality has a positive and significant effect on purchase decisions, brand image has a positive but insignificant effect on purchase decisions, purchase intention has a positive and significant effect on purchase decisions, product quality has a positive and significant effect on iPhone purchase decisions through purchase intention as an intervening variable, and brand image has a positive but insignificant effect on iPhone purchase decisions through purchase intention as an intervening variable

References

Adawiyah, D. A., Aisyah, S., & Ramadhani, S. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan celebrity endors terhadap keputusan pembelian produk Ms Glow. OIKONOMIKA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(2), 133–143. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v3i2.481

Adiputra. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru dan staf tata usaha (Studi Kasus pada MTsN 10 Tanah Datar Kecamatan Sungayang). Skripsi STIE Inonesia Jakarta.

AisNandi, G., & Amron, A. (2024). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Kota Semarang. Jurnal Maneksi, 13(2), 513–524. https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2358

Alnando, T., & Hutapea, J. Y. (2021). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran). Jurnal Ekonomis, 14(1), 76–88.

Anisa, C. A. (2021). Tingkat manajemen dan manajer beserta fungsi-fungsi manajemen. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 150–164. https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.712

Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. Widina Bhakti Persada Bandung.

Artameviah, R. (2022). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Astuti, W. (2020). Pengaruh brand image terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi (Penelitian pada peserta didik kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bandung). Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.

Atmajayanti, A. B., Wulandari, D. S., & Pitoyo, B. S. (2024). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap minat beli produk Make Over di Kota Bekasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 2(2), 339–351. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2.1638

Aurelia, J., & Wriyakusuma, I. G. B. Y. (2022). Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek terhadap keputusan pembelian Iphone di Kota Surabaya. Performa, 7(4), 418–431. https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.2990

Berliana, N. (2021). Landasan teori اديدج. Dasar-Dasar Ilmu Politik, 18.

Chaniago, R. M. T., Widayanto, W., & Farida, N. (2023). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Asus melalui minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 165–174. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.37254

Damayanti, A., Mutia, A., & Ifazah, L. (2024). Pengaruh citra merek, harga dan religiusitas terhadap keputusan pembelian lipstik pada mahasiswi di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 66–88. https://doi.org/10.51903/jimeb.v3i1.699

Erliana, J., Sijabat, R., & Indriasari, I. (2025). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQUA melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Bersama Ilmu Ekonomi (EKONOM), 1(1), 9–20. https://doi.org/10.55123/ekonom.v1i1.26

Fadilla, F. N. (2021). Pengaruh citra merek, inovasi, dan harga terhadap kepuasan pelanggan Gojek Go-Ride. REPOSITORY STIE INDONESIA (STEI) Jakarta, 1(69), 14–15.

Fahmi, M. R. (2023). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen serta tinajauannya menurut perspektif ekonomi Islam (Studi Kasus Di Ud. Seon). Perpustakaan IAIN Kudus, 1(1), 1–21. http://repository.iainkudus.ac.id/11026/

Fauziah, D., Ali, H., Manurung, A. H., & Author, C. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli produk Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Siber Multi Disiplin, 1(4), 159–172. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., & Ariescy, R. R. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2870–2881. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227

Firdausi, F., & Agustiono, A. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang produk Syahi Haleeb. Performa, 6(5), 465–473. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2204

Fuadi, S., Wijayanti, E., & Suyadi. (2022). Pengearuh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Indihome pada Pt.Telkom Metro. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 144–157. https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.30

Hananto, D. (2021). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk jersey sepeda di Tangsel. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Hardani. (2020). Metode penelitian Hardani 2020. Jurnal, 40–57.

Hasmawati, N., Nujum, S., & Hasan, S. (2024). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga produk dan promosi Iphone terhadap keputusan pembelian bagi masyarakat Kota Makassar. Journal Of Social Science Research, 4(1), 5355–5371.

Hidayat, R., Arrazi, M., Asmendri, & Sari, M. (2023). Pentingnya manajeman sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745

Hilmi, M. R. A. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Iphone dengan minat beli sebagai variabel intervening pada mahasiswa Unisma. 12(02), 2780–2788.

Ikbal, A., Hasbiah, S., Ruma, Z., Musa, C. I., & Haeruddin, M. I. W. (2023). Pengaruh kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone melalui minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(4), 76–92. https://doi.org/10.55606/mri.v1i4.1827

Jurnal cafetaria. (2021). 2(2), 15–27.

