Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi

Authors

  • Afifah Nur Zahra Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fajriyani Arsya Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ulva Rahmi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.733

Keywords:

Scientific Approach, Problem Solving Ability, PAI

Abstract

This research was motivated by students who had difficulty when faced with problems that were slightly different from the examples given by the teacher. The use of the 2013 curriculum which uses real life as learning becomes a difficulty for students, especially in terms of problem solving abilities. Therefore, to remember the important role of the scientific approach in implementing the 2013 curriculum, the scientific approach allows it to influence students' problem-solving abilities. So this research aims to find out how much influence the "Scientific Approach has on the Problem Solving Ability of Class V Students in PAI Subjects at SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi". This research is correlational research with a quantitative approach. The population is 107 students consisting of four classes. The sample consisted of 32 students, with a sampling technique, namely probability sampling. Data was collected using a questionnaire and analyzed using a simple linear regression test. 

 

References

Basir, Muhammad, Pendekatan Pembelajaran (Sengkang: Lampena Intimedia, 2017)

Djamaluddin, Ahdar, dan Wardana, Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, CV Kaaffah Learning Center, I (Parepare: CV Kaaffah Learning Center, 2019)

Eliyana, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Trigonometri Kelas X SMAN 1 Unggul Darul Imarah,” Skripsi, 2017, 5

Erwinsyah, Alfian, “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar,” TABDIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5.2 (2017), 87 <https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392>

Ghozali, Imam, “Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belaja Siswa,” Jurnal Pedagogik, 04.01 (2017), 4–5 https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.5

Indrianto, Nino, Pendidikan Agama Islam Interdisipliner untuk Perguruan Tinggi (Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2020)

Kemendikbud, Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pedoman Evaluasi Kurikulum (Jakarta, 2014).

Kusaeni, Ichsan, Amirudin Amirudin, dan Achmad Junaedi Sittika, “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.4 (2021), 2331 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1134

Munawwir, Ahmad, “Pendekatan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab,” Shaut Al- ’Arabiyah, 7.2 (2019), 201 <https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.11451>

Nuryatmawati, “Azizah Muthi,” dan Dimyati, “Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.2 (2021), 2078 https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1048

Pasaribu, Cindy SanazTasya, Nancy Angelia Purba, dan Canni Loren Sianturi, “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Subtema Rukun dalam Perbedaan di SD Negeri 121308 Pematang Siantar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4.6 (2022), 1023 https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8313

Ritonga, Asnil Aidah, “Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu,” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, XLI.1 (2017), 81 https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339

Rukminingsih, Gunawan Adnan, dan Mohammad Adnan Latief, Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020)

Safari, Nursyifa Fauziyah, “Pendekatan saintifik dalam perspektif tafsir al-qur’an,” Repository.Uinjkt.Ac.Id (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,2019) <http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48205>

Safitri, Annisa, dan Elfia Sukma, “Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidika Tambusai, 4.3 (2020), 3134 https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.820

Sandu Sitoyo, M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015)

Widiastuti, Erma, Made Tegeh, dan Putu Rahayu Ujianti, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B dI Taman Kanak-kanak,” e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6.2 (2018), 241

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Afifah Nur Zahra, Supriadi Supriadi, Fajriyani Arsya, & Ulva Rahmi. (2023). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 04 Birugo Bukittinggi. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 245–254. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.733