SIKAP BANGGA BERBAHASA INDONESIA DI LINGKUNGAN STAF KEAMANAN UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v3i3.17Keywords:
Bahasa Indonesia, Bangga.Abstract
Artikel ini mengetengahkan hasil wawancara dengan salah satu satpam di Universitas Islam Bandung, tentang sikap bangga berbahasa Indonesia. Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengatahui apakah warga Indonesia bangga dengan Bahasa nasional yang digunakan saat ini. Metode yang digunakan adalah wawancara langsung yang direkam dengan responden, wawancara dilakukan terhadap seorang satpam dan dianggap mewakili sikap semua satpam di Universitas Islam Bandung. Hasil wawancara menunjukan bahwa seorang satpam bangga menggunakan Bahasa Indonesia. Dari kegiatan ini disimpulkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan Bahasa nasional yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dalam kehidupan sehari hari dan itu merupakan salah satu contoh paling mudah untuk dilakukan sebagai bentuk bangga berbahasa Indonesia.
References
Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.
Bahasa, P. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional.
Christin, N. (2021). Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Wujud Bela Negara. Available at: https://yoursay.suara.com/news/2021/01/09/102738/bangga-menggunakan-bahasa-indonesia-sebagai-wujud-bela-negara, diakses tanggal 7 Oktober 2022.
Daffa, A. (2021). Aku Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia. Available at: https://www.viva.co.id/vstory/sastra-vstory/1338559-aku-bangga-menggunakan-bahasa-indonesia, diakses tanggal 5 Oktober 2022.
Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di
Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021.
Community Development Journal, Vol. 1 No. 3, 277-283.
Isnaini, H. (2017). Memburu "Cinta" dengan Mantra: Analisis Puisi Mantra Orang Jawa
Karya Sapardi Djoko Damono dan Mantra Lisan. Semantik, 3(2), 158-177.
Isnaini, H. (2022). Komunikasi Tokoh Pingkan dalam Merepresentasikan Konsep “Modern
Meisje” Pada Novel Hujan Bulan Juni MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1,
Nomor 2, 164-172 doi:https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.867
Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis
Karakter di SMK Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community
Development Journal, Vol. 1 No. 2, 78-83.
Johannes, I. K. (2019). Kausa yang Halal dan Kedudukan Bahasa Indonesia dalam Hukum Perjanjian. Sinar Grafika.
Lestari, D., Helviani, & Isnaini, H. (2018). Representasi Nilai-Nilai Karakter pada Tokoh Ibu
dalam Cerita Rakyat "Timun Mas". Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Volume 1, Nomor 6, 911-918.
Mustika, I., & Isnaini, H. (2021). Konsep Cinta pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono:
Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora,
Vol. 6 No. 1 Maret 2021, 1-10.
Rukni, S. (2013). Bahasa Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa.
Jurnal Ilmiah Buana Sastra. http://hdl.handle.net/11617/3483.
Supini, P., Sudradjat, R. T., & Isnaini, H. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Drama dengan Menggunakan Metode Picture and Picture. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 4 No. 1, 16-23.
U Mansyur. (2018). Sikap Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan tinggi https://osf.io/preprints/inarxiv/te3df/.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019a). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019. Onoma: Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Cokroaminoto, Palopo, Vol. 5 No. 2, 383-398.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019b). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Uniska Kediri, Vol. 1 No. 2, 52-58.