Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Siotapina
DOI:
https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.114Keywords:
Guru PAI, Mengatasi, Kenakalan Peserta DidikAbstract
Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina. Penelitian ini bertujuan: (1). Mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik SMA Negeri 1 Siotapina, (2). Mengetahui factor-faktor yang mendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik SMA Negeri 1 Siotapina.
Penelitian ini adalah penelitian berbentuk deskriptif kualitatif yang menganalisa data secara mendalam tidak berdasarkan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisa dapat melalui 3 tahap, yaitu: Data Reduction ( reduksi data), Data Display (penyajian data), dan Conclusion Drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina adalah memberikan bimbingan khusus tentang pemaham kehidupan beragama, berkerja sama dengan guru BK untuk mengetahui asal-ususl siswa, memanggil kedua orang tua siswa, serta pemberian sanksi apabila masih melakukan kenakalan tersebut. 2). Faktor-faktor yang mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Siotapina adalah adanya kerjasama dengan wali kelas, lingkungan sekolah yang baik, dan adanya kebijakan sekolah. 3). factor-faktor yang menghambat adalah tindak lanjut yang kurang maksimal, latar belakang keluarga yang berbeda, pengaruh teknologi, dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap kehidupan anak di masyarakat.
References
Mulyana A. Z, 2010, Rahasia Menjadi Guru Hebat, Jakarta: Grasindo
Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sanjaya, Wina, 2008, Kurukulum dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Grup
Saroni, Muhammad, 2011, Personal Branding Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sudarsono, 1991, Kenakalan Remaja, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Abdul Madjid, Bintang, Andayani, Dian, 2004, PAI Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum)
Arifin, H.M, 1993, Kapita Selekta Pendidikan ( Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara
Daradjat, Zakiah, 1978, Membina Nilai-nilai Moral, Jakarta; Bulan Bintang
Daradjat, Zakiah, 1989, Kesehatan Mental, Jakarta: Haji Mas Agung
Daradjat, Zakiah, 1995, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Cet. II, Bandung: Rosda Karya
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, Oemar, 2006, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara