Degradasi Moral Dalam Pendidikan Karakter Islam Peserta Didik Akibat Dari Penggunaan Gadget Tanpa Pengawasan Intensif

Authors

  • Siti Nur Kholifah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis
  • Sistya Pratiwi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis
  • Chanifudin Chanifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v5i2.1313

Keywords:

Moral Degradation, Character Education, Students

Abstract

This article aims to describe the problems of Islamic education relating to students and educators, as well as efforts to deal with them. Problems that challenge the implementation of Islamic education include moral degradation in students' Islamic character education as a result of the use of gadgets without intensive supervision, where efforts to address these educational problems require cooperation between students' parents and teachers to supervise students' use of gadgets. who are currently using it, where with more intensive supervision it is hoped that it can minimize the negative impact of the use of gadgets by students, especially on moral degradation in Islamic character education.

References

Damopoli, M. (2015) “Problematika Pendidikan Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya”, Nasional Manajemen Pendidikan Islam, 3(3).

Fauzan, A., Chanifudin, C., and Ritonga, S. (2023). “MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AZYUMARDI AZRA DALAM BUKU PENDIDIKAN ISLAM TRADISI DAN MODERNISASI DI TENGAH TANTANGAN MILENIUM III.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 3(2), 255–60. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i2.77.

Fitriana, F., Anizar, A., and Fitria F. (2021). “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU REMAJA DALAM KELUARGA.” Psikoislamedia : Jurnal Psikologi 5(2), 182. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898.

Fries, W., et al. (2022) “Mengatasi Degradasi Moral Anak Remaja Akibat Pengaruh Media Sosial.” Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi 3(1) https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.81.

Jamun, Y. M. and Wejang, H. E. A. (n.d). “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA DI KECAMATAN LANGKE REMBONG,” n.d.

Jannah, M. (2023) “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGRADASI MORAL SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS V SD X GUGUK MALALO.” AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH 3(1), 48–55. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.1592.

Karmila, K., and Chanifudin, C. (2023) “PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 02 TASIK PUTRI PUYU.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 3(3), 340–45. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i3.88.

Muthohar Sofa, (2013) “Antisipasi Degradasi Moral di Era Global”, Jurnal Pendidikan Islam, 7(2)

Nasional, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”

Nur, M. D. (2021) ”Penanaman Pendidikan Karakter di Era Digital”, Jurnal studi ilmu Pendidikan dan ke islaman, 4(2)

Pradnyani, N. K. R. (2015). “PENDAPAT TENTANG MORAL DI ZAMAN NOW” 1

Purwasih, Y., (2023) "Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Degradasi Moral Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital", Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 61–62.

Ramayulis, N. S. (2010) " Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran ParaTokohnya", Jakarta : Kalam Mulai

Ramli, M. (2014 "Hakikat Pendidik dan Peserta Didik", Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1)

Saffana, et al. (n.d.) “Degradasi Moral Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Agama Islam,”

Sofyana, et al. (2023) “MENYOAL DEGRADASI MORAL SEBAGAI DAMPAK DARI ERA DIGITAL” 3(4).

Sudarsono, S., et al. (2021) “Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 4(2), 437–45. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335.

Zaim, E. (2008). “Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai”, Bandung : Alfabeta.

Published

2024-05-31

How to Cite

Siti Nur Kholifah, Sistya Pratiwi, & Chanifudin Chanifudin. (2024). Degradasi Moral Dalam Pendidikan Karakter Islam Peserta Didik Akibat Dari Penggunaan Gadget Tanpa Pengawasan Intensif. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(2), 138–146. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i2.1313