Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Posuo Masyarakat Buton

Authors

  • Dariyadi Dariyadi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.115

Keywords:

Nilai Pedidikan Islam, Tradisi, Posuo..

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi masyarakat Buton. Tradisi tersebut adalah posuo yang diberlakukan bagi remaja perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi dan wawancara yang dilakukan secara bertahap. Setelah pengumpulan data, kemudian melakukan analisis menggunakan pendekatan Miles dan Haberman. Pendekatan tersebut meliputi pengumpulan data, pemilihan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi posuo masyarakat Buton adalah nilai pendidikan i’tiqodiyah. Nilai i’tiqodiyah dalam ritual posuo perempuan Buton terlihat pada setiap prosesi yang dilakukan. Mengawali dan mengakhiri prosesi posuo dengan memohonkan doa kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran, perlindungan, dan keselamatan terhadap para gadis yang di-suo; nilai amaliyah, dalam rtiual posuo, mengajarkan para gadis untuk taat beribadah kepada Allah SWT, mendidik mereka untuk menjadi perempuan yang mampu menjaga tingkah laku, ucapan, dan membekali mereka ilmu dalam berumah tangga; nilai khulukiyah, merupakan nilai yang mengajarkan etika yang baik bagi perempuan-perempuan dalam prosesi posuo. Pengetahuan tentang khulukiyah bertujuan untuk membersihkan diri para gadis dari perbuatan yang dinilai rendah, lalu menuntun mereka untuk menghiasi diri dengan akhlak baik; nilai duwaliyah, pada puncak acara posuo, pihak keluarga menyajikan aneka hidangan untuk dinikmati para undangan. Undangan yang hadir dari berbagai kalangan, keluarga, kerabat, dan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. Penyelenggara acara posuo akan berbagi rezeki dengan menajikan aneka hidangan makanan dan minuman kepada para tamu undangan yang hadir.  

References

Abu Bakar, “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Ayat-Ayat Amtsal Dalam Al-Quran Surah Al Baqarah” SYAMIL: Jurnal Pedidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 5, no. 1 (2017)

Arif Rahman, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Tahlilan” (PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung, 2018).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008), p. 484-489.

Fariki, La. 2009. Mengapa Perempuan Buton dan Muna Dipingit? Kendari: Komunika.

Hashimov, Elmar. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook and The Coding Manual for Qualitative Researchess: Mathew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johny Saldana. Thousand Oaks, CA: SAGE 2014. 381 Pp. Johny Saldana. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2013. 303 Pp. Taylor & Francis, 2015.

La Ode Rusman Bahar, Tradisi Haroa yang Lestari, http:/timurangin.blogspot.com/2009/08/tradisi_haroa_yang_lestari.html, diunduh pada tanggal 6 Maret 2022, sesuai pula dengan wawancara Drs. Sahril, M.M. –Ir. Muslihi, M.Si. dan Armin, S.E., M.E. tokoh budaya pada masyarakat Buton.

Mahrudin. 2012. Tradisi Haroa Masyarakat Islam Buton Sebagai Media Resolusi Konflik Dalam Menciptakan Perdamaian Umat Sekaligus Meida Integrasi Antara Suku Bangsa. Conference Proceedings AICIS XII IAIN Surabaya. Hal 1181.

Masrofah, Fakhruddin, and Mutia, “Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Remaja (Studi Di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Begkulu).”

Mawardi Lubis. 2008. Evaluasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage, 2014.

Milton Roceah dan James Bank

Mutjahid. 2011. Reformasi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.

Nada Ismaya, Ratnawati, dan Dina Hajja Rastianti, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat,” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 2 no. 3 (2020).

Wa Ode Fian Adilia, Ikhwan M.Said, “Ritual Posuo ‘Pingitan’ Pada Masyarakat Suku Buton: Kajian Semiotika” : Jurnal Ilmu Budaya, 7 no. 2 (2019).

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Dariyadi Dariyadi. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Posuo Masyarakat Buton. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 3(4), 104–115. https://doi.org/10.59059/tarim.v3i4.115

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.