ANALISIS GAYA BAHASA DAN MAJAS YANG DIGUNAKAN DALAM LIRIK LAGU ”LEXICON” KARYA ISYANA SARASVATI

Authors

  • Sekar Kumala Suci Universitas Islam Bandung
  • Tarissa Febri Trihapsari Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v3i3.21

Keywords:

analisis lagu, gaya Bahasa, Isyana Sarasvati, jurnal ilmiah, majas.

Abstract

Jurnal Ilmiah ini akan membahas dan mengupas tentang gaya bahasa dan majas yang terdapat dalam lagu karya seorang seniman, musisi, sekaligus penyanyi Indonesia berbakat, Isyana Sarasvati yang berjudul “LEXICON”. Lagu “LEXICON” sebagai lagu utama dalam album keempat milik Isyana Sarasvati yang dikemas berbeda dari album-album Isyana Sarasvati yang sebelumnya, dimana dalam album Lexicon ini menggunakan genre musik Neo Classic dan rock progresif, sedangkan album Isyana Sarasvati yang sebelumnya menggunakan genre musik pop. Dalam album ini juga Isyana Sarasvati banyak mencurahkan emosi, isi hati dan lebih menunjukkan jati dirinya, ia meluapkan rasa sedih, kekecewaan, kekesalan, kebebasan, kebahagiaan, dan juga harapannya. Album Lexicon terkhusus pada lagu utamanya yang berjudul “LEXICON” dikemas menggunakan memilihan kata yang jarang dan  kosa kata yang menarik juga mengandung banyak gaya bahasa dan majas  di dalamnya, hal itu membuat lagu ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Hasil dari penelitian penulis menunjukan bahwa terdapat delapan jenis gaya bahasa dan majas yang berbeda dalam lagu berjudul “LEXICON” ini, diantaranya terdapat majas sebagai berikut; majas metafora, majas alegori, majas personifikasi, majas sarkasme, majas sinisme, majas eufimisme, majas retorika, dan majas sinekdok-totem pro parte.

References

Aminuddin. (1995). Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.

Isnaini, H. (2017). Analisis Semiotika Sajak "Tuan" Karya Sapardi Djoko Damono. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora.

Isnaini, H. (2022a). Komunikasi Tokoh Pingkan dalam Merepresentasikan Konsep “Modern Meisje” Pada Novel Hujan Bulan Juni MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1, Nomor 2, 164-172 doi:https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.867

Isnaini, H. (2022b). Semiotik-Hermeneutik pada Puisi "Perjalanan ke Langit" Karya Kuntowijoyo. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Subang, Volume 3, Nomor 1, 20-30.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022). Ideologi Eksistensialisme pada Puisi "Prologue" Karya Sapardi Djoko Damono. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, Vol. 1, No. 1, 21-37.

Isnaini, H., Permana, I., & Lestari, R. D. (2022). Mite Sanghyang Kenit: Daya Tarik Wisata Alam di Desa Rajamandala Kulon Kabupaten Bandung Barat. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality, and Destination, Volume 1, Nomor 2, 64-68.

Kurniasari, N., Andrianti, V., & Isnaini, H. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Salah Satu Judul Berita "Isu TKA Digoreng Menjelang Pilpres" pada Surat Kabar Tribun Jabar Edisi 25 April 2018. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 4, 527-534.

Mukhlis, A., Supriyanto, T., & Mulyani, M. (2018). Aspek Stilistika dalam Antologi Puisi Melipat Jarak Karya Sapardi Djoko Damono dan Pemanfaatannya sebagai Materi Pengayaan Sastra. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3 No. 1 Maret 2018, 10-17.

Munir, S., S., N. H., & Mulyono. (2013). Diksi dan Majas dalam Kumpulan Puisi Nyanyian dalam Kelam Karya Sutikno W.S.: Kajian Stilistika. Jurnal Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Vol. 2, No. 1, 1-10.

Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rohayati, D. A. (2014). Gaya Bunyi dan Majas dalam Kumpulan Puisi Ayat-Ayat Api Karya Sapardi Djoko Damono: Kajian Stilistika dan Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMP. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rohman, M. A. (2018). Hermeneutika Kemanusiaan Perspektif Al-Quran dalam Puisi Gus Mus (Telaah Atas Buku Gus Mus Berjudul "Aku Manusia"). Muharrik: Jurnal Dakwah dan Sosial, Volume 1, Nomor 2, 137-154.

Windusari, T., & Bahtiar, A. (2017). Menyelisik Gaya Bahasa dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan, Volume 4 No. 2, 166-188.

Downloads

Published

2022-08-26

How to Cite

Sekar Kumala Suci, & Tarissa Febri Trihapsari. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA DAN MAJAS YANG DIGUNAKAN DALAM LIRIK LAGU ”LEXICON” KARYA ISYANA SARASVATI. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(3), 33–40. https://doi.org/10.59059/tarim.v3i3.21

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.