Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di SMP N 1 BONJOL

Authors

  • Melani Melani UIN SJECH M. DJAMIL DJAMBEK BUKITTINGGI
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.566

Keywords:

Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan, nilai, kebiasaan, akhlak, budi pekerti, yang ditujukan untuk memaksimalkan potensi siswa dalam mengambil kebijakan yang benar dan buruk, memelihara yang baik, menciptakan dan menyebarkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarkannya dengan segenap hati. Maksud dari penelitian ini adalah agar tahu bagaimana peran guru agama Islam serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter pada peserta didik di SMP N 1 BONJOL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan berbagai metode yang ada untuk mendiskripsikan apa yang diamati dalam bentuk bahasa, tulisan dan perilaku manusia. Dalam penelitian ini terdapat dua informan yaitu informan kunci adalah guru Pendidikan Agama Islam dan informan pendukung adalah wakil kepala sekolah dan peserta didik. Hasil penelitian yang penulis lakukan di SMP N 1 BONJOL menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai teladan, pembimbing, dan guru yang penyayang dalam penerapan pendidikan karakter. Dalam hal melaksanakan peran tersebut, terdapat faktor yang mendukung dan yang menghambat bagi guru agama Islam untuk menerapkan pendidikan karakter pada peserta didik, yaitu: faktor pendukung adalah kegiatan yang diadakan di sekolah serta lingkungan keluarga dan masyarakat yang baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor internal yang disebabkan oleh diri siswa itu sendiri dan ketidaktahuan peserta didik yang menghambat penerapan pendidikan karakter. Faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar seperti pertemanan di luar sekolah yang kurang baik serta penyalahgunaan media sosial yang tidak dikontrol oleh orang tua.

References

Abdillah Dalimunthe, R.A. 2015. Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1) : 102-111.

F, Nugrahani. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan, Surakarta: tt

Lickona, T. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Nur’asiah. 2021. Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2): 212- 217.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Zubaedi. 2011. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Zuhairini, dkk. 2004. Metode Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Melani Melani, & Junaidi Junaidi. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di SMP N 1 BONJOL. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(4), 235–241. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i4.566

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.