Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Azka Qisthiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayarullah
  • Siti Azalea Malika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayarullah
  • Zakia Maharani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayarullah
  • Fidrayani Fidrayani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayarullah

DOI:

https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1321

Keywords:

Parental Guidance, Reading Ability, Early Childhood, Parenting Patterns, Children's Education

Abstract

This research analyzes the effect of parental guidance on the reading ability of children aged 5-6 years.  Based on a systematic review of twelve articles, it was found that parents' active involvement in reading activities had a significant impact on children's reading abilities.  Positive parenting patterns, such as democratic parenting, and the routine of reading together at home contribute greatly to the development of children's reading abilities.  This research is a Systematic Review using the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses method or commonly called PRISMA.  The research sample consisted of twelve articles published in the 2019-2024 period.  The results showed that children who received intensive guidance from parents showed significant improvements in reading ability compared to children who received minimal guidance.  Parents' education and economic factors also influence the effectiveness of the guidance provided.  This conclusion emphasizes the important role of parents in supporting early childhood reading development through positive and supportive interactions.

References

Aini, W. N., Pudyaningtyas, A. R., & Zuhro, N. S. (2022). Korelasi antara kualitas hubungan orang tua-anak dengan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia.

Ainun, S., Fahruddin, Rachmayani, I., & Nurhasanah. (2021). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Kecamatan Wera tahun 2021. Jurnal PAUD UNRAM, 1(2).

Arba, S. H., & Puspitasari, R. N. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kebiasaan membaca anak kelompok B. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 211.

Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Pedagogia.

Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan minat membaca anak usia sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD.

Azzahra, I. M., Lian, H. B., & Syalvida, R. (2019). Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyisyah 2 Palembah. Pernik Jurnal PAUD, 2(2).

Brantasari, M. (2022). Pengaruh pola asuh terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendas Mahakam, 7(1).

Chairunnisa, A., Asmawati, L., Fahmi, & Akhlak, F. K. (2022). Pengaruh aplikasi Solite Kids terhadap perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(2).

Fitriyani, N. I. (2021). Metode PRISMA untuk memprediksi penyakit kanker payudara. JII: Jurnal Inovasi Informatika Universitas Pradita.

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh metode suku kata dengan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3).

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan kemampuan literasi awal anak prasekolah melalui program stimulasi. Jurnal Psikologi.

Harnanda, R. D., & Saparahayuningsih, S. (2020). Hubungan bimbingan orang tua dengan kemampuan membaca anak di sekolah kelompok B PAUD se-Gugus Bunga Aster Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia.

Kurnia, R. (2017). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau. Educhild, 6(2).

Kurnia, R. (n.d.). Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Laboratorium FKIP Universitas Riau.

Mufidah, I., & Maulidiyah, E. C. (2022). Pengaruh game belajar membaca terhadap kemampuan membaca permulaan usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(4).

Nur, S. A., Herman, & Kurnia, R. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran Montessori terhadap kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Al-Kahfi Palopo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1).

Nurzuliani, R., Syukri, M., & Miranda, D. (2022). Peran orang tua dalam meningkatkan minat membaca anak usia 5-6 tahun. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh media busy book terhadap kemampuan membaca awal anak di taman kanak-kanak. Japra: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1).

Rahayu, S., & Hosizah. (2021). Implementasi sistem rujukan layanan kesehatan: Systematic literature review. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM).

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yeti, E. (2019). Metode pembelajaran mind map dan bercerita dengan gaya kognitif, pengaruhnya terhadap kemampuan membaca permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramadhaniar, Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran bernyanyi terhadap kemampuan membaca Iqro’ anak usia dini. Jurnal Basicedu.

Santosa, A. I., Rafli, Z., & Lustyantie, N. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua dan sikap bahasa terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 69-80.

Simangunsong, M., Febrialismanto, & Novianti, R. (2021). Pengaruh media spelling words box terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-6 tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).

Published

2024-06-11

How to Cite

Azka Qisthiyah, Siti Azalea Malika, Zakia Maharani, & Fidrayani Fidrayani. (2024). Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(3), 22–29. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i3.1321

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.