Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Siotapina

Authors

  • Asrifa Asrifa Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pendidikan Islam Qaimuddin

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.114

Keywords:

Guru PAI, Mengatasi, Kenakalan Peserta Didik

Abstract

Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina. Penelitian ini bertujuan: (1). Mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik SMA Negeri 1 Siotapina, (2). Mengetahui factor-faktor yang mendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik SMA Negeri 1 Siotapina.

Penelitian ini adalah penelitian berbentuk deskriptif kualitatif yang menganalisa data secara mendalam tidak berdasarkan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisa dapat melalui 3 tahap, yaitu: Data Reduction ( reduksi data), Data Display (penyajian data), dan Conclusion Drawing/verification.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina adalah memberikan bimbingan khusus tentang pemaham kehidupan beragama, berkerja sama dengan guru BK untuk mengetahui asal-ususl siswa, memanggil kedua orang tua siswa, serta pemberian sanksi apabila masih melakukan kenakalan tersebut. 2).  Faktor-faktor yang mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina adalah adanya kerjasama dengan wali kelas, lingkungan sekolah yang baik, dan adanya kebijakan sekolah. 3). factor-faktor yang menghambat adalah tindak lanjut yang kurang maksimal, latar belakang keluarga yang berbeda, pengaruh teknologi, dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap kehidupan anak di masyarakat.

References

Mulyana A. Z, 2010, Rahasia Menjadi Guru Hebat, Jakarta: Grasindo

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sanjaya, Wina, 2008, Kurukulum dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Grup

Saroni, Muhammad, 2011, Personal Branding Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sudarsono, 1991, Kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Abdul Madjid, Bintang, Andayani, Dian, 2004, PAI Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum)

Arifin, H.M, 1993, Kapita Selekta Pendidikan ( Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara

Daradjat, Zakiah, 1978, Membina Nilai-nilai Moral, Jakarta; Bulan Bintang

Daradjat, Zakiah, 1989, Kesehatan Mental, Jakarta: Haji Mas Agung

Daradjat, Zakiah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. II, Bandung: Rosda Karya

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, 2006, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Asrifa Asrifa. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Siotapina. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 10–17. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.114