Pengaruh Media Pembelajaran Online Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan

Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kihajar Dewantoro VII Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo

Authors

  • Yusrin R. Mustapa Universitas Negeri Gorontalo
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v5i4.1671

Keywords:

Wordwall Media, Ability to Recognize the Concept of Numbers, Tk, children aged 5-6 years

Abstract

This study examined the effect of wordwall online learning media on recognizing numbers in children aged 5-6 years at Kihajar Dewantoro VII Kindergarten, Kota Tengah Sub-District, Gorontalo City. This study aimed to discover whether wordwall learning media affects the ability to recognize the concept of numbers in children aged 5-6 years. This quantitative research used an experimental research method with a one-group pretest-posttest design. The data in this study was collected through test observation. The subjects of this study were 16 children at the age of 5-6 years. Based on the analysis of the t-test (paired sample t-test), it was found that the t-count was greater than the t-table (24.744 > 2.201 and sig. (2-tailed) = 0.000<0.05). From this result, HO was rejected, and Ha was confirmed. In conclusion, wordwall learning media affected the ability to recognize the concept of numbers in children aged 5-6 years at Kihajar Dewantoro VII Kindergarten, Kota Tengah Sub-District, Gorontalo City.

References

Azizah, T. N. A., Arifin, S., & Puspitasari, I. (2023). Penerapan media pembelajaran Wordwall dalam menunjang pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5).

Cahyaningrum, M. N., et al. (2022). Profil kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di Gugus Dahlia Klaten. Jurnal Kumara Cendekia, 10(2).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).

Fiksriansyah, M., & Layyinnati, I. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis website (Wordwall) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 2(1).

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh penerapan media Wordwall terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional PBI FKIP UNS.

Hasan, M. (2021). Media pembelajaran. Klaten: CV. Sono Putro.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall: Inovasi pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1).

Karo, I. R. K. (2018). Manfaat media pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran pada mahasiswa pendidikan agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4).

Mardiyah, A. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran pada mahasiswa pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4).

Nabighoh, W. N., & Hemdratno, M. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4).

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).

Pagarra, H., et al. (2022). Media pembelajaran. Makassar: UNM.

Pamungkas, D. A., et al. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 10(1).

Pamungkas, Z. S., et al. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Jurnal of Social Science Education, 2(2).

Permana, S. P., & Kasriman. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5).

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5).

Putri, A. M. (2022). Analisis pemahaman konsep bilangan melalui metode pembelajaran Numbered Head Together. Jurnal Pedagogi Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Putri, D., Sopiah, C., & Hidayatullah, M. A. S. (2023). Pengaruh game Wordwall terhadap pengetahuan personal safety skill anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda PG-PAUD UMC, 1(2).

Raudilah, et al. (2021). Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Indonesia Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1).

Reswatia, & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas media pasir dalam meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bekalis. Jurnal Pendidikan, 9(1).

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2022). Penggunaan media Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran organ pernapasan pada hewan kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2).

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1).

Sari, I. P., et al. (2023). Penerapan media pembelajaran Wordwall dalam menunjang pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(5).

Setyowahyudi, R., et al. (2023). Pengaruh games interaktif Wordwall terhadap kemampuan mengenal budaya Bali anak usia taman kanak-kanak. Early Childhood Research Journal, 6(1).

Silvia, K. S., Widiana, I. W., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan kosakata anak usia dini melalui media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiskha, 9(2).

Suminar, A., & Ashshidiqi, A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2).

Wajannati. (2016). Peningkatan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun melalui media maze angka. JPP PAUD, 3(2).

Zahro, N. A. Q. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1).

Zaman, B., & Eliyawati. (2010). Media pembelajaran anak usia dini. Bandung: UPI.

Published

2024-10-02

How to Cite

Yusrin R. Mustapa, Pupung Puspa Ardini, & Rapi Us. Djuko. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Online Wordwall Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan: Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kihajar Dewantoro VII Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(4), 121–135. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i4.1671

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.