Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas

Authors

  • Mohammad Fajar Shodiq Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nur Aniqa Pernaningtik Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Erni Wijayanti Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nur Nabila Ilma Nafisa Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59059/mandub.v3i2.2468

Keywords:

Learning Outcomes, Parenting Patterns, Senior High School

Abstract

The purpose of this study was to examine the impact of parenting patterns on student learning outcomes, especially in terms of increasing students' enthusiasm, independence, and interest in learning activities. This study focuses on parental involvement in supporting student learning activities at home and its impact on academic achievement. By identifying the types of parenting patterns and their impacts, it is hoped that this study can provide useful understanding for parents, educators, and schools to build constructive cooperation between families and educational institutions. This study uses a qualitative method through a literature review approach. The data used comes from trusted databases such as Google Scholar, Web of Science, and Scopus which are sources of information in the form of articles, journals, books, and other scientific publications. The literature reviewed was selected based on the following criteria: published in the last 10 years and discusses the impact of parenting patterns on student learning outcomes. The findings of this study reveal that parenting patterns are a key factor in determining learning outcomes. Supportive and participatory parenting patterns shape positive attitudes, high motivation, and learning responsibilities in children. Active parental involvement is a major element in students' academic success.

References

Achdiyat, M. (2020). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Uni-versitas Indraprasta PGRI, 80, 409–418.

Agawita, E. V., & Andayani, S. W. (2021). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran keamanan pangan siswa sekolah menengah kejuruan. Keluar-ga: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(2), 194–203.

Aini, S. N. (2020). Pengaruh karakteristik siswa dan pola asuh serta pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara [Skripsi, Universi-tas Muhammadiyah Surakarta].

Al Madury, Z. Q. A. S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter peserta didik setingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 87–101.

Andayani, D., & Darmawan, D. (2004). Pembelajaran dan pengajaran. IntiPresindo Pustaka.

Dharmadewi, A. A. I. M., Suryatini, K. Y., & Ermi, F. (2022). Hubungan antara sarapan pagi, pola asuh orang tua, dan aktivitas belajar di rumah dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 48–53.

Hidayah, N. (2009). Pendidikan anak dalam keluarga. Pustaka Belajar.

Kemendikbud. (2016). Panduan penguatan pendidikan karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasanah, I. I., & Setiawan, D. (2022). Pembentukan karakter siswa sekolah dasar melalui lagu penguatan pendidikan karakter. Jurnal Basicedu, 6(5), 8529–8536.

Nafisa, N. N. I., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter setingkat sekolah menengah atas. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 307–321.

Pakiding, S. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa SMK Negeri Kecamatan Sa-marinda Utara. Jurnal Pendas Mahakam, 1(2), 237–249.

Pernaningtik, N. A., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil bela-jar siswa setingkat madrasah ibtidaiyah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(4), 270–285.

Priyadi, F. F., & Haeruddin, H. (2024, Agustus). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. Dalam Pro-siding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 4, hlm. 84–90).

Putri, D. K., Handayani, M. C., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh media pembelajaran dan mo-tivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649–657.

Ramadhan, M. I. (2020). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audio visual, minat belajar siswa, dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(4), 348–358.

Resmawan, R. (2014). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap keterampilan dosen dalam mengelola kelas dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan matemat-ika. Jurnal Euler, 2(2), 129–134.

Risdayanti, S., & Abrar, A. I. P. (2022). Influence of parenting and learning disciplines on mathematical learning outcomes of students. Alauddin Journal of Mathematics Edu-cation, 4(1), 50–63.

Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa sekolah menengah atas. Journal of Early Childhood and Islamic Education (JOECIE), 3(1), 111–127.

Safitri, N., Yuvensius, Y., & Zulkarnain, E. (2023). Pengaruh pola asuh orang tua dan fasili-tas laboratorium komputer terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Kubu. Journal Regy: Research in Education and Technology, 1(1), 132–137.

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak prasekolah. Journal of Nursing Practice, 1(1), 1–8.

Sasmita, P., Ramayani, C., & Dahen, L. D. (2023). Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, disiplin belajar, pola asuh orangtua dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sawahlunto. Jurnal Horizon Pendidikan, 3(4), 394–404.

Sauddeinuk, A., Jolianis, J., & Sumarni, S. (2017). Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Economica: Jurnal Program Studi Pen-didikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat, 5(2), 134–142.

Sayekti, A., Darmawati, D., & Sulistyandari, S. (2020). Pengaruh pendidikan karakter, pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Baturraden. Soedirman Economic Education Journal, 2(1), 21–34.

Shodiq, M. F., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 292–307.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2006). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian evaluasi. Alfabeta.

Sujana, N., Dharmayasa, I. P. A., & Ardian, N. W. D. (2024). The impact of students' learn-ing interests and parenting patterns on economic learning outcomes. Jurnal Mimbar Ilmu, 29(1), 185–192.

Wijayanti, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa setingkat menengah atas. Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 73–84.

Wijono, H., Permatasari, N., & Sari, L. M. (2021). Hasil belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Mohammad Fajar Shodiq, Nur Aniqa Pernaningtik, Erni Wijayanti, Nur Nabila Ilma Nafisa, & Didit Darmawan. (2025). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Atas. Mandub : Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 3(2), 113–126. https://doi.org/10.59059/mandub.v3i2.2468

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.