Evaluasi Pelaksanaan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023

Studi Kasus SMA Negeri 3 Tanjungpinang

Authors

  • Nadia Tika Adisti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Jamhur Poti Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Firman Firman Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i4.1571

Keywords:

Education Office, Policy Evaluation, Zoning System.

Abstract

New Student Admission in the zoning system has been carried out since 2017. However, as long as this zoning system is in effect, it has not been able to guarantee an equal distribution of the number of students accepted in each school, because there is still one school that receives the number of students not up to the predetermined capacity plan. The purpose of this study is to determine the results of the implementation of the zoning system in the New Student Admission in 2023 in Tanjungpinang City. The research used is a qualitative method. The theory used is the evaluation indicators according to Dunn (2000). The results showed that the implementation of the zoning system that had been implemented in 2023 in the effectiveness dimension showed that the implementation of PPDB in the zoning system was not carried out optimally in accordance with the rules stated in the Technical Guidelines. The efficiency dimension shows that the agency has made a number of efforts to be able to achieve equal distribution of capacity, but the results of the implementation that occur in the field cannot be considered efficient because the community itself still adheres to the understanding of favorite schools or hereditary schools. The adequacy dimension shows that the facilities and infrastructure in Tanjungpinang City have not been carried out evenly. The equalization dimension shows that the implementation of the zoning system in 2023 cannot guarantee the equalization of the capacity plan received in each school.

 

 

References

Dunn, W. D. (2000). Pengantar analisis kebijakan publik. Gadjah Mada University.

Dunn, W. D. (2003). Analisis kebijakan publik. Gadjah Mada University.

Halimah, N. (2020). Evaluasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri Tangerang Selatan (Studi kasus SMPN 03 dan SMPN 17 Tangerang Selatan) [Bachelor's thesis, Fitk Iin Syarif Hidayatullah Jakarta].

Hasbullah, H., & Anam, S. (2019). Evaluasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di tingkat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kabupaten Pamekasan. Reformasi, 9(2), 112-122.

Junaedy, I. K. D., Mardika, I. M., & Yudhiantara, I. M. (2021). Evaluasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Abiansemal. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 107-115.

Kaffa, Z., Budi, S. S., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan penerapan sistem zonasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1870-1879.

Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1268 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa Provinsi Kepulauan Riau Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kristyaningrum, D. H., Ardiansyah, A., & Fadilah, K. (2019). Evaluasi program penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di Kabupaten Brebes menggunakan model CIPP: Array. Dialektika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 186-195.

Marini, K. (2019). Implementasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada SMA Negeri di Kota Bandar Lampung.

Maryani, D., Akhyary, E., & Hendrayady, A. (2023). Kualitas pelayanan akses pendidikan tingkat sekolah menengah atas (SLTA) dalam penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau [Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji].

Mulawati, S. (2021). Skripsi evaluasi kebijakan sistem zonasi sekolah pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Boyolali.

Mutawakkil, A. (2023). Evaluasi sistem zonasi dalam pemerataan kualitas pendidikan di Kabupaten Pringsewu (Studi SMPN 2 Sukoharjo dan SMPN 3 Pringsewu).

Nurlailiyah, A. (2019). Analisis kebijakan sistem zonasi terhadap perilaku siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1).

Pangaribuan, E. N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1-12.

Parson, W. (2006). Public policy: Pengantar teori dan praktik analisis kebijakan. Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Luar Biasa.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putri, I. (2021). Peran aktor dalam implementasi kebijakan publik (Studi pada kebijakan sistem zonasi sekolah) [Doctoral dissertation, Universitas Lampung].

Roswati. (2008). Evaluasi program/proyek: Pengertian, fungsi, jenis, dan format usulan. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(11), 64–71.

Rusdiana. (2015). Kebijakan pendidikan (Dari filosofi ke implementasi). CV Pustaka Setia.

Safitri, M. A., & Yusran, R. (2021). Evaluasi kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi pada SMA Negeri di Kota Padang. Journal Of Civic Education, 4(1), 92-100.

Satria, B. (2020). Evaluasi kebijakan sistem zonasi penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019 di Kota Pekanbaru [Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau].

Sitio, A. D. P., Haryanti, D., & Arjuna, H. H. (2020). Pemberlakuan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru di Kota Tanjungpinang. Student Online Journal (SOJ) Umrah-Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(2), 626-634.

Syamsi, I. (1996). Kebijakan publik, pengambilan keputusan dan sistem informasi: Diktat mata kuliah analisa kebijakan publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Dasar, Fungsi, dan Tujuan Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan. (2011). Evaluasi teori model standar aplikasi dan profesi. Raja Grafindo Persada.

Published

2024-08-13

How to Cite

Nadia Tika Adisti, Jamhur Poti, & Firman Firman. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023 : Studi Kasus SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(4), 362–376. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i4.1571