Deskripsi Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Cerdas Molibagu Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Authors

  • Besse Salsa Maulina Universitas Negeri Gorontalo
  • Pupung Puspa Ardini Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us. Djuko Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1989

Keywords:

Parenting Styles, Early Childhood, TK Cerdas Molibagu

Abstract

Parenting style refers to the methods parents use to educate, guide, discipline, interact with, and protect their children to help them mature within the norms of the family and society. This study aims to describe the parenting style of parents of aerly childhood children at TK Cerdas Molibagu Kindergarten, Molibagu Village, Bolaang Uki District, South Bolaang Mongondow Regency. The qualitative research employed a descriptive qualitative approach. Data were collected through observation and questionnaires. The findings showed that, based on observations and open-ended questionnaires from 11 respondents, 36% (4 out of 11) of parents implemented an authoritarian parenting style characterized by full parental control and strict rules with punishments for violations. Similarly, 36% (4 out of 11) of parents adopted a democratic parenting style, emphasizing two-way communication and mutually agreed-upon rules. Meanwhile, 27% (3 out of 11) employed a permissive parenting style, granting full freedom to the child, where decisions were primarily based on the child’s preferences. The result indicate that the dominant parenting  styles applied by parents at TK Cerdas Molibagu are authoritarian and democratic.

References

Adawiah, R. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola asuh demokratis orang tua dalam pengembangan potensi diri dan karakter anak usia dini. Vox Edukasi, 11(1), 549203.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Chusnandari, M., & Ichsan, I. (2018). Hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 2(2), 209-230.

Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168.

Indah, S. (2023). Analisis pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas V SDN 06 Way Serdang Kabupaten Mesuji (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Khairiyaturrizkyah, K., & Nuraeni, N. (2019). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan disiplin belajar pada siswa di SMA Negeri 1 Labuapi. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1).

Kholifah, K. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional aud TK Muslimat NU 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61-75.

Lani, A. (2023). Analisis pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini di Dusun Sukajadi Pekon Bandar Baru (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lesnussa, G. C., & Wijayaningsih, L. (2023). Dampak pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak usia dini 4-5 tahun. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 4(2), 381-387.

Lubis, M., & Suryana, D. (2022). Tingkat pemahaman terhadap pola asuh orang tua di Panyabungan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1003-1010.

Maimunah, H. (2019). Pola asuh orang tua pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Bengkayang Kalbar. Pendidikan Guru PAUD S-1, 8(7), 651-659.

Mano, N., Duludu, U. A., & Zubaidi, M. (2020). Pola asuh orang tua di PAUD Al-Zikra Padebuolo. Jambura Journal of Community Empowerment, 26-41.

Margareta, T. S., & Jaya, M. P. S. (2020). Kekerasan pada anak usia dini (Studi kasus pada anak umur 6-7 tahun di Kertapati). Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 171-180.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Universitas Indonesia (UIPRESS). Jakarta.

Nivia, N., Sagala, A. C. D., & Karmila, M. (2023). Analisis pola asuh orang tua terhadap tempramen anak usia 4–6 tahun. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 146-154.

Rahimah, R., & Muzdhalifah, M. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1-13.

Ramadini, K. T. (2020). Keterampilan sosial anak usia dini dengan orang tua yang otoriter (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Roemin, L. (2019). Identifikasi pola asuh orangtua pada anak usia dini di TK Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-23). Alfabeta. Bandung.

Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar pendidikan TK, 1, 5-10.

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap kepribadian anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479-4492.

Syamsiah, S., Mulyadi, M., & Nurdiansyah, E. (2023). Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(3), 167-178.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Besse Salsa Maulina, Pupung Puspa Ardini, & Rapi Us. Djuko. (2024). Deskripsi Pola Asuh Orang Tua pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Cerdas Molibagu Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), 179–188. https://doi.org/10.59059/tarim.v6i1.1989