MENINGKATKAN KINERJA GURU PERIHAL PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DI SDN XXXIX HUBING

Authors

  • Maria Anselmi Reneldis SDN XXXIX Hubing, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.102

Keywords:

Supervisi Akademis, kinerja guru, pengembangan evaluasi

Abstract

Kelayakan mengajar tidak cukup hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dan sesi penguasaan materi, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Peningkatan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar melalui Supervisi Akademis di SDN XXXIX Hubing Tahun Pelajaran 2020/2021. Efektivitas penerapan supervisi akademis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam pengembangan evaluasi hasil belajar di SDN XXXIX Hubing Timur tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah melalui penerapan supervisi akademis Kepala Sekolah meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kinerja guru oleh Kepala Sekolah melalui melalui supervisi akademis Kepala Sekolah ini menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putarannya. (2) Aktivitas kepala sekolah menunjukan bahwa kegiatan pembinaan melalui melalui supervisi akademis Kepala Sekolah bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat.

 

 

References

Arifin, I. 2020. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

________________.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 2019. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi Herawan, 2015. Pengembangan Model Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA-Biologi: Efektifitas Model Inovasi Supervisi Akademik Mata Pelajaran IPA Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru IPA Biologi di SMU. Tesis Tidak diterbitkan UPI Bandung.

Semiawan, Conny. 2015. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: Journal Pendidikan.

Sergiovani, Cs. 2015. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 2019. Supercision: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Company.

Suyanto dan Djihad Hisya. 2020. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indoenesia Memasuki Millenium III. Adi Cita. Yogyakarta.

Tilaar, 2017. Futurisme dan Pengambilan Kebijakan pendidikan Menyongsong Abad-21. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Perencanaan Pendidikan. IKIP Jakarta.

Yusuf A. Hasan. 2002. Pedoman Kepala Sekolahan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum. Mekar Jaya. Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Maria Anselmi Reneldis. (2023). MENINGKATKAN KINERJA GURU PERIHAL PENGEMBANGAN EVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIS KEPALA SEKOLAH DI SDN XXXIX HUBING. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 133–140. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.102