Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Wanita Muslimah Generasi Z Di Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i2.1049Keywords:
Halal Label, Halal Awareness, Brand Image, Purchasing DecisionAbstract
Purchasing decisions are one part of the consumer's response to whether or not to buy a product, from several factors that can influence consumers to buy a product where consumers consider halal labels and product brand images that are already known among generation Z women and halal awareness factors that consumers have when they want to make a purchase decision. This study aims to determine and analyze the influence of halal labels, halal awareness and brand image on the purchase decision of Wardah cosmetic products in generation Z Muslim women. The research method used is quantitative descriptive. The results showed that halal labels, halal awareness, and brand image had a positive and significant effect on the purchase decision of Wardah cosmetic products in generation Z Muslim women. In testing the classical assumptions of this study are normally distributed, heteroscedasticity does not occur, and multicollinearity.
References
Departemen Agama RI, Al-Quran Dan Terjemahannya Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, 2019.
Agus Tri Basuki Dan Nano Prawoto, Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Anang Firmansyah, Pemasaran Produk dan Merek Planning & Strategy. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Dahlan Abdul Aziz, Ensiklopedia Hukum Islam (Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2006.
Duwi Priyanto, Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Yogjakarta: Andi Offset, 2012.
Duwi Priyanto, 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17, Yogyakarta: Andi, 2009.
Edwin Zusrony, Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2016.
Fauziah, R Adang Nofandi, Suvei Sadar Halal (Jakarta: Litbangdiklat Press, 2021.
Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Kotler, Philip, Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.
Lijan P. Sinambela dan Sarton Sinambela, Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik.Depok :PT Raja Grafindo Persada, 2021.
M. Anang Firmansyah, “Pemasaran Produk dan Merek Planning & Strategy” Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2019.
Phillip Kotler, dan Kevin Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2007.
Ayuningtias dan Waluyo, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian,” eJournal Administrasi Bisnis.
Budi Suryowati, “Label Halal, Kesadaran Halal, Religiutas dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi dan Bisnis Kompleksitas.
Burhanuddin, “Pengaruh Kejelasan Labelisasi dan Perilaku Beragama Terhadap Minat Beli Konsumen: Analisis Dua Model Alternatif,” Jurnal Ekonomi Islam.
Carla C Tousalwa, Victor R Pattipeilohy, and Stanley Ferdinandus, “Faktor Faktor Determinan Keputusan Pembelian secara Online Produk Fashion
melalui Media Sosial di Kota Ambon" Jurnal Maneksi VOL 8, NO. 2, Desember 2019” 8, No. 2 (2019).
Demayonda, Ananda dan Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung,” Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Dwi Edi Wibowo dan Benny Diah, ”Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan”, Indonesian Journal Of Halal, 2019.
Dwi Putri Pratiwi dan Adrial Falahi, “Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Desa Rejo Tanjung Morawa”, Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi, Vol.10, No. 1, Maret 2023.
Friani Gloria Igir, Jhony R E Tampi, and Henny Taroreh, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up” 6, No. 2 (2018) Jurnal Administrasi Bisnis.
Howard, J.A dan Shay, R.P, “Measuring The Effect Of Marketing Information On Buying Intention”, The Journal Of Service Marketing.
Ike Venessa and Zainul Arifin, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Immanuddin, M. Syahrul dan Raymond Dantes, “Pengaruh Label Halal Dimoderasi Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Oleh Mahasiswa Ptkin Se-Sumatera Barat,” Kabilah: Journal of Social Community.
Iqbal Esa, Fuad Mas'ud, Edy Yusuf Agung Gunanto “Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan dan Religiutas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick di Kota Semarang”Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi & Bisnis Islam.
Juniawati “Kesadaran Halal dan Religiutas Individu dalam Keputusan Pembelian Makanan” Jurnal Untan (Universitas Tanjungpura).
Lubis dan Hidayat, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” eJournal Administrasi Bisnis.
Mia Adisty Amin, dan Lucky Rachmawati, “Pengaruh Label Halal, Citra Merek, dan Online Consume Review Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”, Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 2, 2020.
Moza Salsabila, “Pengaruh Labelisasi Halal, Religiusitas, serta Kesadaran Halal Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian”, Jurnal Ekonomi Islam Remaja, Vol.4, No. 2, Juli 2023.
Muhammad Rhendria Dinawan, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian,” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.
Mustafar, Mastora, Risyawati Mohamed Ismail, “A Study On Halal Cosmetic Awareness among Malaysia Cosmetics Manufactures,” International Journal of Supply Chain Management.
Nor Lailla and Irfan Tarmizi, “Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ,” Jurnal Prosiding Konferensi Nasional EkonomiManajemen dan Akuntansi (KNEMA).
Nor Sara Nadia, Muhammad Yunus, “Muslim's Purchase Intention Towards Non Muslim's Halal Packaged Food Manufacturer” Procedia-Social abd Beharioral Sciences.
Nur Aeni and Maya Tri Lestari, “Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah,” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) 1, No. 2 (July 17, 2021).
Nuralim Saputra, Ratih Tresnawati “Pengaruh Kesadaran Halal dan Pengetahuan
Produk Halal Terhadap Keputusan Pembelian pada Wisata Halal di Bali” Jurnal Prosiding Manajemen Unisba.
Nyoman Suardhita, Ahmad Rafik, dan Irwin Sukrisno Sugeng, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Merek Wardah”, Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No.1, Juli 2019.
Olivia Irene Dewi dan Eddy Madiono Sutanto, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea di Surabaya,” 6, No. 2 Jurnal Agora: 2.
Park, Eun Joo, Eun Young Kim, Venessa Martin Funches, and William Foxx, “Apparel Product Attributes, Web Browsing, and E-Impulse Buying on Shopping Websites.” Jurnal of Business Research: 89.
Premi Wahyu Widyaningrum, “Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Ponorogo)" Jurnal Ekonomi Syariah.
Rimayanti, Fitrian Noor " Halal Awarenes : Peran Ijtihad Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Akan Produk Halal Bagi Muslim Millenial” Jurnal Proceeding Antasari International Conference.
Rossanty, Yossie dan M. Dharma Tuah Putra Nasution, “Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan di Kota Medan,” Jurnal Manajemen Tools.
Saleh Sitompul, “Pengaruh Label Halal dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating” Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah 7 No. 1 (Februari 2021).
Savitri Hendrawati, Amalia Mustika, Anis Darsiah “Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Instan Korea Pada Remaja Sekolah di Jakarta” Jurnal Ilmiah Pariwisata.
Suci Fika Widyana dan Nabilla Kintani Putri, ”Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”, Jurnal Bisnis dan Pemasaran, Vol.12, No.2, September 2022.
Tengku Putri Lindung Bulan, ”Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang”, Jurnal Manajemen Keuangan, Vol. 5, No.1, Mei 2016.
Viani A L Mandagi, J A F Kalangi, and Danny D S Mukuan, “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado” 6, No. 4 (2018) Jurnal Administrasi Bisnis.
Zufar Rafif Effendi and Endri Sentosa, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffee Depok” 5, No. 1 (2022) Jurnal Ikraith-Ekonomika.
Aulia, A.N “Pengaruh Produk Halal, Religiusitas, dan Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia, 2018.
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia: Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
PP No. 9 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan.
Wawancara Agustus 31, 2023.
https://www.idntimes.com/life/career/christ-bastian-waruwu/sejarah-pt-paragon-c1c2