Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan media gambar kartu huruf di Paud Mekar Sari Liman

Authors

  • Salmon Amtiran Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nusa Timor

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.91

Keywords:

Membaca Permulaan, Media Kartu Huruf

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan anak usia dini Menggunakan media  gambar kartu huruf di PAUD Mekar Sari Liman?. Penelitian ini bertujuan untuk Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan anak usia dini Menggunakan media  gambar kartu huruf di PAUD Mekar Sari Liman.

Pelaksanaan Penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan di PAUD Mekar Sari Liman pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2022 dengan dua siklus setiap pelaksanaan siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini Kelopok B usia 5-6 tahun PAUD Mekar Sari Liman dengan jumlah anak 16 orang, yang terdiri dari perempuan 8 dan laki-laki 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawacara observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data yang gunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa Pelaksanaan tindakan pada siklus I menggunakan  metode media kartu mengalami peningkatan persentase setelah pelaksanaan siklus II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I mengalami penurunan persentase yang ditunjukkan dari tindakan ke siklus I sebanyak  7 anak dengan persentase 18,75% dari 16 anak kemudian peningkatan persentase yang sangat signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 12 anak dengan persentase 75% dikarenakan kegiatan mengenal huruf dengan menggunakan media kartu huruf yang dilakukan peneliti menggunakan gambar yang berbeda sehingga stimulasi yang diberikan kepada anak bisa tuntas dan anak tidak mengalami kesulitan.

 

 

References

Abdul, Jalil, Zuleha MS., & Kusnandar. 2005. Perkembangan dan Perolehan Bahasa Anak. Jakarta: Depdiknas Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Abdurrahman, M. 2002. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1993. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akbar, Setiadi. 2009. Panduan Penelitian Sosial. Jakarta: Yayasan Lembaga Kemala.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Denik, Sriani. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Kelas A Kelompok Bermain Bunga Bangsa

Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Emmi, Silvia, Herlina. 2019. Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan. Tarutung: Institut Agama Kristen Negeri (IAKN).

Enny Zubaidah. 2013. Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Diagnosa dan Cara Mengatasinya. Diakses dari uny.ac.id. Pada tanggal 10 Oktober 2022.

Etianingsih.2016.Penigkatan Kemampuan Anak Kelompok A Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Skripsi (diterbitkan). Jember: Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan universitas jember.

Hartati Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

Hendry Kurniawan. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung.jurnal.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Iskandar Wassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Rosdakarya.

Lexi J. Moeloeng. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tanggal 17 September 2009.

Marsudi, Saring. 2006. Permasalahan dan Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Surakarta: UMS.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.

R. Masri Sareb Putra. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sutaryono. 1999. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Tadkiroatun, Musfiroh. 2009. Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Grasindo Anggota IKAPI.

Trisniwati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Waraningsih, Tri Lestari. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Sulthoni Ngaglik Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-02-26

How to Cite

Salmon Amtiran. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan media gambar kartu huruf di Paud Mekar Sari Liman. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 94–105. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.91

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.