Krismonanda, F., & Iskandar, I. (2021). Pengaruh variasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian ulang pada susu setia di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.53640/jemi.v21i2.953

Kumbara, V. B. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: Analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870

Liliana, M. (2023). Pengaruh Brand Image Online Customer Review terhadap keputusan pembelian konsumen Blicli.com. Pengaruh Brand Image Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Blicli.Com, 2016.

Maky, Z. A., Pradiani, T., & Rahman, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone pada Meteorcell Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 13–27. https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2252

Mantara, M. A., Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022). Faktor-faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, 2(1), 18–28. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.3529

Mappedeceng, R. (2021). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(2), 422. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.304

Minat, T., Konsumen, B., Sari, P., Fairuz, M. A., & Nurjanah, S. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga. 8(4), 4442–4466.

Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., & Sitepu, S. S. W. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 11–31.

Mulyani, S. A., & Miharja, K. (2020). Pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli susu ibu hamil. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nizamuddin, S., Kurniawan, B., & Subhan, M. (2024). Bambang Kurniawan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi. Journal of Student Research (JSR), 2(1), 106–120.

Nugroho, M. I., Damara, R. D., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli Iphone: Studi Kasus Mahasiswa UIN Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 35–44.

Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Korelasi keputusan pembelian: Kualitas produk, persepsi harga dan promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Pengaruh, A. (n.d.). Analisis Pengaruh... (Kojongian) 551. 551–566.

Prasetio, J., Basalamah, M. R., & Wahono, B. (2023). Pengaruh Brand Image, Lifestyle dan kualitas produk terhadap minat beli smartphone iPhone (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Angkatan 2019). E - Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 2512–2520.

Pratiwi, R. S. (2022). Pengaruh store image dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (Pengguna E-commerce Tokopedia di Jakarta Timur). Repository STIE Jakarta, 9–24.

Purwanto, F. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk lipstik Revlon Yogyakarta. Thesis, 1–23.

Putra, R. (2021). Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Rahman, A., Widarko, A., & Farida, E. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap minat beli Iphone (Studi pada mahasiswa di Kota Malang). E - Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 775–784.

Ramadanti, P., Aryani, A., Firmansyah, B., Retnowati, D. E., & Yuniar, S. (2024). Pengaruh promosi dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian. Journal Of Communication Education, 18(1), 34–43. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v18i1.382

Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2022). Pengaruh harga dan fitur layanan terhadap minat beli konsumen Tokopedia pasca Covid 19 di Malang Raya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 2022.

Saputra, A. L., & Aprilia, T. (2023). Pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56916/jimab.v2i1.344

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh user interface dan variasi produk terhadap minat beli konsumen (Studi literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115

Sarumaha, J. F. (2024). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Oppo (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Nias Raya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 7(1), 112–120.

Septya di, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: Harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Shodikin, K. A. H. A. H., Nugroho, A. A. D., & Rahmawati, P. (2024). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen. Analisis Pengaruh Servant Leadership Dan Employee Empowerment Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan), 8(2), 42–50.

Solikhah, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, brand awareness, harga dan sertifikasi halal terhadap minat beli konsumen pada “Mixue Ice Cream & Tea” di Kota Purwokerto. Repository UIN SAIZU, 1–196.

Sugiyono. (2022). Peran profitabilitas sebagai moderasi Pengaruh Leverage, Prospek Pertumbuhan, dan Prudence Accounting terhadap Nilai Perusahaan. 72–107.

Suryani, N. I., & dkk. (2021). Pengaruh kualitas produk, ekuitas merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone di KotaBogor. YUME: Journal of Management, 4(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787

Susanto, D. M., & Cahyono, K. E. (2021). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian Iphone (Studi pada mahasiswa di Surabaya) Krido Eko Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(1), 1–2.

Tonda, F., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Pengaruh promosi dan online customer reviews terhadap keputusan pembelian melalui minat beli (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital (JMPD), 2(3), 181–194. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Williianti. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk smartphone. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Willliya, A., Yuse, P., Brama, V., Della, K., & Putri, A. (2025). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada Mascara Somethinc (studi kasus pada mahasiwa di Kota Padang). 01(03), 86–91.

Witjaksono, I. A. M. S. S. I. A. D. (2023). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. 1370–1385.

Yudha, A., & Yulianthini. (2022). Pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Iphone di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen, 8(2), 1–3.

Yuliana, N., & Pamikatsih, T. R. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap minat beli Iphone di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 318–329. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.137

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Muhammad Agung Zamzam, Vicky Brama Kumbara, & Della Asmaria Putri. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Melalui Minat Beli Pada Mahasiswa di Kota Padang. Maslahah : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(4), 74–89. https://doi.org/10.59059/maslahah.v3i4.2713

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.